Penggunaan Simple Past Tense dalam Bahasa Inggris

Penggunaan Simple Past Tense dalam Bahasa Inggris
Cara mudah belajar bahasa Inggris – Menggunakan simple past tense sama mudahnya dengan menggunakan simple present tense. Jika simple present tense digunakan ketika seseorang akan menyatakan sebuah peristiwa atau fakta yang terjadi di masa lalu, masa kini, dan masa mendatang. Maka simple past tense digunakan untuk menyatakan peristiwa atau fakta yang terjadi hanya di masa lampau.

 

Dalam bahasa Indonesia kita bisa berkata “saya pergi kemarin”, “dia berbohong minggu lalu” atau, “keluarga kami pindah rumah bulan lalu”. Itulah yang disebut dengan simple past tense dan cara menggunakannya dalam bahasa Inggris juga tidak terlalu jauh berbeda.

Dalam praktiknya ada dua aturan penting yang harus Anda perhatikan dengan baik dan diterapkan dalam penggunaan secara verbal maupun tulisan.
 

Aturan pertama – Perubahan kata kerja

 
Aturan yang pertama adalah perubahan kata kerja. Jika di dalam simple present tense kita menggunakan kata kerja pertama, di dalam past tense kita menggunakan kata kerja kedua. Kata kerja kedua bisa disebut sebagai Past simple, atau Verb 2.
 
Kami akan memberikan contoh kepada Anda mengenai perbedaan yang tampak begitu mendasar antara simple present dengan simple past. Simak tabel sederhana berikut ini.
 
Present tense Past simple
I learn I learned
She drives She drove
He tells He told
You swim You swam
Terlihat bukan perbedaannya? Kita merubah kata kerja dari bentuk pertama menjadi kata kerja past atau biasa disebut sebagai kata kerja bentuk kedua. Perubahan kata kerja yang kita lakukan terbagi menjadi dua kategori yaitu kata kerja yang beraturan (regular verbs) dan kata kerja yang tidak beraturan (irregular verbs).

Kata kerja beraturan diubah dengan cara yang sangat mudah, karena hanya menambahkan “d” atau “ed” pada huruf terakhir. Kami akan memberikan beberapa contoh perubahan kata kerja beraturan melalui beberapa poin berikut ini.

Kata kerja beraturan atau regular verbs (tambahkan d atau ed)


Accept = accepted
Add = added
Bake = baked
Boil = boiled
Compare = compared

Sedangkan untuk kata kerja yang tidak beraturan, Anda tidak mempunyai ketentuan dalam penggunaanya. Semua perubahan tersebut telah diatur oleh nenek moyang bahasa Inggris, dan kita tidak memiliki wawasan khusus dalam rangka menerapkan aturan. Ada beberapa contoh langsung yang akan kami berikan kepada Anda berikut ini.

Kata kerja tidak beraturan atau irregular verbs


Arise = arose
Bear = bore
Write = wrote
Begin = began
Catch = caught

Aturan kedua – Keterangan waktu


Sejatinya keterangan waktu tidak menjadi perkara wajib ketika Anda menggunakan simple past tense. Hanya saja, ini menjadi sebuah pelengkap agar kalimat yang digunakan bisa lebih sempurna. Juga, Anda perlu menambahkannya untuk menjadikan kalimat lebih detail. Ada beberapa keterangan waktu dalam past tense yang secara umum digunakan, misalnya, last year, last morning, last night, yesterday, two days ago, three weeks ago. Di bawah ini ada contoh yang jauh lebih banyak dan beragam.

Yesterday
three weeks ago
last year
in 2002
from March to June
for a long time
for 6 weeks
in the 1980s
in the last century
in the past
Jika Anda ingin mengetahui contoh kalimat yang telah dilengkapi oleh keterangan waktu, coba perhatikan beberapa contoh kalimat berikut ini.

I saw so many eagles last year in this place.
She came to your house last night.
I brought my bag yesterday.
I drove to my village three weeks ago.
Itulah beberapa hal yang perlu diketahui dari simple past dan silakan mencobanya menggunakan kalimat bentukan Anda sendiri.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *