Count and Non-Count Nouns (kata benda yang bisa dan yang tidak bisa dihitung)

Posted on
Cara mudah belajar bahasa Inggris – Kata benda dalam bahasa Inggris dibagi ke dalam dua jenis yaitu bisa dan tidak bisa dihitung. Penjelasannya adalah sebagai berikut:
 

Count Nouns (bisa dihitung)

 
Pengertiannya jelas bahwa kata benda ini dapat teman-teman hitung. Biasanya, kata benda yang bisa dihitung meliputi benda yang ada disekitar kita dan dapat terpisah dengan baik. Sebagai contoh computer, meja, pensil, kursi, dan piring.
 
Beberapa count nouns dalam bahasa Inggris adalah :
 
Books, pens, papers, shoes, mice, chairs, t-shirts, bottles, flowers, cameras, balloons, spoons, televisions, printers, laptops, and desks.
 
Ada beberapa aturan bagi Count nouns yaitu,

  1. Bisa digunakan untuk beberapa ekspresi jumlah yaitu, a few, few, many, some, every, each, these, dan the number of. Contoh : A few books, many pens, few computers, some flowers, every balloon, each camera, dan the number of spoons.
  2. Bisa digunakan untuk awalan atau article (a, an, the), sebagai contoh, the cup, a television, an ant, the camera, dan a balloon.
  3. Jangan menyatukan kata benda yang dapat dihitung dengan kata much (karena ini khusus untuk Non-Count Nouns) sebagai contoh, teman-teman tidak bisa menyebutkan much pens, atau much computers.


Non-Count Nouns (kata benda yang tidak bisa dihitung)

 
Ada beberapa criteria yang menyebabkan kata benda disebut sebagai Noun-Count Nouns yaitu,
 
  1. Kata benda tersebut cair, sebagai contoh, water, oil, milk, tea, dan wine.
  2. Kata benda tersebut solid atau menyatu, sebagai contoh, ice, paper, dan wood.
  3. kata benda tersebut abstrak, speed, peace, warmth, dan information.
  4. Kata benda tersebut merupakan peristiwa alam, thunder, rain, dark, night, and flood.
Aturan yang melingkupi Non-Count Nouns adalah, teman-teman tidak bisa menggabungkannya dengan article (a, an, the) kecuali ‘The’ yang dapat diterapkan untuk beberapa kasus tertentu. Selain itu, kita bisa menggunakan much pada kata benda yang tidak bisa dihitung dan tidak menggunakan many, sebagai contoh, much water dan bukan many water, much ice dan bukan many ice.
 
Kita juga dapat mengabungkan penggunaan Non-Count Nouns dengan beberapa kata berikut antara lain, some, any, enough, this, dan that.
 
Contoh kalimat yang menggunakan beberapa ekspresi di atas adalah,
 
  1. We eat some rice and tea.
  2. I hope to see some sunshine tomorrow.
  3. Tat meat is good.
  4. She does not speak much English.
  5. Did you find any traffic on the road?
  6. That wine is quite old.
 

Dengan penjelasan mengenai Count and Non-Count Nouns (kata benda yang bisa dan yang tidak bisa dihitung) di atas, semoga tingkat pengetahuan kita tentang bahasa Inggris bisa lebih baik lagi. 

Comments are closed.