Penjelasan dan Contoh Discussion Text dalam Bahasa Inggris

loading...

Sebelum penjelasan discussion text secara rinci dimulai, saya ingin bertanya kepada teman-teman terlebih dahulu. Pernahkah teman-teman berdikusi? Tentu sebagain besar menjawab pernah. Seperti keadaan yang sering kita temui, diskusi adalah pembahasan terhadap suatu pokok permasalahan dengan tujuan menemukan solusi.

Diskusi dibarengi dengan pendapat pro dan kontra serta alasan-alasan logis yang dikemukakan oleh kedua pendapat tersebut. Begitu juga dengan discussion text. Sederhananya, ini merupakan sebuah teks yang mempunyai dua kategori pemikiran yaitu pro atau sependapat dan kontra atau tidak sependapat. Kedua point of view tersebut dibahas dan kemudian dicari bagaimana kesimpulan yang terbaik.

Mengapa Discussion Text Dibuat?

Teks ini dibuat dalam rangka memberikan penengah atau solusi. Sehingga, kita semua baik penulis maupun pembaca teks tidak memandang suatu persoalan dari satu sisi saja, namun bisa dari sisi yang berbeda serta selanjutnya menemukan solusi, kesimpulan, dan rekomendasi yang paling tepat atas persoalan yang dibahas.

Bagaimana Generic Structure dari Discussion text?

Setiap teks mempunyai strukturnya masing-masing, begitu juga dengan discussion text. Susunannya adalah sebagai berikut.

Advertisement

1. Issue

Adalah masalah yang akan dibahas. Diletakkan pada paragraf awal dan akan terus dibahas hingga tiba pada tahap kesimpulan dimana solusi telah ditemukan.

2. Supporting Points

Kedua pendapat mulai dituliskan dan supporting details menjadi sebuah pembahasan yang menyatakan dukungannya terhadap isu yang ada. Simply, ini merupakan pendapat pro dari pokok persoalan yang sedang dibahas.

3. Contrasting Points

Pendapat yang berlawanan hadir di dalam area ini. Penulis mulai memusatkan tulisannya kepada opini-opini yang tidak mendukung atau bersifat kontra terhadap persoalan di dalam teks.

4. Conclusion

Disini, penulis bisa menyimpulkan dan memberikan rekomendasi untuk pokok permasalahan yang ada.

Apa Saja Ciri-Ciri Kebahasaan dari Discussion Text?

  1. Dibuat dengan kalimat-kalimat simple present tense (is, am, are).
  2. Terdapat modal di dalam kalimat-kalimatnya (must, may, would, should).
  3. Menggunakan connection antar kalimat seperti however, furthermore, moreover, dan on the other hand.

Untuk membaca contoh discussion text, silakan klik disini.

Itulah sedikit pengetahuan mengenai discussion text. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda. 🙂

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *