3 Kiat yang Wajib Dipraktikkan Untuk Meningkatkan Kualitas Fluency (Kelancaran Berbicara)

loading...

Fluency adalah poin yang sangat penting untuk dilatih. Adalah aneh apabila seseorang mengetahui banyak kosakata, grammarnya baik, namun kelancaran dalam berbicara begitu kurang. Kemudian, bagaimana melatih fluency agar bisa meningkat kualitasnya? Ada tiga tips jitu yang saya temukan di fluentu.com tentang bagaimana memperbaiki fluency Anda.

1. Berhentilah Menjadi Seorang Siswa

Pertama kali, ubahlah mindset Anda dari seorang yang sedang belajar bahasa Inggris, menjadi seorang yang harus berbicara bahasa Inggris. Strategi tersebut akan memberikan tekanan kepada pikiran Anda bahwa sebagai seorang yang diharuskan berbicara, Anda musti melakukannya dengan baik, cepat, dan lugas. Beda halnya saat Anda memilih berpikir sebagai seorang siswa atau pembelajar. Bisa jadi Anda tidak percaya diri dan sangat mentoleransi kesalahan. Karena sebagai seorang pembelajar, ketika salah dalam melakukan sesuatu, maka itu adalah hal lumrah serta bisa dimaklumi.

Advertisement

2. Jangan Terlalu Banyak Mempelajari Grammar

Screenshot_149Kunci dari memperoleh skill bahasa Inggris adalah menyeimbangkan belajar dengan praktik. Jika terlalu banyak belajar namun tidak dibarengi dengan banyak praktik, maka pencapaian Anda sama dengan nol. Lagipula, orang yang terlalu banyak mempelajari grammar, bisa membuatnya takut untuk berbicara. Ia terlalu menghawatirkan apakah nantinya grammar dia akan sukses atau malah berantakan. Padahal, jika amat sering berpikir demikian, ia jelas tidak akan mulai berbicara. Ia begitu takut dan jika tidak ada praktik, maka tidak ada hasil.

Mempelajari grammar boleh-boleh saja, namun jangan sampai menghalangi Anda untuk berani berbicara.

3. Practice Makes Perfect

Sudah sering saya katakan bahwa mempelajari bahasa itu bukan sekedar tahu, tetapi harus praktik. Melalui praktik itulah kita bisa benar-benar menjadi seorang ahli seutuhnya. Jangan pernah takut untuk praktik. Satu atau dua kesalahan di awal waktu itu adalah hal biasa. Dari kesalahan-kesalahan tersebut, nantinya Anda bisa semakin menguasai teknik serta pembendaharaan kosakata bahasa Inggris.

Don’t be afraid to make mistakes and keep going!

Dengan tips di atas, saya percaya Anda bisa menjadi seorang ahli jika benar-benar mengaplikasikannya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *