2 Game Bahasa Inggris Terpopuler Untuk SMP dan SMA dari Teachingenglish.org.uk

Game bahasa Inggris adalah sebuah hal yang mempunyai peran penting di dalam pembelajaran. Menggunakan game yang baik, seorang guru bisa membuat kelas yang tadinya sunyi senyap, menjadi ramai dan penuh dengan semangat. Untuk Anda yang ingin menggunakan game dalam pembelajaran bahasa Inggris, cobalah 2 Most Popular Games from Teachingenglish.org.uk di bawah ini.

1. Hot Seat

Game ini tujuannya untuk meningkatkan penguasaan kosakata seorang siswa dan prosedur pelaksanaanya bisa Anda lihat melalui poin-poin berikut ini:

  1. Bagi kelas ke dalam dua atau tiga kelompok besar.
  2. Buat dekorasi sederhana dimana ada dua atau tiga buah kursi (bergantung jumlah kelompok) di depan kelas dan dibelakangnya adalah papan tulis. Sehingga, kursi itu menghadap kepada seluruh siswa.
  3. Kursi tersebut adalag hot seat.
  4. Pilih empat orang siswa dari masing-masing kelompok untuk maju ke depan kelas. Kemudian urutkan empat siswa dari masing-masing kelompok tersebut secara acak. Siswa pertama duduk di hot seat, kemudian tiga siswa lainnya berdiri di depan siswa tadi. Ketiga temannya itu dinamai dengan Helper.
  5. Guru menuliskan sebuah kata di papan tulis tepat berada di belakang hot sit. Siswa yang duduk di hot seat harus menebak kata tersebut dan ketiga temannya memberikan klu seperti sinonim, antonim, atau kegunaan kata dalam kehidupan sehari-hari. Anggota kelompok yang tidak ikut maju bisa memberikan bantuan dengan cara memberikan klu berupa kertas berisi tulisan yang disampaikan kepada tiga orang siswa yang didepan. Tiga siswa tersebut baru meneruskan pesan klu tadi kepada siswa yang ada di hot seat.
  6. Ketiga kelompok praktik secara bersama-sama, dan siswa yang pertama kali menyebutkan kata dengan benar, maka kelompoknya lah yang mendapatkan satu poin.
  7. Setelah kata pertama terjawab, siswa yang duduk di hot seat kembali ke tempat duduknya di belakang bersama anggota kelompok lainnya. Kemudian, salah satu dari helper mengisi hot seat tersebut, dan guru memanggil siswa satu lagi untuk menjadi helper.
  8. Lanjutkan ke kata berikutnya. Total ada 10 kata dan setiap siswa yang mampu menjawab, maka ia memberikan satu poin untuk kelompoknya.
Advertisement

2. Stand Up Sequences

Ini merupakan sebuah permainan yang dapat digunakan untuk meningkatkan kecepatan respon seorang siswa serta meningkatkan kemampuan kosakata.

  1. Bagi siswa ke dalam kelompok dengan masing-masing kelompok beranggotakan 5 orang.
  2. Sediakan 10 macam hal yang nantinya akan ditanyakan kepada siswa Anda. 10 macam hal tadi bisa berupa buah, nama kendaraan, hewan, negara, merek mobil atau motor, serta masih banyak lagi.
  3. Permainannya begini: Anda memulai dengan satu tema dan satu huruf, misalnya huruf C untuk nama hewan. Maka tunjuk kelompok pertama dan katakan “C” kepada mereka. Kemudian kelompok tersebut harus menjawab nama hewan yang diawali oleh huruf C. Waktunya hanya 10 detik.
  4. Kelompok yang berhasil menjawab, maka mereka mendapatkan satu poin. Lanjutkan kembali ke kelompok kedua kemudian katakan huruf yang Anda suka misalnya “E”. Jadi, kelompok tersebut harus menyebutkan nama hewan yang  berawal dari huruf “E”.
  5. Lanjutkan hingga ke kelompok terakhir, kemudian mulai kembali ke topik yang baru misalnya nama kendaraan. Ulang kembali, namun tidak harus dari kelompok pertama, karena Anda bisa memulainya secara acak.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *