Contoh Discussion Text About Facebook dan Artinya  

Posted on

Contoh Discussion Text About Facebook dan Artinya – Facebook adalah media sosial yang terbesar di dunia. Tempat bertukar informasi dan mempunyai skala hiburan besar sehingga orang-orang berbondong-bondong datang ke Facebook lalu menghabiskan waktu mereka.

Sebagai isu yang besar di dunia, Facebook tentu memiliki dampak buruk dan baik, terutama bagi pendidikan. Jika ingin mengetahui lebih dalam mengenai dua sisi pandang dari situs ini, Anda bisa membaca artikel berikut.

Pros and Cons of Facebook

Facebook is the largest social networking site today. Founded in February 2004 by Mark Zuckerberg. At the beginning, the site was a social network only for students in Harvard College. Then two months later, Facebook membership began to spread more widely to other colleges in the Boston area. Some colleges are already using Facebook at the time was Boston University, MIT, and Tufts.

Currently, Mark Zukeberg creation has emerged as a social networking site at the greatest use throughout the world. It is accessed by billions of people every day and is used for various purposes. This social networking is considered good for education, but others consider it bad.

It is good for educating children in Indonesia because it can be a means or medium for conveying learning in various fields. A teacher who has a Facebook enabled them to disseminate educational information that is useful to the students. Then, a chat facility provided by Facebook is also becoming an important tool for students to chat in a more comfortable to ask and answer questions about homework, and other educational issues. This social media, helps communication so it can be done quickly and easily.

A teacher can also use Facebook. The teachers can be more familiar with their students because the interaction can be easily done through Facebook whenever and wherever they are. It is certainly more profitable for the learning process which is also determined by how well the interaction and communication between teachers and their students. When communications are good, then the study is believed to be much more successful than who make themselves to be exclusive from the students’ area. Aside from being a means of communication between students to students and students to teachers, this site is also a medium for writers that exist around the world to deliver their educational materials for each child. We currently see many articles and fan page which are quite instructive, and can then be used as learning material for students who become the users of Facebook. One useful fan page is the Easy Way to Learn English, where the owner of the fan page regularly shares the learning materials of English.

Meanwhile, Facebook can turn into a bad media because at this time, many found the sharing of the content that should not be viewed by children. Many people have poor mental and then distribute content that does not educate the Facebook users which mostly are teenagers and children. Furthermore, this social media site does not have a filter to content. So the effect is that many students who copy or imitate the bad behavior that acquired via Facebook. In addition to be a medium of information that is not good, Facebook is also making the students are oblivious to their daily obligations. This is a social networking site that has the most complete information and entertainment. One of entertainment that wastes the time of a student is gaming. There are a variety of games on Facebook and online-based. In fact, there are even more devastating damage caused by the Facebook game where students buy gaming products which of course spend much money of their parents.

An issue of course has pros and cons. In response to Facebook, we have to use this site as wise as possible. Because Facebook is a site that does not have a filter against bad content, then we should use it as best as possible by avoiding the various bad content. Then, as parents and teachers, we must always keep an eye on our children, so they can avoid the dangers of this biggest social media site in the world.

Arti:

Pro dan Kontra dari Facebook

Facebook adalah sebuah situs jejaring sosial terbesar saat ini. Didirikan pada Februari 2004 oleh Mark Zuckerberg. Di awal pembuatan Facebook, situs tersebut adalah jejaring sosial yang hanya diperuntukkan bagi para mahasiswa yang ada di Hardvard College. Kemudian dua bulan selanjutnya, keanggotaan Facebook mulai tersebar secara lebih luas ke sekolah lain di wilayah Boston. Beberapa sekolah yang sudah menggunakan Facebook pada saat itu adalah Boston University, MIT, serta Tufts.

Saat ini, ciptaan Mark Zukeberg tersebut telah menjelma sebagai situs jejaring sosial yang paling besar penggunaannya di seluruh dunia. Facebook diakses oleh milyaran orang setiap harinya serta digunakan untuk berbagai kepentingan. Kendati demikian, jejaring sosial ini dianggap baik bagi pendidikan, namun tidak sedikit yang menganggapnya berdampak buruk.

Facebook menjadi baik bagi edukasi anak-anak Indonesia karena bisa menjadi sarana atau media untuk menyampaikan pembelajaran di berbagai bidang. Seorang guru yang mempunyai Facebook membuat mereka mampu menyebarkan informasi pendidikan yang bermanfaat untuk siswa lainnya. Kemudian, fasilitas chatting yang disediakan oleh Facebook juga menjadi alat penting karena siswa bisa mengobrol secara lebih nyaman untuk bertanya mengenai pekerjaan rumah, serta masalah pendidikan yang lainnya. Media sosial ini, secara langsung membuat komunikasi tidak lagi kaku dan dapat dilakukan secara cepat dan mudah.

Seorang guru juga bisa memanfaatkan Facebook. Para guru bisa lebih akrab dengan muridnya karena interaksi bisa dengan mudah dilakukan melalui Facebook kapanpun dan dimanapun ia berada. Ini tentu lebih menguntungkan karena kesuksesan pembelajaran juga ditentukan oleh seberapa baik interaksi dan komunikasi antara guru dengan muridnya. Ketika komunikasi terjalin dengan baik, maka pembelajaran dipercaya menjadi jauh lebih sukses ketimbang seorang guru yang mengeksklusifkan diri dari lingkungan siswa. Selain sebagai sarana komunikasi antara siswa dengan siswa dan siswa dengan guru, situs ini juga menjadi media bagi para penulis yang ada di seluruh dunia untuk menyampaikan materi-materi edukasi mereka bagi setiap anak. Kita saat ini banyak melihat artikel-artikel dan fan page yang sangat edukatif, dan kemudian dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembelajaran bagi siswa pengguna Facebook. Salah satu fan page yang bermanfaat adalah Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris, dimana pemilik fan page tersebut secara rutin melakukan sharing materi pembelajaran bahasa Inggris.

Sementara itu, Facebook bisa berubah menjadi media yang buruk karena saat ini, banyak sekali ditemukan orang-orang melakukan sharing terhadap konten yang seharusnya tidak boleh dilihat oleh anak-anak. Banyak orang yang mempunyai mental buruk kemudian menyebarkan konten yang tidak mendidik dan Facebook belum mempunyai filter untuk konten-konten tersebut. Sehingga dampaknya adalah, banyak siswa yang meniru atau mencontoh perilaku yang tidak baik dan didapatkan melalui Facebook. Selain menjadi media informasi yang tidak baik, Facebook juga menjadikan para siswa lupa terhadap kewajiban harian mereka. Ini adalah situs jejaring sosial yang mempunyai informasi dan hiburan paling lengkap. Salah satu hiburan yang memboroskan waktu seorang siswa adalah game. Ada berbagai macam game di Facebook dan berbasis online. Bahkan, ada kerusakan yang lebih dahsyat ditimbulkan oleh game Facebook tersebut dimana siswa membeli produk-produk game menghabiskan banyak uang orang tua mereka.

Sebuah persoalan tentu saja mempunyai pro dan kontra. Menyikapi Facebook, kita harus menjadi orang yang bijak dengan menggunakan situs tersebut sebaik mungkin. Karena Facebook adalah situs yang belum mempunyai filter terhadap konten buruk, maka kita harus menggunakannya sebaik mungkin dengan cara menghindari berbagai konten buruk tersebut. Kemudian, sebagai orang tua dan guru, kita harus selalu mengawasi anak-anak kita sehingga terhindar dari bahaya Facebook.