Bosan Belajar Bahasa Inggris? Keluarlah dari Zona Anda Sekarang!  

loading...

Saya pikir kebosanan bisa menjadi salah satu bagian penting yang menyebabkan kita malas belajar. Kenapa bisa bosan? Karena yang metode pembelajaran yang digunakan hanya terbatas pada yang itu-itu saja. Meningkatkan skill membaca selalu diasah dengan cara reading aloud, sementara listening selalu mempergunakan teks-teks membosankan yang isinya mengenai deskripsi sesuatu atau percakapan.

Di luar sekolah pun begitu. Karena terbawa teknik yang ada di sekolah, kita sebagai cenderung mempelajari kesemua skill dengan cara yang tidak jauh berbeda. Akibatnya bisa ditebak, kita mengalami bosan yang dua kali lipat!

Dapat kita lihat bahwa hanya teman-teman yang mempunyai mental baja saja yang masih mau belajar dan rela mengorbankan waktu, tenaga, dan pikiran untuk mempelajari suatu hal menggunakan teknik yang sama dengan di sekolah.

Lalu, bagaimana solusinya? Bosan berarti kita harus mencari sesuatu yang baru, keluar ke dunia yang berbeda, dan merasakan sesuatu yang belum pernah kita rasakan sebelumnya. Apa maksudnya keluar mencari dunia baru? Saya akan menafsirkannya melalui dua penjelasan singkat berikut.

1. Bukalah Internet

Membuka internet bukan berarti Anda hanya update status di Facebook, nge-tweet di Twitter, atau hanya cek circle di G+ saja. Namun, membuka internet disini maksudnya adalah mencari teknik-teknik baru dalam pembelajaran bahasa Inggris yang menyenangkan sehingga bisa kita adaptasikan dalam pembelajaran bahasa Inggris.

Ada banyak situs dan channel youtube yang bisa memperkaya pengetahuan kita dan membuat teknik semakin bervariasi. Saya pernah membahasnya di blog ini.

Advertisement

Lebih jauh, membuka internet juga membuat kita bisa belajar bersama dengan orang lain. Chatting lewat Facebook dan mengobrol di Skype bersama orang luar negeri tentunya bisa menambah pengetahuan dan mengasah skill. Ngobrol dengan orang asing? Ya ngobrol. Banyak orang asing yang welcome dan mau mengajak kita berkomunikasi untuk meningkatkan kualitas skill bahasa Inggris. Cara ini sudah banyak dicoba lho and it works!

2. Bergaul dengan Orang-Orang Baru

Selain dunia online, gali pula dunia offline Anda. Keluar dari zona batasan Anda hari ini. Cobalah memasuki komunitas-komunitas yang ada hubungannya dengan bahasa Inggris. Dijamin, kalau Anda rajin gathering dengan komunitas-komunitas tersebut, maka Anda pasti bisa!

Kalau di kota saya, saat ini sedang ramai sebuah aktivitas pertukaran pemuda antar Negara, namanya AIESEC. Jadi pemuda-pemuda dari luar negeri didatangkan ke Indonesia untuk bergaul, mempelajari budaya, dan melakukan banyak aktivitas lainnya di Indonesia.

Dan, program AIESEC sepertinya sudah masuk ke seluruh kota di Indonesia. Silakan cek di kota Anda. Saya sarankan join, maka Anda bisa mendapatkan banyak ilmunya.

Orang-orang Indonesia kemudian direkrut untuk menjadi buddy, semacam sahabat yang memandu kehidupan para pemuda tadi di Indonesia. Nah, aktivitas pergaulan tersebutlah yang membuat peningkatan kualitas bahasa Inggris semakin pesat. Tentunya karena kita mau tidak mau harus berkomunikasi dengan bahasa Inggris, dan itu pasti boost our skills!

Saya sudah sering melihat bagaimana temen-teman yang tadinya mempunyai kemampuan buruk di bahasa Inggris, namun setelah memasuki dunia komunitas bahasa Inggris atau English club mampu mempunyai kemajuan yang signifikan dalam waktu tidak lebih dari setahun.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *