7 Cara Sederhana Meningkatkan Kualitas Reading Anda

loading...

Reading merupakan salah satu skill yang harus terus Anda asah. Reading masuk ke skill atau kemampuan kedua setelah listening, dan untuk meningkatkan kualitas Anda dalam membaca, silakan praktikkan 7 cara sederhana berikut ini.

1. Read a Lot

Jadikan diri Anda sebagai pembaca yang addicted. Bacalah banyak buku, surat kabar, dan majalah bahasa Inggris agar baik kemampuan maupun pengetahuan Anda terus meningkat.

2. Start from The Easiest One

Membaca haruslah menyenangkan, jadi pastikan teks yang dipilih tidak terlalu sulit bagi Anda. Jangan paksakan diri untuk tampak lebih keren dengan bacaan-bacaan yang sudah tinggi level kosakata serta pengetahuannya. Mulailah dari yang sederhana dan beranjaklah sedikit demi sedikit ketika Anda ingin naik level.

3. Pick Your Favorite Author

Setiap penulis mempunyai gaya bahasa yang berbeda. Ada yang mudah dimengerti karena kesederhanaan pemilihan diksi, namun ada pula yang sulit karena tingkatan ide maupun kata-katanya sudah sangat ilmiah. Jika Anda menikmati dan terus bersemangat pada suatu buku, maka lihat siapa penulisnya, dan beli kembali buku yang ia tulis.

Advertisement

4. Visit The Library

Membaca buku tidak harus membuat Anda melulu berkunjung ke toko dan membelinya. Kunjungi perpustakaan, kemudian baca buku yang Anda mau sebanyak-banyaknya. Jika perpustakaan di wilayah Anda tidak menyediakan buku-buku bahasa Inggris, maka manfaatkan internet untuk mendapatkan bahan bacaan yang diinginkan.

5. Read More Than Once

Bacalah buku atau artikel lebih dari sekali. Ketika Anda membaca di kali pertama, maka simpan catatan tersebut dan baca buku lainnya. Beberapa minggu setelahnya, ulang kembali bacaan Anda tersebut, maka akan ada pemahaman yang lebih baik dari sebelumnya. Kalau tidak percaya, maka cobalah!

6. Share to Your Friends

Cobalah untuk mendiskusikan bacaab sudah Anda pahami dengan orang lain. Anda bahkan bisa mendikusikan sebuah buku di dalam suatu forum bersama dengan komunitas yang Anda miliki.

7. Start from The Simple Story

Satu hal yang membuat kita sering bersemangat membaca sesuatu adalah karena bacaan tersebut merupakan cerita. Pada dasarnya kita sering didongengkan sehingga membaca cerita sangatlah menyenangkan dan membuat kita termotivasi. Sehingga, tidak salah jika kita memylai dari cerita-cerita sederhana seperti Winnie the pooh!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *