Langkah Mengajarkan Present Continuous Tense Kepada Siswa Anda

Untuk mengajarkan tenses, selalu kita memerlukan trik sendiri. Saya pikir juga begitu karena tenses bukanlah hal yang bisa kita ajarkan kepada siswa hanya sebatas visualisasi menggunakan kata-kata saja. Tenses lebih kepada memandu siswa untuk berpraktik serta bukan hanya berteori. Kebanyakan, siswa memang merasa bingung ketika harus memahami konsep-konsep tenses secara gamblang hanya dengan bermodalkan kata-kata.

Berikut ini, terdapat langkah-langkah bagaimana mengajarkan present continous tense kepada siswa Anda.

1. Perkenalkan dengan Action

Present continuous tense adalah sebuah area waktu yang mendeskripsikan apa yang terjadi sekarang. Sehingga tidak perlu buang waktu lagi. Anda bisa memulainya dengan cara mengambil pulpen, kemudian mulai menulis. Katakan kepada siswa Anda, I am writing. Kemudian ambil sebuah penghapus dan genggam. Setelah itu katakan kembali kepada siswa Anda, I am holding an eraser.

Kemudian lanjutkan dengan berbagai variasi action. Gunakan illustrasi, foto, game, video, serta berbagai media lain yang bisa digunakan untuk menjelaskan present continuous tense kepada siswa.

Start by an action!

Advertisement

2. Negative Forms

Ketika mereka telah menguasai bentuk-bentuk positif dari berbagai kalimat, segera lompat ke tahap selanjutnya dimana Anda memberikan kalimat-kalimat positif dan negatif kepada siswa. Misalnya, keluarkan kalimat I am looking at Raisa, kemudian lanjutkan dengan, I am not looking at Sarah.

Setiap siswa mengucapkan kalimat positif, selalu ciptakan kalimat negatif. Setelah itu coba ganti peran. Anda yang mengucapkan kalimat positif, kemudian biarkan siswa mengucapkan kalimat negatif.

3. Interrogative Foms

Ajarkan siswa tentang bagaimana cara mengubah kalimat positif menjadi kalimat Tanya atau interogatif. Tentu saja, disarankan bagi Anda untuk memulainya dengan langsung praktik. Contoh berikut ini bisa menjadi salah satu bahan praktik Anda dimana T merupakan teacher sementara S merupakan student.

– T: Are you listening to me?

– S: Yes!

– T: Ask me!

– S: Are you listening to me?

– T: What are you doing?

– S: I’m looking at you.

– T: Ask Juan!

– S: What are you doing?

Lanjutkan rantai pertanyaan tersebut dan dorong siswa untuk bertanya berbagai pertanyaan berbeda serta dengan subjek tunggal maupun jamak.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *