Penjelasan & Contoh Kalimat Simple, Compound, dan Complex Sentence

Jenis kalimat bahasa Inggris itu terbagi ke dalam tiga buah. Anda akan mendapati simple sentence, complex sentence, dan compound sentence. Pada dasarnya, tiga jenis kalimat itulah yang melingkupi pembelajaran bahasa Inggris. Sistem penulisan kalimat serta pemahamannya yang mendalam adalah sebuah hal yang sangat penting untuk dipelajari oleh setiap siswa. Tanpa mengerti bagiaman sebuah kalimat dibentuk, akan sangat sulit untuk mencerna pola kalimat dan kemudian membuatnya secara sempurna.

Di bawah ini, kami menghadirkan penjelasan mengenai 3 jenis kalimat bahasa Inggris tersebut. Silakan Anda amati, simak, dan terapkan penjelasan tersebut ke dalam praktik bahasa Inggris yang sesungguhnya.

Simple Sentence

Simple sentence atau kalimat sederhana mempunyai pengertian serta pemahaman berdasarkan artinya, sederhana. Kesederhanaan itu tampak dari struktur kalimatnya yang terdiri hanya dari subjek dan predikat. Berikut penjelasan lengkap mengenai simple sentence dalam bahasa Inggris.

Subjek + Kata Kerja + Pelengkap

  1. Marry is a doctor.
  2. My father is a police.
  3. I become a teacher.
  4. My sister got tired.
  5. I feel bored.

Dalam konteks ini, semuanya menjadi satu bagian dan tidak bisa dipisahkan, itulah ciri dari pelengkap atau complement. Dalam kalimat pertama Marry adalah seorang dokter. Artinya, Marry adalah dokter jadi Kata “Marry” dan kata “Dokter” itu satu kesatuan serta tidak bisa dipisahkan.

Subjek + Kata Kerja + Objek

  1. I borrowed the book.
  2. My parent follows me.
  3. They bring a big chair.
  4. Jack throws a pencil.

Berbeda dengan pelengkap atau complement, dalam konteks objek kita akan mendapatkan dua hal terpisah. Pada kalimat kedua, kata “they” tentu tidak satu bagian dengan kata “big chair” bukan? Mereka berada dalam ruang lingkup berbeda serta bukan digabung. Itulah tanda bahwa kalimat tersebut menggunakan objek.

Advertisement

Compound Sentence

Merupakan sebuah kalimat yang terdidi dari dua simple sentence atau kalimat sederhana dan digabungkan menggunakan kordinator kalimat. Kordinator kalimat yang digunakan untuk merangkai dua kalimat sederhana tersebut adalah for, and, nor, but, or, yet, so. Dikenal dengan singkatan FANBOYS.

  1. My parents are working, so I play football.
  2. Dina having a dream to be a doctor and Tika is dreaming to be a teacher.
  3. I like a chocolate, but Tika likes strawberry.
  4. I do not take the money from bank, for it was not the right thing to buy.

Perhatikan semua kalimat dan kami akan memberikan contoh kalimat ketiga. Pada kalimat ketiga, terdapat dua buah kalimat sederhana bukan? Tentu saja semua contoh juga begitu.

Kalimat ketiga apabila dipisahkan akan menjadi I came late + because + I was trapped at the traffic jam. Begitulah teknik pembuatan kalimat compound.

Complex Sentence

Kalimat kompleks merupakan kalimat yang mempunyai dua klausa yaitu klausa Independen dan klausa Dependen. Kalau dalam bahasa Indonesia, kalimat kompleks bisa anda temukan melalui beragam contoh berikut ini.

Saya menutup pintu sebelum dia masuk.

Saya hadir setelah dia datang.

Perhatikan kalimat di atas, kalimat pertama apabila dipisah beserta kata penghubungnya akan menampilkan struktur seperti ini, Saya menutup pintu + sebelum dia masuk. Kalimat “saya menutup pintu” adalah klausa independen atau mampu berdiri sendiri. Sedangkan, kalimat “sebelum dia masuk merupakan klausa dependen yang tidak bisa berdiri sendiri. Anda tentu tidak mungkin membuat kalimat hanya dengan klausa “sebelum dia masuk.” bukan? Istilah kasarnya, harus ada kalimat lain yang menyertainya.

Contoh complex sentence dalam bahasa Inggris adalah sebagai berikut.

  1. After my father came home (dependent), we made a dinner (independent).
  2. My parents and I visited the Disneyland (independent) before it closed (dependent).
  3. When I came to Indonesia (dependent), my friends had finished their study (independent).

Satu lagi, kalimat-kalimat yang menggunakan adjective clause juga merupakan complex sentence. Anda bisa membaca artikel mengenai adjective clause menggunakan link ini.

Itulah penjelasan mengenai 3 jenis kalimat bahasa Inggris yang semoga mampu memberikan pemahaman terbaik kepada Anda. 😀

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *