Penjelasan Detail tentang Organization in Writing beserta Contoh Soal

Posted on

Penjelasan Detail tentang Organization in Writing beserta Contoh Soal – Dalam penulisan bahasa Inggris (English writing), ada beberapa aturan yang harus teman – teman ketahui, salah satunya yaitu organization in English writing. Apakah yang dimaksud dengan organization dalam penulisan bahasa Inggris? Kita akan membahasnya dalam penjelasan kali ini. Berikut adalah penjelasan detail tentang organization in writing beserta contoh soalnya.

A. Pengertian Organization in Writing

Organization in writing adalah cara mengatur hal – hal yang berhubungan dengan penulisan dalam bahasa Inggris, baik itu berupa ide tulisan, tampilan tulisan, dan sebagainya. Sebuah paragraf yang well-organized akan mudah untuk dibaca dan dimengerti karena ide – ide yang terkandung di dalamnya sudah berada dalam bentuk yang teratur. Salah satu pola yang sering diterapkan dalam penulisan bahasa Inggris adalah listing order.

B. Penjelasan Listing-Order Paragraph

Dalam membuat listing-order paragraph, kita membagi sebuah topik tulisan menjadi beberapa bagian terpisah. Lalu, kita mendiskusikan satu poin, poin berikutnya, lalu poin selanjutnya, dan seterusnya. Ada beberapa hal utama yang harus diketahui sebagai kunci untuk menulis listing-order paragraph yaitu sebagai berikut:

1. Write a sentence in the beginning part that names your topic and says it has several points.

Mulailah dengan menulis sebuah kalimat yang mengandung topik tulisan secara keseluruhan dan yang mencakup beberapa poin penting terkait topik.

2. Write about each point separately.

Tulislah setiap poin yang terkait topik tulisan tersebut secara terpisah. Bahas satu poin terlebih dahulu, bahas poin berikutnya, dan seterusnya.

3. Write a sentence in the ending part that reminds your reader about the points you just discussed.

Akhiri dengan sebuah kalimat yang mengingatkan para pembaca tentang poin – poin yang telah dibahas sebelumnya pada bagian isi. Bagian akhir ini juga dapat berupa kesimpulan yang berisi pengulangan topik pada bagian awal namun dengan gaya kalimat yang berbeda.

C. Bagian – Bagian Paragraf (Parts of Paragraph)

Dalam penulisan bahasa Inggris, sebuah paragraf umumnya memiliki 3 bagian yaitu sebagai berikut:

1. Topic sentence (kalimat / gagasan utama)

Topik dalam sebuah paragraf sangatlah penting dan setiap paragraf haruslah memiliki topik yang termuat dalam gagasan utama (topic sentence). Kalimat pertama dalam sebuah paragraf adalah sebuah kalimat yang berisi sebuah topik dan memberitahukan apa yang akan dijelaskan lebih lanjut dalam paragraf mengenai topik tersebut. Oleh karena itu, kalimat utama dalam sebuah paragraf disebut sebagai kalimat utama / gagasan utama (topic sentence).

2. Supporting sentence (kalimat pendukung)

Kalimat – kalimat selanjutnya yang terletak di tengah paragraf disebut sebagai kalimat pendukung (supporting sentence). Supporting sentence berfungsi untuk memberikan penjelasan lebih jauh tentang kalimat utama serta memberikan / berisi beberapa contoh terkait topik yang berada dalam kalimat utama. Supporting sentence ini juga terkadang dapat berisi penjabaran dari poin – poin yang termuat dalam kalimat utama. Perlu diingat bahwa supporting sentence tidak bisa berdiri sendiri sebagai kalimat utama karena hanya merupakan detail dan tidak memiliki informasi umum yang menyeluruh.

3. Concluding sentence (kalimat kesimpulan)

Kalimat terakhir dalam sebuah pararaf disebut sebagai kalimat kesimpulan (concluding sentence). Sebuah kalimat kesimpulan (concluding sentence) umumnya berisi pernyataan yang mengulang apa yang ada dalam kalimat utama terkait topik, namun ditulis dalam bentuk dan susunan kalimat yang berbeda. Jenis kalimat ini juga terkadang berisi rangkuman poin – poin penting yang telah diuraikan sebelumnya.

D. Contoh Soal

Read the text below.

Flight Attendants

Flight attendants have three important characteristics. First, flight attendants are friendly. All flight attendants should greet every passenger and should be able to make them feel comfortable. Passengers are sometimes afraid of flying. A flight attendant must be friendly so that he or she can talk to them and help them feel calm. A flight attendant could explain strange noises made by the aircraft. Second, flight attendants are self-confident. Their job are not only to greet passengers and to make them feel comfortable, but also to give instructions to passengers. They must also be firm enough so that passengers obey them. This characteristic is especially important in emergencies. Third, flight attendants are physically strong. During the flight, flight attendants push heavy carts of food and drinks up and down the aisles, and have to open and close the heavy doors of airplanes. In conclusion, flight attendants must be friendly, self-confident, and strong.

Answer the following questions in the space provided.

1. Look at the title. What is the topic of this paragraph?
_______________________________________________________________________

2. Look at the first sentence. What does it say about the topic?
_______________________________________________________________________

3. How many important points in this paragraph related to the topic?
_______________________________________________________________________

4. List the points here:
_______________________________________________________________________
_______________________________________________________________________
_______________________________________________________________________

5. Now look at the last sentence. What information does it repeat?
_______________________________________________________________________

Kunci Jawaban:

1. The topic of the paragraph is flight attendants.
2. The first sentence contains more detail about the topic. It is about the three important characteristics of flight attendants.
3. There are 3 important points in this paragraph that are related to the topic.
4. The points are:
a. First, flight attendants are friendly.
b. Second, flight attendants are self-confident.
c. Third, flight attendants are physically strong.
5. The last sentence repeats the three points in the body. The last sentence is about the important characteristics of flight attendants: friendly, self-confident, and strong.

Demikianlah penjelasan detail tentang organization in writing beserta contoh soalnya. Semoga teman – teman dapat memahami penjelasan tersebut dengan baik. Semoga bermanfaat!