Pengertian, Struktur, dan Contoh Cause and Effect dalam Bahasa Inggris

Posted on

Pengertian, Struktur dan Contoh Cause and Effect dalam Bahasa Inggris – Di bawah ini adalah penjelasan lengkap mengenai paragraph cause and effect beserta contohnya.

Definisi

Cause and effect teks adalah jenis paragraf yang berisi analisa – analisa penulis tentang sebab dan akibat. Paragraf ini diawali dengan sebab – sebab yang dijabarkan di awal kalimat dan kemudian ditarik menjadi satu kesimpulan umum yang merupakan akibat dari penyebab – peyebab yang telah dijabarkan tersebut.

Model paragraf cause and effect ini biasanya sering digunakan dalam penulisan essay dan text explanation. Hal ini dikarenakan model ini dianggap memiliki alur penyampaian gagasan yang jelas dan terstruktur, sehingga para pembaca mudah mengerti ketika membacanya.

Generic Structure

Paragraf cause and effect memiliki susunan atau generic structure sebagai berikut:

  1. Memiliki gagasan utama pada topik sentence yang akan di bahas dalam keseluruhan paragraf.
  2. Memiliki supporting detail atau kalimat-kalimat pendukung yang berupa penyebab.
  3. Diakhiri dengan concluding sentence atau kesimpulan yang berupa akibat.

Language Form

Paragraf cause and effect memiliki gaya bahasa seperti di bawah ini.

  1. Menggunakan tenses yang tergatung dengan konteks waktu dalam kalimat, dengan kata lain, dapat berupa past tense, present tense, atau future tense.
  2. Banyak menggunakan kata kerja atau verb dalam kalimat aktif dan pasif.
  3. Menggunakan transisi seperti, due to, because, consequently, as a result, dan causes.
  4. Menggunakan third person point of view.

Contoh Paragraf Cause and Effect

Paragraph Cause and Effect 1

Drought which is happened this year is very long. Even, in the last two month almost there was no rain. Moreover, with the very hot weather makes surface of the soil is cracked and dry and causes the dust is flying away. In addition, the water that is stored in the irrigation couldn’t be found anymore, so that there is no water which is flowing the farmers’ rice. As a result, they suffered a failure in harvesting because the rice they planted is failed to grow caused by this drought.

Paragraph Cause and Effect 2

Alcoholic drinking is very dangerous for our health. There are lot of problems caused by this dangerous fluid. First, it can cause a swell in our liver. This is because it can trigger the liver to work extra hard filtering the fluid in our body, so that, the liver becomes swollen because it contains so much fluid. Secondly, alcoholic drinking damages the human brain. It will decrease the function of alcohol addict’s brain, thereby increasing the risk of depression and frustration. If this happens, there will be a change in behavior on the alcoholic, even they can be mad. Then, alcohol also decreases the functions of our senses. One is our eye is absolutely can be blind because of alcohol. In addition, this drink can also speed up menopause in women because it decreases the function of reproductive organs in women, so that they will get menopause sooner than the period in general. Last, it is also able to cause defects in the fetus. Alcohol that comes into the body of pregnant women also has an impact on their baby, so that they will be born with disabilities. Therefore, the circulation of alcoholic drinking is prohibited in Indonesia because it causes several dangerous diseases to the body.

Artinya

Contoh 1

Kemarau yang terjadi tahun ini sangat panjang. Hampir tidak ada hujan yang turun dalam dua bulan terakhir ini. Ditambah lagi dengan cuaca yang sangat terik membuat permukaan tanah menjadi retak dan kering. Selain itu, air yang ada di dalam irigasi ikut mongering, sehingga tidak ada air yang mengaliri sawah – sawah para petani. Akibatnya, para petani mengalami kerugiaan karena padi yang mereka tanam mengalami gagal panen disebabkan oleh kemarau yang sangat panjang ini.

Contoh 2

Minuman alcohol sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh kita. Pertama, alcohol bisa menyebabkan lever membengkak. Hal ini dikarenakan alcohol bisa memicu lever untuk bekerja ekstra untuk menyaring cairan di dalam tubuh, sehingga lever menjadi bengkak karena mengandung cairan yang sangat banyak. Bahaya yang kedua alcohol mengakibatkan kerusakan pada otak manusia. Alkohol akan menurunkan fungsi otak para pecandu alcohol sehingga meningkatkan resiko depresi dan frustasi. Jika hal ini terjadi, akan terjadi perubahan tingkah laku pada para pecandu alcohol bahkan bisa menjadi gila. Kemudian, alcohol juga menurunkan fungsi-fungsi indera kita. Salah satunya adalah mata yang bisa mengalami buta akibat alcohol. Selain itu, alcohol juga bisa mempercepat menopause pada perempuan karena alcohol menurunkan fungsi organ reproduksi pada wanita, sehingga mereka mengalami menopause lebih cepat dari waktu pada umumnya. Bahaya yang terakhir, alcohol ternyata juga bisa menyebabkan cacat pada janin. Alkohol yang masuk ke dalam tubuh ibu hamil juga berdampak kepada bayi yang di dalam kandungannya, sehingga mereka akan lahir dalam keadaan cacat. Oleh karena itu, peredaran minuman berakohol dilarang di Indonesia karena menyeyababkan penyakit bagi tubuh.