Contoh RPP Bahasa Inggris SMA Kelas XI Kurikulum Terbaru

RPP bahasa Inggris atau Rencana Pelaksana Pembelajaran Bahasa Inggris merupakan bagian yang sangat penting karena ini merupakan bagan atau panduan tentang bagaimana seorang guru melaksanakan sebuah pengajaran itu sendiri. Tanpa adanya RPP, maka pembelajaran bisa dikatakan sebagai hal yang sulit untuk dilakukan. Seorang guru tidak mengerti apa yang diajarkannya, bagaimana cara mengajarkannya, dan bagaimana penilaian dilakukan.

Oleh karena itu, demi membantu Anda, saya memberikan sebuah contoh artikel mengenai RPP bahasa Inggris dengan kurikulum terbaru. Semoga bisa membantu Anda.

RENCANA PELAKSANA PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah : SMA Negeri …………………..
Tema/Mapel : Conditional Sentence
Kelas/Semester : XI/2
Waktu : 10.50
Hari : kamis

I. Kompetensi Inti

1. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),  santun, responsif dan pro-aktif  dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

2. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif  berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

3. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

Baca juga:  Games Untuk Meningkatkan Kecepatan Berpikir dan Kosakata Siswa

II. Kompetensi Dasar

1.1. Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi International yang diwujudkan dalam semangat belajar

2.2. Mengembangkanperilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.

3.8. Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang pengandaian jika terjadi suatu keadaan/kejadian/peristiwa di waktu yang akan datang, sesuai dengan konteks penggunaannya.

4.12. Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang pengandaian jika terjadi suatu keadaan/kejadian/peristiwa di waktu yang akan datang, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

III. Indikator

1. Spiritual

Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional

2. Sosial
Melakukan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional secara konsisten

3. Pengetahuan

Memahami  fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang pengandaian

4. Keterampilan

Menyusun teks lisan dan tulis untuk menanyakan tentang pengandaian

IV. Tujuan

1. Spiritual

Setelah proses pembelajaran peserta dididk mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional.

2. Sosial

Setelah proses pembelajaran, peserta didik berperilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional secara konsisten.

3. Pengetahuan

Setelah proses pembelajaran, peserta didik mampu memahami fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan untuk menanyakan dan menyatakan tentang pengandaian.

Baca juga:  KWL (Know, Want, Learn), Reading Strategy yang Harus Anda Coba di Dalam Kelas

4. Keterampilan

Setelah proses pembelajaran, peserta didik dapat membuat teks tertulis dan lisan tentang pengandaian

V. Materi pembelajaran

Conditional Sentences

1. Social function

Saying and asking about supposing situation/condition/event happens in future.

2. Structure  of the text

• If teenagers eat too much fast food, they can easily become overweight.
• If you excercise regularly, you will get the benefit physically and mentally.

3. Aspect of the language

• If Clauses in simple present
• Main Clause with modals can/ will

4. Topic

• Every things relate to suppose something for example situation/condition/event  in future

Advertisement

VI. Sumber/Media Pembelajaran

1. Sumber : Buku Teks Let’s learn English

2. Media pembelajaran : LCD, Laptop

VII. Metode Pembelajaran

1. Pendekatan: Communicative approach
2. Metode: CLT
3. Teknik: Grup/kelompok

VIII. Langkah pembelajaran

Pendahuluan

a. Peserta didik merespon salam dan pertanyaan guru dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya.
b. Peserta didik menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
c. Peserta didik menerima informasi kompetensi materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

Kegiatan inti

a.  Mengamati

• Siswa mendengarkan dan membaca banyak kalimat pengandaian, dalam berbagai konteks.
• Siswa mengikuti interaksi tentang pengandaian jika terjadi suatu keadaan/kejadian/peristiwa di waktu yang akan datang  selama proses pembelajaran, dengan bimbingan guru.
• Siswa menirukan contoh-contoh kalimat yang menyatakan dan menanyakan pengandaian.
• Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri kalimat yang menyatakan dan menanyakan pengandaian (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan).

Baca juga:  6 Kesalahan Fatal dalam Mengajar Bahasa Inggris

b. Mempertanyakan

• Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antar berbagai pengandaian yang ada dalam bahasa Inggris, perbedaan ungkapan dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb.

c. Mengeksplorasi

• Siswa menyatakan dan menanyakan pengandaian dalam bahasa Inggris dalam konteks simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang terstruktur.
• Siswa berusaha menyatakan dan menanyakantentang  pengandaian jika terjadi suatu keadaan/ kejadian/ peristiwa di waktu yang akan datang dalam bahasa Inggris selama proses pembelajaran.

d. Mengasosiasi

• Siswa membandingkan ungkapan pengandaian yang telah dipelajari dengan ungkapan-ungkapan lainnya.
• Siswa membandingkan antara ungkapan pengandaian dalam bahasa inggris dengan ungkapan keharusan dalam bahasa ibu

e. Mengkomunikasikan

• Siswa menyatakan dan menanyakan pengandaian dalam bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas.
• Siswa berkreasi dengan imajinasi mereka dalam teks pengandaian
• Siswa menuliskan permasalahan dalam menggunakan pengandaian dalam bahsa inggris untuk menyatakan dan menanyakan pengandaian dalam jurnal belajarnya

Penutupan

a. Peserta didik bersama guru menyimpulkan pembelajaran
b. Peserta didik melakukan refleksi terhadap kegiatan yang telah dilkukan
c. Peserta didik menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru

IX. Penilaian

1. Penilaian sikap
2. Penilaian pengetahuan
3. Penilaian ketrampilan