3 Penggunaan Kata Had dalam Kalimat Bahasa Inggris

loading...

Kata had, apa maksudnya? Had tidak hanya mempunyai satu buah fungsi dan satu buah arti. Had merupakan kata yang terbagi atas penggunaan berbeda-beda. Mau tahu apa saja penggunaan kata had dalam kalimat bahasa Inggris? Ikuti penjelasan yang ada di dalam artikel ini.

1. Had di dalam Past Tense

Had pada dasarnya merupakan perubahan dari kata have/has yang artinya mempunyai. Sementara has/have adalah present tense, maka had muncul sebagai bentuk past tense yang berarti digunakan dalam kalimat-kalimat mengenai kejadian masa lampau.

Kesimpulannya, arti pertama dari had adalah mempunyai serta digunakan dalam kalimat past tense.

Contoh kalimat:

  • When I was young, I had a sport car. (Ketika saya muda, saya mempunyai mobil sport.)
  • I had a good idea when the meeting was being done. (Saya mempunyai sebuah ide bagus ketika rapat sedang dilaksanakan.)

2. Had di dalam Present Perfect Tense

Pernah melihat kalimat seperti ini, “I have had a motorcycle since two years ago”? Coba lihat bagaimana struktur yang ada di kalimat tersebut, ada kata have yang disandingkan dengan kata had bukan? Mengapa bisa begitu? Kita kupas disini.

Perlu Anda ketahui bahwa kalimat tadi adalah kalimat present perfect tense dimana kata have berperan sebagai auxiliary verb yang berarti sudah, telah. Sementara kata had adalah past participle atau Verb 3 yang berperan sebagai kata kerja utama serta berarti memiliki, mempunyai.

So, saya ulangi bahwa Had disini berperan sebagai apa? Kata kerja Utama yang artinya mempunyai, memiliki. Sesuai dengan kaidah present perfect bahwa Has/Have + Past Participle (Verb 3), maka kata has/have disandingkanlah dengan Had.

Contoh kalimat:

  • I have had a motorcycle since two years ago. (Saya telah mempunyai sebuah sepeda motor sejak dua tahun lalu.)
  • She has had that house since I was seven years old. (Dia telah mempunyai rumah itu sejak saya berusia tujuh tahun.)
Advertisement

3. Had di dalam Past Perfect Tense

Past perfect pada intinya adalah bentuk past dari present perfect. Jika present perfect menggunakan struktur kata kerja Has/Have + Past Participle, maka past perfect menggunakan susunan kata kerja Had + Past Participle.

 

Has/have berubah menjadi Had karena perubahan dari present ke past.

 

So, disini Had berperan sebagai kata kerja auxiliary atau kata kerja bantu. Artinya apa? Artinya sudah, telah.

Contoh kalimat:

  • I had turned off the TV before I left the home. (Saya telah mematikan lampu sebelum saya meninggalkan rumah.)
  • The car had crashed a house before the driver could stop it. (Mobil itu telah menabrak sebuah rumah sebelum si sopir dapat menghentikannya.)
  • I had had a lot of money before I retired. (Saya telah mempunyai banyak uang sebelum saya pension.)

Loh, kenapa di kalimat ketiga ada double had? Tidak perlu bingung karena Had yang pertama berperan sebagai kata kerja bantu (Auxiliary verb) sementara Had yang kedua adalah past participle yang berperan sebagai kata kerja utama. 🙂

Semoga penjelasan ini bisa memberikan manfaat kepada Anda.

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *