Ini Dia 6 Tipe Guru Dikelas, Kamu Suka Yang Mana?

Guru yang masuk ke kelas kita mempunyai beragam karakteristik. Ada yang galak, ada pula yang baik, bahkan ada pula yang suka bercanda. Eits, saya tidak akan mengungkap ini semua di kalimat pembukaan. Untaian-untaian kalimat berikut akan memberikan kamu semua visualisasi tentang karakteristik guru yang pernah kamu temui. 😀

Guru Newbie

Apa itu guru Newbie? Guru pemula atau guru baru. Guru yang satu ini biasanya masih ramah ke kamu semua. Ia akan mudah tersenyum, terkesan tidak galak, dan ia akan meladeni banyak pertanyaan serta candaan yang kamu utarakan.

Dia seperti malaikat yang baru turun dari langit. Sangat baik dan rajin!

Tetapi, lambat laun ia menyadari bahwa mengajar kamu semua bukanlah hal yang mudah. Beberapa minggu kemudian dia mulai malas, mudah tersinggung, dan cepat marah. Ia tidak lagi menjadi seorang malaikat, ia menjadi orang yang sama dengan semua guru-guru lama yang ada di sekolahmu. 😀

Guru Kejam!

Ini merupakan mimpi buruk kamu semua. Ketika ia masuk, seketika itu juga kamu harus disiplin dan menjadi robot untuk mematuhi semua perintahnya. Saat kamu berisik di kelas, guru kejam ini akan memberikan pertanyaan. Kalau kamu tidak bisa menjawabnya, siap-siap terima hukuman. Paling ringan disetrap di depan kelas.

Intinya, kamu harus patuh. Kalau tidak patuh, maka kamu akan dianggap bodoh atau bermasalah. Saran saya, cari aman saja deh dengan guru satu ini. Tetap diam dan pasang muka baik-baik. Hehehehe

Advertisement

Guru Jayus

Ini yang sering jadi penyakit seorang guru. Banyak guru yang berusaha membaur dengan siswa mereka. Bercanda dan bahkan berbicara sesuai dengan bahasa yang dipakai siswanya (baca: bahasa gaul).

Tetapi, karena ruang lingkup pergaulan antara guru serta siswa berbeda, maka guru yang satu ini malah dianggap jayus. Seringkali ia mengeluarkan jokes (candaan), namun siswanya malah mengerutkan dahi, atau berkata dalam hati “apa sih” lengkap dengan emoticon -____-“.

Pernah gak ketemu guru seperti ini? Seringkali saya malah tertawa bukan karena dia lucu, tapi karena dia terlalu jayus. 😀

Guru Kutu Buku

Guru yang ini hanya memikirkan bagaimana semua siswa mengerti materi yang ia berikan. Ia terlalu over.

Setiap pertemuan, ia memberikan siswa pekerjaan rumah yang super panjang. Ditambah lagi, ketika ujian dilaksanakan, sang guru memberikan soal pilihan ganda yang jumlahnya sangat banyak, atau dia memberikan kamu soal essay yang sedikit, namun jawabannya begitu panjang.

Dia ingin memastikan bahwa kamu mempelajari materi dengan baik. Pusing deh kalau sudah ketemu guru yang satu ini. 😀

Guru Tua

Guru yang satu ini biasanya mengajar layaknya dosen. Ia sudah mengajar puluhan tahun di sekolahmu dan dalam pandangannya, ia adalah seorang professional sejati. Sang guru sudah sangat-sangat fasih dalam menjelaskan.

Ia mengoceh kesana kemari tanpa sedikitpun melihat buku. Wajar saja, soalnya dia sudah puluhan tahun mengoceh, dan yang ia jelaskan hanya itu-itu saja kok. 😀

Guru Idaman

Ini dia guru idaman hampir semua murid. Guru ini tidak galak. Kalau kita ajak bercanda, ia tidak marah. Guru yang satu ini jarang memberikan PR, sering tidak masuk karena banyak urusan di luar.

Ketika ia tidak masuk, maka sang guru akan memberikan tugas dimana kita bebas melihat buku untuk mengerjakan tugas tersebut atau mencontek teman. Satu lagi, guru ini terkadang membuat kamu berpikir, “Indahnya dunia ketika guru Matematika juga seperti itu. :D”

Ok, it’s just a joke! 😀

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *