Tips ampuh untuk mendapatkan kemampuan mendengarkan yang baik

loading...
Tips ampuh untuk mendapatkan kemampuan mendengarkan yang baik

Cara mudah belajar bahasa Inggris – Mendengarkan atau listening adalah salah satu skill atau kemampuan dalam berbahasa. Sama seperti bahasa Indonesia, bahasa Inggris memiliki empat skill yaitu mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Tahap pertama yang harus kita kuasai adalah mendengarkan, kemampuan ini dianggap sebagai uji kelayakan bahasa Inggris kita. Banyak orang bilang ketika kemampuan mendengarkan teman-teman sudah baik, maka kalian telah mampu atau mudah menggunakan bahasa Inggris di tahap selanjutnya.

 
Tetapi, untuk mendapatkan kemampuan ini sangat tidak mudah lho. Kalian akan merasakannya apabila ada ujian mendengarkan di dalam kelas. Meskipun seorang guru telah mengulang satu kalimat secara berulang-ulang, namun terkadang kita tetap sulit mengetahui kata yang dimaksud. Ada semacam sinyal di telinga kita yang tidak bisa mendeteksi arti kata tersebut. Kesulitan itu akan muncul karena satu hal, yaitu kalian tidak terbiasa mendengarkan kalimat bahasa Inggris.
 
Memang, alasan tersebut terlihat simpel, namun begitulah adanya. Kemudian, bagaimana cara mendapatkan atau meningkatkan kemampuan mendengarkan dalam bahasa Inggris? Simak terus artikel ini ya. 
 

Dengarkan lagu bahasa Inggris sesering mungkin

 
Tips ampuh untuk mendapatkan kemampuan mendengarkan yang baik
Mendengarkan lagu bahasa Inggris merupakan teknik jitu dalam meningkatkan kemampuan mendengarkan. Apakah sudah ada buktinya? Wah, tentu banyak yang membuktikannya. Ketika awal masuk kuliah, kemampuan mendengarkan saya amat buruk. Ketika dosen saya memberikan tes, saya benar-benar kesulitan untuk menangkap makna dari alur kalimat-kalimat yang datang dari tape recorder. Saat itu, saya juga memiliki seorang teman yang kemampuannya tak kalah buruk. 
 
Namun beberapa bulan kemudian, teman saya tersebut mengalami peningkatan yang cukup signifikan spesial untuk kemampuan mendengarkan yang ia miliki. Rahasianya, dia banyak mendengarkan lagu bahasa Inggris. Mengapa bisa demikian?
Advertisement
 
Dengan mendengarkan lagu bahasa Inggris yang bahkan kita tidak mengetahui artinya, teman-teman bisa lebih familiar dengan kalimat-kalimat bahasa Inggris yang ada. Cara itu akan memudahkan kita mengenali sebuah kata atau bahkan kalimat ketika berada dalam ujian mendengarkan atau listening. Jadi, mulai sekarang, coba teman-teman dengarkan lagu-lagu easy listening dalam bahasa Inggris dan mulailah hafalkan tanpa melihat liriknya. Walaupun sulit, namun cara itu akan meningkatkan kemampuan listening kalian secara langsung.
 

Belajar menangkap ide

 
Tips ampuh untuk mendapatkan kemampuan mendengarkan yang baik
Nah, kalau tips yang berikutnya ini, secara khusus saya bagikan ketika kalian akan mengikuti ujian mendengarkan. Kesalahan yang banyak dilakukan adalah mendengarkan kata demi kata demi mendapatkan arti secara keseluruhan. Padahal cara tersebut hanya membuang-buang waktu kalian saja. Untuk sukses ujian listening atau mendengarkan, kalian harus mampu menangkap ide sebuah paragraf atau kalimat. Paragraf di bawah ini akan dijadikan sebagai contoh bagi teman-teman.
 
Andien is a beautiful woman. She is 30, and lives in Samantha street 32 Bandung. She has been married to Genta for five years. Sara has been married to John for seven years. They have two children; Bob is four years old and Nancy is two.
 
Nah, bagaimana menangkap idenya? Kalian disarankan untuk berfokus pada beberapa kata saja. Sebagai contoh, pada kalimat “She has been married to Genta for five years”, kalian bisa mendengarkan kata “married”, “Genta”, dan “five years”. Cukup ingat poin-poin penting dalam sebuah kalimat, maka kalian akan mendapatkan ide dan bisa menjawab pertanyaan yang ada. Selamat mencoba.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *