8 Tips Sederhana Untuk Meledakkan Kemampuan Bahasa Inggris Kita Hari Ini  

loading...

Memperbaiki kemampuan bahasa Inggris bisa dilakukan dalam segmen aktivitas dan waktu apapun. Seperti yang saya jelaskan berikut ini, bahwa 8 tips sederhana berikut, ternyata mampu meningkatkan kualitas bahasa Inggris yang kita miliki.

1. Ubah Bahasa di Telepon Anda

Biasanya, kita menggunakan bahasa Indonesia di dalam pengaturan bahasa telepon genggam. Percayalah, hal itu membuat kita tidak belajar apapun, dan mulai saat ini, gantilah bahasa tersebut menjadi bahasa Inggris.

Perlakukan tersebut membuat kita selalu berada dalam ruang lingkup bahasa Inggris yang tentunya memicu meningkatkan skill berbahasa.

2. Ubah Sistem Bahasa di Facebook

Facebook adalah jejaring sosial yang paling sering kita gunakan. Oleh karena itu, media ini bisa kita manfaatkan untuk belajar bahasa Inggris dengan mengganti sistem bahasanya ke bahasa Inggris. Lagi-lagi, hal ini menjadikan semuanya terbiasa untuk mengenal kata-kata dalam bahasa Inggris serta memahaminya.

3. Baca dan Tonton Berita

Dunia yang kita miliki sekarang mempunyai konektivitas yang erat dengan internet, media cetak, dan media televisi. Membaca artikel bahasa Inggris, menonton berita, dan menonton acara-acara televisi dalam bahasa Inggris akan sangat mudah dilakukan. Maka, manfaatkan kesempatan ini untuk menjadikan diri kita lebih familiar terhadap bahasa Inggris dengan meluangkan waktu setidaknya satu jam sehari untuk melakukan kegiatan-kegiatan tadi.

4. Nyalakan Subtitle Bahasa Inggris

Saat Anda menonton Film berbahasa Inggris, maka aktifkan subtitle yang menggunakan bahasa Inggris. Sehingga lambat laun, kemampuan dalam mendengarkan, membaca, maupun berbicara bisa jauh lebih baik lagi. Maybe, awalnya kita sulit untuk memahami semua ucapan-ucapan dari film yang ditonton, kendati demikian, yakinlah bahwa semuanya akan terbiasa dan Anda bisa menemukan kemampuan terbaik suatu saat.

Advertisement

5. Dengarkan Lagu dan Pelajari Lirik

Tidak bisa dipungkiri bahwa lagu merupakan sarana yang paling mudah dan paling sering digunakan. Belajar lewat lagu selalu menyenangkan karena pada dasarnya kita menyukai aktivitas tersebut. Maka dari itu, coba hafalkan lirik lagu yang Anda sukai secara konsisten. Targetkan bahwa minimal Anda bisa menghafalkan satu buah lagu setiap minggu.

6. Write More

Menulislah setiap hari. Di sela-sela kesibukan, luangkan waktu untuk menulis setidaknya 10 menit. Tulislah apapun yang kita inginkan entah itu sebuah diary, artikel blog, atau essay yang akan tempel di mading sekolah.

7. Berbicaralah

Berbicaralah kepada orang lain agar lebih percaya diri dan kemampuan berbahasa bisa meningkat pesat. Jika belum menemukan teman untuk berbicara satu dengan yang lain, maka berusahalah mengenal beberapa teman baru lewat media sosial Facebook atau Skype.

Jangan pernah membatasi diri, kita saat ini berada di era internet, sebuah era yang seharusnya semua hal terkait dengan komunikasi menjadi lebih cepat serta mudah.

8. Set Your Targets

Banyak orang memandang bahwa hidup bisa dijalani selayaknya air yang mengalir. Biarkan keadaan membawa kita kepada pencapaian-pencapaian masa depan. Kita tidak perlu target, hanya jalani sebaik mungkin setiap detiknya.

Tetapi, saya tidak berpikir seperti itu. Bagi saya, harus ada semacam target yang hadir saat kita memulai sesuatu. Target tersebut membantu pekerjaan kita terpola dan lebih mudah untuk dilakukan karena mengarah ke suatu fokus yang pasti.

So, saya menyarankan bahwa buatlah list target yang harus dicapai di tahun ini. Misalkan, dalam satu bulan sudah berbicara dengan 30 orang, menulis 100 artikel blog berbahasa Inggris, dan bisa menyanyikan 10 lagu.

Good Luck! 🙂

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *