Mengajar Bahasa Inggris Melalui Lagu? Ikuti Tips Ini

loading...

Lagu merupakan salah satu alat pembelajaran bahasa Inggris yang seringkali digunakan. So, kenapa tidak mulai saat ini, Anda menjadikan lagu sebagai kunci ketika Anda mengajar? Saya pernah melihat seorang teman dengan komponen utama mengajarnya adalah lagu. Inilah langkah-langkahnya:

  1. Siswa diperdengarkan lagu selama beberapa kali. Kemudian, Ia mengajak siswa untuk bernyanyi. Sehingga mereka, secara bersama-sama mencoba memfamiliarkan diri terhadap lagu tersebut.
  2. Terus-menerus hal ini dilakukan, sampai paling tidak siswa mampu menghafal reff dari lagu tersebut.
  3. Ketika siswa mampu mengikuti irama lagu dan merasa enjoy dengan musik dan liriknya, Ia memberikan script lagu kepada pasangan siswa. Sehingga dua orang mendapatkan satu script lagu.
  4. Setiap script mempunyai kata-kata yang hilang dan nantinya seorang siswa diharuskan untuk melengkapi kata-kata tersebut.
  5. Dari langkah tersebut, mulailah sedikit demi sedikit ia mengajak siswa untuk semakin larut dalam musik kemudian mendorong siswa untuk menebak kata-kata yang ada di script tadi.
Advertisement

Tujuan dari cara di atas, tentu saja untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam berbicara bahasa Inggris. Lebih lanjut, Ia ingin melatih kemampuan siswa dalam mendengarkan. Jika Anda ingin mengajar siswa menggunakan lagu, Anda bisa mengikuti langkah-langkah di atas.

Ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan ketika ingin melibatkan musik, yaitu:

Pastikan lagu yang Anda gunakan mudah untuk dihafal. Lagu-lagu dengan lirik panjang atau kosakata yang complicated, akan menghadirkan kesulitan ketika siswa ingin mengingatnya. Cobalah untuk mencari kosakata yang sederhana, familiar, dan lirik yang tidak terlalu panjang. Anda bisa mencoba lagu Big Big World sebagai langkah awal. Lagu itu begitu mudah diingat karena liriknya yang diulang-ulang dan pendek.

Juga, lagu yang terlalu cepat serta terlalu mainstream mungkin memberikan kejenuhan, so pilih lagu yang fun serta bertempo sedang.

Biasakan siswa menghafal tanpa melihat lirik. Buat siswa Anda enjoy terlebih dahulu dengan lagunya. Kemudian berikan mereka suatu dorongan menghafal, tanpa melihat lirik serta hanya mengandalkan pendengaran serta memorisasi semata. Cara ini mampu mengasah otak siswa untuk menjadi seorang yang lebih cerdas. Otak mereka bisa tumpul apabila Anda langsung memberikan lirik si kertas karena siswa akan dengan mudah mencocokkan antara kata yang didengar dengan lirik yang ada di depan mata mereka.

Semoga artikel singkat ini membantu Anda. Selamat mencoba dan have fun with your students today! 😀

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *