5 Contoh Recount Text Bahasa Inggris Terbaru

Posted on

Recount text atau recount teks merupakan salah satu jenis teks penting di dalam bahasa Inggris. Ini adalah sebuah teks yang menceritakan pengalaman di masa lampau dalam bentuk perintiwa, aktivitas, dan berbagai hal lainnya. Tujuannya agar pembaca merasa terhibur dan mengetahui pengalaman apa yang dimiliki oleh si penulis. Baca Definisi recount text lebih lengkap disini.

 

Pembuatan recount text tidaklah sulit. Satu hal yang harus Anda perhatikan adalah bahwa teks ini mempunyai bentuk kalimat past tense atau masa lampau. Juga, recount text mempunyai susunan atau generic structure sebagai berikut:

 

– Orientation : Memperkenalkan cerita itu sendiri. Anda akan berbuat apa, dan dengan siapa.

– Events : Menjelaskan satu demi satu peristiwa yang terjadi selama cerita Anda berlangsung.

– Re-orientation : Ini merupakan pilihan bagi Anda. Biasanya penulis menuliskan komentar personal mengenai peristiwa yang telah terjadi.

 

My Best Friend, Haruka

In Senior high school, I had best friend from Jepang. Her name was Haruka. She was beautiful, smart, and low profile. Because of that, many people loved her, included of me. Even though she was from foreign country that considered by many students she would be arrogant, but Haruka was different. She was a good girl.

Haruka and I became good friend each other. I was really glad having friend like her, although she was from rich family and I wasn’t. She enjoyed having a friend like me and there was no problem, for her, to share everything to me. For the example, when she had something, like knowledge, foods, or even gifts, she would give to me. Then, I did the same thing like her, if my mom made a food in which my mom usually made a traditional food, I would give that food to Haruka. We ate together, we had fun together.

One day, I was invited by Haruka’s family to attend Haruka’s birthday. I came to the building where she held her birthday party. I was very surprised when I looked to the building. It  was very luxurious and the entry had a quite beautiful decoration. I felt afraid to go inside. So, I only waited on the outside of the building, more precisely, I stood by the fence. After several minutes, I saw Haruka went out from the building. Oh my god!, she saw me. Soon after that, she came to me and asked why I did not come in. I did not answer, I only smiled. Then, she said to me that her birthday would not be started without me. I was very touched in hearing that and I hugged her. Then, Haruka and I came in. Many guests had arrived and suddenly they looked at Haruka and me. I was very shy. Then, the party started. Before that, Haruka’s parents introduced me to the guests that I was the best friend of her daughter.

Furthermore, the thing that made me surprise that Haruka’s family wanted me follow them to holiday in Japan next month. Off course I want because it must be interesting experience. Many people gave applause to me and Haruka’s family. I was so touched and on that place I wanted to cry. I was fortunate having friend like Haruka and knew Haruka’s family well.

Artinya:

Teman Baikku, Haruka

Ketika SMA, saya punya sahabat dari Jepang. Namanya Haruka. Dia cantik, cerdas, dan rendah hati. Karena itu, banyak orang mencintainya, termasuk saya. Meskipun dia dari luar negeri yang mungkin dianggap oleh banyak siswa bahwa ia akan sombong, tapi Haruka berbeda. Dia adalah seorang gadis yang baik.

Haruka dan saya menjadi teman baik satu sama lain. Saya benar-benar senang memiliki teman seperti dia, meskipun dia berasal dari keluarga kaya sedangkan tidak. Dia menikmati memiliki teman seperti saya dan tidak ada masalah baginya, dia mau berbagi banyak hal kepada saya. Misalnya, ketika dia memiliki sesuatu, seperti makanan, atau bahkan hadiah, ia akan membaginya kepada saya. Kemudian, saya melakukan hal yang sama seperti dia, jika ibu saya membuat makanan biasanya adalah makanan tradisional, saya akan memberikan makanan itu kepada Haruka. Kami makan bersama-sama, kami bersenang-senang bersama-sama.

Suatu hari, saya diundang oleh keluarga Haruka untuk menghadiri ulang tahunnya. Saya datang ke gedung di mana dia mengadakan pesta ulang tahunnya. Saya sangat terkejut ketika melihat ke gedung tersebut. Gedungnya sangat mewah dan tempat masuknya memiliki dekorasi yang sangat indah. Saya merasa takut untuk masuk ke dalam. Jadi, saya hanya menunggu di luar gedung, lebih tepatnya, saya berdiri di dekat pagar. Setelah beberapa menit, saya melihat Haruka keluar dari gedung. Ya Tuhan!, dia melihat saya. Segera setelah itu, dia datang kepada saya dan bertanya mengapa saya tidak datang. Saya tidak menjawab, saya hanya tersenyum. Lalu, dia berkata kepada saya bahwa ulang tahunnya tidak akan dimulai tanpa saya. Saya sangat tersentuh mendengar itu dan saya memeluknya. Kemudian, Haruka dan saya masuk ke dalam gedung. Banyak tamu telah tiba dan tiba-tiba mereka melihat kea rah Haruka dan saya. Saya sangat malu. Kemudian, pesta dimulai. Sebelum itu, orang tua Haruka yang memperkenalkan saya kepada tamu bahwa saya adalah teman terbaik putrinya.

Selain itu, hal yang membuat saya terkejut bahwa keluarga Haruka itu ingin saya ikut bersama mereka untuk berlibur di Jepang bulan depan. Tentu saja saya mau karena itu pasti pengalaman yang menarik. Banyak orang memberikan tepuk tangan kepada saya dan keluarga Haruka. Saya sangat tersentuh dan di tempat itu, saya ingin menangis. Saya beruntung memiliki teman seperti Haruka dan mengenal keluarga Haruka dengan baik.

Comments are closed.