Compound Adjectives, Jenis Kata Sifat yang Harus Diketahui

loading...

Cara mudah belajar bahasa Inggris – Selama ini, satu hal yang kita ketahui mengenai adjective adalah sebuah kata yang menjelaskan atau mendeskripsikan kata benda. Beberapa kalimat yang mencantumkan kata sifat atau adjective misalnya, She is a beautiful woman, He is a goodfootball player, dan You are a handsome singer. Kata-kata beautiful, good, dan handsome merupakan jenis kata sifat yang mempunyai fungsi mendeskripsikan kata benda yaitu woman, football player, dan singer.

Contoh-contoh kalimat di atas, ternyata hanya menggunakan adjective yang terdiri dari satu kata saja. Padahal, ada sebuah jenis kata sifat yang melibatkan lebih dari satu kata. Kata sifat tersebut dinamakan sebagai compound adjective. Belum mengenalnya? Kalau belum, coba perhatikan terlebih dahulu dua kalimat berikut.

I saw a rabbit-eating cheetah.

I saw a rabbit eating cheetah.

Coba tebak, dari dua kalimat di atas, mana yang merupakan compound adjective? Sebelum menjawabnya, kita bahas dulu kedua kalimat tersebut.

Kalimat pertama : I saw a rabbit-eating cheetah, berarti saya melihat seekor cheetah pemakan kelinci.

Kalimat kedua : I saw a rabbit eating cheetah, berarti saya melihat seekor kelinci memakan cheetah.

Tentu saja, kalimat yang berisi compound adjective merupakan kalimat yang pertama, dimana a rabbit-eating cheetah berarti cheetah pemakan kelinci. Sedangkan, kalimat yang kedua adalah a rabbit eating cheetah tanpa tanda (-), yang berarti seekor kelinci memakan cheetah.

Secara umum, compound adjective merupakan kata sifat yang terdiri lebih dari satu kata, serta ditandai menggunakan (-). Kita akan membahas compound adjective dengan teknik yang lebih lengkap. Baca tulisan di bawah ini untuk mengetahui jenis serta penggunaan compound adjective secara lebih detail.

Compund Adjective Berasal dari Periode Waktu

I am twenty-four-year old.

She was a four-minute delay.

They get a three-week additional time.

She will have a five-day vacation.

Ketika Anda menggunakan compound adjective dengan tambahan periode waktu, maka gunakanlah bentuk tunggal atau singular. Perhatikan setiap kalimat yang ada di contoh tersebut, Anda akan mendapatkan kata four-minute, three-week, dan five-day. Serta, bukan kata benda jamak seperti four minutes, three weeks, dan five days.

Advertisement

Compund Adjective Berasal dari Adverb + Past Participle

This is a well-managed company.

I need a brightly-lit office to work.

I pass the well-known beach.

Perhatikan bahwa di setiap kalimat, Anda akan mendapatkan sebuah compound adjective yang terdiri dari kata keterangan atau adverb di awal, kemudian ditambahkan dengan kata kerja bentuk ketiga atau past participle.

 

Compund Adjective Berasal dari Noun + Past Participle

I have seen that tongue-tied boy.

Have you ever eaten a sun-dried fruit?

This company should have many wind-powered generators in order to cut the cost.

Sesuai dengan sub-judul yang ada, susunan compound adjective yang dibentuk adalah kata benda atau noun seperti tongue, sun, dan wind. Kemudian, kata benda tersebut ditambah dengan past participle atau kata kerja bentuk ketiga yaitu tied, dried, dan powered.

 

Compound Adjective Berasal dari Noun + Present Participle

I have an Android-operating phone.

They should create a record-breaking tennis.

You have a mouth-watering watermelon.

This is a free-smoking area.

Ketiga kalimat di atas, merupakan kalimat yang mempunyai susunan compound adjective berupa kata benda atau noun yaitu Android, record, dan mouth. Kemudian, ditambah dengan present participle atau kata kerja bentuk –ing yaitu operating, breaking, serta watering.

 

Compound Adjective Berasal dari Noun + Adjective

A life-long studying should be emphasized in this era.

I know some world-famous footballers.

Don’t worry! We are in a smoke-free room.

Sama seperti kalimat-kalimat sebelumnya, di dalam contoh tersebut, Anda akan menemukan noun atau kata benda yaitu life, world, dan smoke. Kemudian ditambah dengan long, famous, dan free sebagai kata sifat.

 

Compound Adjective Berasal dari Adjective + Noun

Manchester United football manager has created a last-minute decision.

I need to see a full-length record of this match.

Have you ever heard a deep-sea diving in this place?

Di dalam setiap kalimat, terdapat compound adjective yang terdiri dari last, full, dan deep yang berperan sebagai adjective atau kata sifat. Kemudian, terdapat tambahan berupa minute, length, dan sea sebagai noun atau kata benda.

 

Compound Adjective Berasal dari Adjective + Past Participle

I really like an old-created jewelry.

Do you know where I can see the cold-blooded creatures in this jungle?

Is it a good-watered pipe?

Tentu saja, susunan compound adjective yang ada pada ketiga kalimat di atas sama dengan yang lainnya. Sesuai dengan sub-judul, terdapat old, cold, dan good dengan peran sebagai kata sifat. Kemudian, ditambah dengan created, blooded, dan watered sebagai kata kerja bentuk ketiga atau past participle.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *