Belajar Bahasa Inggris Cepat dengan Metode Silent Way

Belajar Bahasa Inggris Cepat dengan Metode Silent Way
Cara mudah belajar bahasa Inggris – Silent way adalah sebuah metode belajar bahasa Inggris cepat yang patut untuk dicoba. Tetapi, pernahkah Anda mendengar metode silent way dalam pembelajaran bahasa Inggris? Bisa ya dan bisa tidak. Kami menemukan inspirasi untuk membuat artikel ini melalui buku yang ditulis oleh Ag. Bambang Setiyadi, seorang professor yang saat ini bekerja di Universitas Lampung. Buku tersebut berjudul Teaching English as A Foreign Language dengan salah satu bab berjudul Silent Way.

Silent way merupakan sebuah metode yang dirancang oleh Caleb Cattegno. Dia menggunakan metode ini untuk dilibatkan ke dalam kelas Matematika. Silent way adalah sebuah metode yang mempunyai beberapa alat utama yaitu rod. Rod atau batang yang digunakan mempunyai bentuk seperti crayon berbentuk balok. Setiap batang mempunyai warna yang berbeda dan mempunyai panjang yang juga berbeda. Batang atau rod tersebut digunakan untuk mewakili sesuatu yang nantinya dilibatkan dalam pembelajaran bahasa menggunakan silent way. Batang tersebut dapat mewakili sesuatu hal seperti sebuah pensil, pulpen, penghapus, bahkan benda yang lebih besar lagi. Kami akan menjelaskan penggunaan metode silent way pada poin berikutnya.
Rods

Sesuai dengan namanya, silent way adalah metode yang mempunyai keheningan atau kesunyian (silence). Di dalam metode ini, seorang guru hanya diam dan hanya memberikan instruksi dalam periode waktu yang singkat. Ia hanya berperan sebagai pemandu, pengorganisir, dan pengevaluasi kasalahan siswa. Sebaliknya, setiap siswa yang terlibat dalam pembelajaran akan berpikir aktif untuk mengikuti detail demi detail materi yang diberikan oleh guru mereka.

3 Prinsip penting dari metode silent way


Setiap metode mempunyai prinsip yang dijadikan pijakan dalam bergerak dan berperilaku. Metode yang satu ini juga mempunyai prinsip yang harus diketahui serta dilaksanakan dengan baik oleh seorang guru bahasa Inggris. Berikut ini adalah 3 prinsip dalam belajar bahasa Inggris cepat melalui silent way?

1. Bahasa tidak dipelajari dengan cara mengikuti sebuah perintah secara terus-menerus. Namun, sebuah bahasa dipelajari dengan cara membangun sense dari dalam pikiran seorang siswa. Sense tersebut juga dinamakan sebagai inner criteria.  Artinya, siswa mengetahui berdasarkan perasaan, dan pembangunan piirannya sendiri. Ketika sebuah inner criteria telah terbentuk dengan baik maka mereka mampu berpikir jauh lebih hebat dari sebelumnya. Juga, sense mereka bekerja lebih efektif dan kuat. Hal ini terjadi karena siswa tidak terus-terusan diberikan arahan oleh guru mereka. Siswa harus mampu membangun pikiran dan mengevaluasi kesalahan dengan modal sense yang mereka miliki.

2. Arti sebuah bahasa didapatkan siswa dengan cara membangun persepsi dan bukan melalui alih bahasa atau translate yang dilakukan oleh guru. Mereka dapat membedakan Red adalah merah, Blue adalah biru, dan Green adalah hijau adalah karena persepsi mereka sendiri serta bukan melalui alih bahasa.

3. Membaca adalah sebuah tindakan yang dilakukan berdasarkan pengetahuan dari siswa. Para siswa telah belajar untuk mengucapkan kata-kata dan saat mereka membaca, telah ada sebuah pengetahuan dasar karena pengucapan pada awal waktu tadi. Jadi prosesnya dimulai dengan cara berbicara terlebih dahulu baru kemudian membaca kata tersebut.

Prosedur metode silent way di dalam kelas


Sebelum menjelaskan secara teknis, kami akan memberikan pemahaman secara menyeluruh kepada Anda mengenai penggunaan metode silent way di dalam sebuah kelas. Pada tahap pertama, guru mengucapkan sesuatu dengan batang atau rod tadi sebagai perwakilan. Setiap rod mewakili sebuah benda yang berbeda. Misalkan, sebuah batang merah mewakili red pencil, batang biru mewakili blue pencil, dan batang hijau mewakili green pencil.

Guru hanya mengucapkan semua hal tersebut hanya di awal waktu dan siswa mengikutinya. Pada tahap selanjutnya, guru menunjuk sebuah batang atau rod kepada siswa dan mereka harus menyebutkan sesuatu yang diucapkan oleh guru tadi. Misal batang tersebut mewakili blue pencil, maka siswa harus mengucapkan blue pencil

Secara teknis, penggunaan metode belajar bahasa inggris dengan slent way adalah sebagai berikut. “T” adalah guru sedangkan “S” adalah siswa, sedangkan “SS” adalah semua siswa. Disini setiap rod mewakili “a pencil”.

Guru menginformasikan sebuah benda bernama : a pencil


T : mengambil sebanyak mungkin rod yang ada di depannya.

T : menunjukkan rod dalam panjang dan warna yang berbeda satu sama lain. Kemdian dengan lantang ia mengatakan, “a pencil”.

T : meminta setiap siswa untuk mengambil salah satu rod untuk mengatakan “a pencil”.

T : Menunjukkan sebuah rod dan meminta siswa untuk mengatakan “a pencil”.

SS: berkata “a pencil”

Guru mengajarkan mengenai warna


T : Dengan hanya diam, guru mengambil rod berwarna biru. Menunjukkan kepada siswa, dan berkata “a blue pencil”.

T : mengambil rod berwarna merah. Menunjukkan kepada siswa dan mengatakan “a red pencil”.

T : mengambil rod berwarna biru, dan memberikan sinyal siswa untuk menebak.

SS : berkata “a blue pencil”

T : mengambil rod berwarna merah dan memberikan sinyal kepada siswa untuk menebak.

SS: berkata “a red pencil”

T : mengambil rod berwarna hitam, kemudian berkata “a black pencil”.

SS: siswa mengikuti dan berkata “a black pencil”.

T : mengambil rod berwarna biru dan memberikan sinyal kepada siswa untuk menebak.

SS: siswa berkata “a blue pencil”

T : mengambil rod warna hitam.

SS: berkata “a black pencil”

T : mengambil rod berwarna merah.

SS : berkata “a red pencil”

Apa yang siswa pelajari dari metode belajar bahasa inggris di atas? Mereka mempelajari sebuah penggunaan kata sifat, manajemen peletakan kata, kosa kata baru, penggunaan article “a” di dalam sebuah frase, serta mereka mampu membuat perbedaan arti tanpa harus melalukan alih bahasa. Dengan cara tersebut, mereka mampu mengerti bahwa red adalah merah, blue adalah biru, dan black adalah hitam karena persepsi mereka sendiri dan bukan hasil translate dari seorang guru.

Sebagai guru, Anda juga bisa memperluas dengan mengajarkan angka (a red pencil, two blue pencils, three green pencils), pronoun (that pencil, these pencils, this pencil), comparative (blue pencils are bigger than black pencils), serta masih banyak lagi.

2 Tips sukses dalam metode silent way


  1. Terapkan di dalam kelas kecil dan tunjuk setiap siswa. Jadi tidak secara bersama-sama. Ini lebih efektif dan membuat siswa mampu berpikir sendiri.
  2. Coba dari yang sederhana dan sedikit demi sedikit mulai ajarkan yang rumit. Dari konsep tadi, guru mengajarkan mengenai pencil, kemudian warna, angka, dan hingga ke kalimat comparative.

Itulah cara belajar bahasa inggris cepat dengan metode silent way. Sebuah  metode belajar bahasa inggris yang digunakan untuk matematika pada awalnya, namun saat ini juga terkenal sebagai metode yang berdampak signifikan terhadap kemampuan berbahasa siswa. Semoga bisa diterapkan dan berhasil di kelas Anda.