3 Tips Jitu Belajar Bahasa Inggris Untuk Pemula

3 Tips Jitu Belajar Bahasa Inggris Untuk Pemula
Cara mudah belajar bahasa Inggris – Belajar bahasa Inggris untuk pemula seperti kita mungkin sangat menjengkelkan. Sering kita melihat banyak orang Indonesia begitu lancar berbicara bahasa Inggris dan kemudian kita hanya bisa bengong memperhatikan mereka. Menguasai bahasa Inggris itu sulit bagi kita, namun bukan hal yang mustahil untuk dilakukan oleh semua orang Indonesia.

Mengapa bukan hal yang mustahil untuk kita kuasai? Karena bahasa tetaplah bahasa, dan tidak ada yang berbeda. Bahasa Inggris itu sama dengan bahasa Indonesia dan kita pasti bisa menguasainya. Keyakinan tersebut timbul ketika kami mencoba berpikir mengenai masa bayi dahulu.

Kita menerima bahasa Indonesia saat tidak tahu sama sekali apa itu bahasa, bagaimana struktur, dan konsep penggunaannya. Tetapi coba lihat masa kini, kita bisa menggunakannya bukan? Kita bisa mendengar, membaca, berbicara, dan kemudian menulis dengan baik. Sehingga jika kita ingin mempelajari dan kemudian menguasai bahasa Inggris, maka adopsi sistem yang kita ambil dari pembelajaran bahasa Indonesia selama ini.

3 tips belajar bahasa inggris untuk pemula di bawah ini, kami yakin mampu membantu Anda dengan sangat baik. Selamat membaca, dan kemudian mencobanya.

Terapkan empat tahap alamiah


Belajarlah sama seperti Anda bayi dahulu. Mulailah dengan mendengarkan, berbicara, membaca, dan tahap yang terakhir adalah menulis. Anda bisa mendengarkan teks bahasa Inggris, atau mendengarkan lagu agar lebih menyenangkan lagi.

Kemudian, ungkapkanlah lagu atau teks tersebut di dalam berbicara. Sebagai contoh, Anda suka bernyanyi setelah mendengarkan lagu bahasa Inggris. Maka bernyanyilah karena itu merupakan salah satu konteks dalam berbicara. Tetapi ingat, jangan berusaha menghafal lagu melalui membaca lirik. Kalau Anda melakukan hal itu, maka sama saja telah menyalahi aturan dalam belajar bahasa Inggris.

Membaca ada pada tahap setelah berbicara, jadi bernyanyilah melalui apa yang didengar dan bukan melalui yang dibaca. Setelah lagu dihafal, silakan membaca lirik lagu dan kemudian menulisnya. Belajar bahasa Inggris melalui lagu dengan sistem mendengarkan kemudian berbicara amat menyenangkan, dan patut untuk dicoba.

Temukan partner belajar atau bergabung ke komunitas


Anda sudah belajar listening melalui mendengarkan musik, dan berbicara dengan cara bernyanyi. Saat ini, untuk lebih mengasah kemampuan mendengarkan serta berbicara, Anda bisa mencari seorang teman untuk dijadikan partner belajar. Buatlah semacam strategi belajar dimana Anda berbicara dengannya layaknya orang yang sedang mengobrol. Cara ini banyak dilakukan dan memang membuahkan hasil yang cukup baik. 

Kendati demikian, agar kemampuan Anda berkembang dengan pesat maka bergabunglah ke komunitas bahasa Inggris. Disana Anda bisa belajar banyak mengenai komunikasi dan beragam hal mengangumkan yang membuat kemampuan semakin baik.

Menulis catatan harian dalam bahasa Inggris


Tulislah sebuah catatan mengenai peristiwa-peristiwa yang Anda alami setiap hari. Dengan menulis, maka Anda akan mempelajari kosa kata baru, struktur bahasa, dan langsung mempraktikkannya tanpa banyak teori.

Beberapa orang mungkin tidak suka menulis diary, sehingga cara yang paling tepat mungkin blogging. Menulis di sebuah blog merupakan kegiatan yang menyenangkan dan tentu saja bisa mengasah intelektualitas yang Anda miliki.

Silakan mencoba tiga tips belajar bahasa Inggris untuk pemula di atas, dan semoga Anda bisa berhasil dengan baik.