3 Cara Belajar Grammar Bahasa Inggris yang Efektif

Cara mudah belajar bahasa Inggris – Grammar bahasa Inggris merupakan salah satu hal yang cukup menjengkelkan dalam pembelajaran bahasa. Sehingga, banyak orang yang menetapkan pembelajaran bahasa Inggris tanpa grammar. Semua itu memang sah-sah saja dan tidak ada masalah. Namun bagi kami, grammar merupakan hal penting dalam sebuah pembelajaran bahasa dan tidak boleh dilewatkan begitu saja.

3 Cara Belajar Grammar Bahasa Inggris yang Efektif

Grammar bahasa Inggris sangat diperlukan terutama bagi kita yang memposisikan bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Jika melihat orang Inggris, Amerika, dan Australia menerapkan metode belajar tanpa grammar, tentu saja tidak masalah. Itu karena bahasa inggris di Negara mereka merupakan bahasa asli atau bahasa ibu. Sedangkan bahasa Inggris di Negara kita adalah bahasa asing.

Lalu, bagaimana cara belajar grammar bahasa Inggris yang efektif? Beberapa poin yang kami jelaskan di bawah ini semoga mampu membantu Anda. selamat membaca dan mencoba metode berikut ini.

Sedikit teori langsung aksi


Ketika Anda membaca sebuah artikel mengenai penjelasan tata bahasa, maka jangan terlalu sibuk untuk terus membaca dan menghafal. Bacalah sedikit, kemudian praktikkan, baca lagi, dan praktikkan lagi. Jangan menunggu hingga Anda membaca seluruh artikel namun praktikkan sedikit demi sedikit. Pada intinya, sedikit teori langsung aksi.

Latih kepekaan dengan membaca


Hal penting yang tidak boleh dilewatkan dalam belajar grammar itu bukan hafalan, tetapi sense. Jika sense atau naluri Anda kuat, maka dengan sendirinya grammar Anda akan baik. Serta, pemahaman tersebut akan terus tertanam dalam waktu lama. Sebaliknya jika sangat bergantung pada hafalan, maka Anda akan cepat lupa.

Salah satu teknik membangun sense adalah dengan membaca. Buku-buku bahasa inggris, artikel, surat kabar, majalah, dan novel merupakan perkara wajib yang harus Anda coba dalam rangka meningkatkan sense grammar bahasa Inggris. Dengan terbiasa membaca kalimat bahasa Inggris, maka pemahaman Anda tentang tata bahasa atau grammar akan lebih baik.

Membaca teks bahasa Inggris sama dengan memperkenalkan anda ke dunia baru. Anda akan mempelajari banyak hal mulai dari kosakata, hingga grammar. Ya, ada banyak jenis tata bahasa yang mungkin belum pernah anda temui di dalam sebuah teks bahasa Inggris.

Sebagai contoh, anda belum pernah menemukan bentuk passive voice di dalam materi pembelajaran, kemudian melalui sebuah teks yang ada di Koran, anda menemukan kalimat passive voice tersebut. Awalnya mungkin anda bingung, kemudian anda cari jenis struktur kalimatnya di internet, dan akhirnya ditemukan bahwa itu merupakan passive voice. Ini baru kasus passive voice dan saya yakin ada banyak tata bahasa baru yang bisa anda temui nantinya. 

Bergabunglah ke English zone


English zone atau zona inggris merupakan julukan yang kami berikan untuk komunitas bahasa Inggris. Jika Anda aktif di dalam komunitas ini, maka secara langsung ada banyak peningkatan kemampuan berbahasa tanpa Anda sadari. Peningkatan tersebut bermacam-macam, mulai dari grammar bahasa Inggris, hingga kemampuan mendengar, berbicara, dan menulis.

Mengapa bisa demikian? Karena di tempat tersebut Anda akan mendengar, berbicara, menulis, dan melakukan banyak hal secara konsisten. Efeknya akan sangat signifikan bagi kemampuan berbahasa bukan? Tentu termasuk kemampuan dalam grammar bahasa Inggris.


Bagi sebagian orang, belajar grammar bahasa Inggris merupakan perkara yang membosankan. Kendati demikian, bagaimanapun juga anda harus mempelajari grammar atau tata bahasa apabila ingin menguasai bahasa Inggris dengan baik. Mungkin di luar sana begitu banyak anggapan bahwa belajar bahasa Inggris itu tidak perlu grammar dan kita mampu menguasai bahasa Inggris tanpa mempelajari grammar terlebih dahulu.

Buat kami, grammar merupakan bagian penting. Tanpa grammar, kita tidak bisa bicara dengan akurasi makna yang tepat. Tanpa grammar, kita belum tentu bisa menyimak dengan makna yang benar. Tanpa grammar, tulisan kita mungkin sangat buruk dan dipenuhi oleh kesalahan.

Tetapi kembali kami tekankan bahwa, jangan sampai ketakutan kita terhadap grammar, membuat kita enggan untuk berbicara, membaca, dan menulis dalam bahasa Inggris. Pelajari grammar, namun jangan dibebankan dan dibuat sebagai hal-hal yang menakutkan.

Selamat mencoba 3 Cara Belajar Grammar Bahasa Inggris yang Efektif di atas. 
 

ADD YOUR COMMENT