4 Contoh Memo dalam Bahasa Inggris Terbaru

Posted on

Cara mudah belajar bahasa Inggris – Contoh memo dalam bahasa Inggris banyak kita temui dalam berbagai kesempatan, dan pembelajaran di dalam kelas. Memo merupakan kependekan dari memorandum yang ditulis dalam rangka menginformasikan segala perubahan, pengenalan aturan baru, pemberhentian karyawan, dan surat perintah yang singkat.

 

Contoh memo dalam bahasa Inggris memang mutlak diperlukan oleh siswa. Selain berguna untuk memperluas pemahaman mengenai bahasa Inggris, memo juga data digunakan ketika mereka bergaul atau bersosialisasi di dunia nyata. Di bawah ini, kami memberikan beberapa contoh memo dalam bahasa Inggris yang bisa anda aplikasikan secara langsung dalam kehidupan nyata, atau hanya digunakan dalam rangka belajar membuat memo.

Contoh memo dalam bahasa Inggris di sekolah

 

Sebagai contoh, anda adalah seorang kepala sekolah yang ingin memberitahukan kepada staf TU anda mengenai sebuah perintah. Namun, staf anda tersebut tidak masuk dan anda harus pergi selama satu minggu keluar kota. Contoh memo dalam bahasa Inggris berikut ini akan memberikan sistematika penulisan memo dengan kategori persoalan di atas.

 

To : Ali Zafran, S.Pd.

From : Muhammad Genta, M.Pd.

Date : June 21st, 2013

Subject : Data of School Budget Plan

 

In the next three weeks, we will make a special meeting with the parents. The meeting will discuss the plan management for the school budget. We must give a correct understanding of the funds in details. It is a must because the funds will be used for a school construction. I personally hope you can make the data in detail. Your data is based on the financial report for the last six months.

Contoh memo dalam bahasa Inggris di kantor

 

Sebagai contoh, anda adalah seorang manajer di sebuah perusahaan penjualan handphone dan elektronik. Saat ini, anda akan menulis sebuah memo yang ditujukan kepada semua karyawan. Isi memo tersebut adalah permintaan kepada seluruh bawahan anda dalam rangka menghadiri acara perpisahan dari salah satu anggota staf.

 

Inspire Electronics Center

Jakarta, Indonesia

Official memo

 

To: All Employees

From: Muhammad Lutfi, Manager

Date: June 21st, 2013

Subject: Farewell Ceremony

 

It is used to tell you all that the farewell ceremony in honor of Aldi Dafian, Assistant Manager, will be held at 07:00 PM on June 25, 2013. All people in this company are required to attend the ceremony.

Contoh memo dalam bahasa Inggris di Universitas

 

Anda berperan sebagai seorang dosen yang akan memberikan kuliah tambahan. Kendati demikian, semua siswa belum mengetahui hal ini dan anda meminta seseorang untuk menyampaikan sebuah memo kepada ketua di kelas yang akan mendapatkan kuliah tambahan.

 

To : Randika Satria

From : Prof. Dr. Muhammad Aldin, M.Pd.

Date : June 21st, 2013

Subject : Additional Class of Psycholinguistics

 

In Saturday morning exactly at 7.30 A.M., we will hold an additional class for a psycholinguistics because your material in preparing for the final examination is not fulfilled enough. Tell your friend and enjoy my class.

Contoh memo dalam bahasa Inggris di dalam sistem pemerintahan

 

Anda adalah seorang gubernur yang ingin memberika peringatan kepada walikota mengenai pengaturan tata kota di sebuah wilayah. Anda merasa bahwa wilayah tersebut mendapatkan tata kota yang sangat buruk sehingga memberikan penurunan citra kebersihan terhadap provinsi yang anda pimpin. Berikut ini adalah contoh memo dalam bahasa Inggris di dalam sistem pemerintahan.

Regional Development

City …, Province …..

Official Memo

To: Andre Suherman

From: Ali Emigrants

Date: June 21st, 2013

Subject: City Structure

We as a central government saw many things gone wrong with the urban planning in your area. One of the things we look is the cleanliness that does not get better over time. If this continues to happen, you will get a serious sanction from us.

 

We hope that the arrangement of the city in your area can be properly managed as soon as possible. It is instructed in order to make the city appears beautifully and enhance the capabilities of the province in terms of cleanliness.

Itulah 4 Contoh Memo dalam Bahasa Inggris Terbaru yang bisa anda terapkan di dalam pembelajaran bahasa Inggris. Semoga membantu.