8 Aturan Penulisan Angka dalam Kalimat dari Dailywritingtips.Com

loading...

8 Aturan Penulisan Angka dalam Kalimat dari Dailywritingtips.Com – Artikel ini saya buat berdasarkan apa yang ditulis oleh Michael (kontributor di dailywritingtips.com) mengenai aturan dalam penulisan angka. Tentunya, kita sering bingung bagaimana mengekspresikan angka ketika menulis.

Kapan kita harus menulis 9 dan kapan kita harus menulis menggunakan nine? Nah, mari simak pembahasan-pembahasan berikut ini untuk mengetahui secara lebih detail rules nya. 🙂

1. Spell small numbers out

Maksudnya adalah nomor-nomor kecil yang kurang dari 10 harus ditulis menggunakan kata-kata, bukan angka. Contohnya: Two birds are flying, bukan 2 birds are flying.

2. One word is written out; two words are figured out

Meskipun nomor yang ada di atas 10, namun jika masih dalam satu kata, maka masih bisa ditulis menggunakan huruf. Contoh: eleven, thirteen, twenty, thirty, fifty, dan twelve.

Sementara itu, angka yang jika ditulis terdiri dari dua kata, baru harus ditulis menggunakan angka. Contoh: I have only 35 spoons at home.

Jika 35 ditulis, maka ia terdiri dari dua kata, yaitu thirty-five.

3. Using the coma

Dalam bahasa Inggris, tanda koma digunakan untuk memisahkan angka ribuan, sementara tanda titik dipakai untuk memisahkan desimal. Jadi untuk menulis 451984, Anda harus menggunakan koma setelah angka satu, menjadi, 451,984.

4. Don’t start a sentence with a numeral

Mulailah kalimat dengan kata, bukan angka. Kemudian, bagaimana jika kita harus menulisnya menggunakan angka, karena jumlahnya besar?

Michael menyarankan bahwa Anda harus belajar menulis ulang sebuah kalimat. Contohnya: “200,000 tickets were sold today.”, maka ubahlah menjadi, “Fans bought 200,000 tickets today.”

Advertisement

5. Centuries should be spelled out

Gunakanlah nineteenth century (abad kesembilan belas) atau twenty-first century (abad kedua puluh) ketika Anda ingin menulis abad.

6. Percentages and recipes

Dalam penulisan sehari-hari, baik itu dalam presentase ataupun resep, Anda bisa menggunakan angka. Misalnya 5% of the people dan add 5 cups of milk.

Sementara itu dalam lingkup formal, gunakanlah penulisan ‘5 percent’ bukan ‘5%’.

7. If the number is rounded or estimated, spell it out

Ketika angka (lebih dari satu juta) merupakan pembulatan atau estimasi semata, maka tulislah dengan gaya campuran, misalnya 100,000,000 menjadi 100 million.

Kita juga biasa menggunakan cara tersebut dalam bahasa Indonesia. Angka yang seharusnya 4.000.000 dapat kita singkat menjadi 4 juta.

8. Consistency

Jadilah seorang yang konsisten pada kalimat yang sama. Contoh: They have 23 tennis balls and they also have 15 soccer balls.

Meskipun 15 bisa ditulis menggunakan fifteen, namun karena adanya aturan konsistensi, maka simbolkan menggunakan angka.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *