11 Idiom Bahasa Inggris yang Menggunakan Kata “Head” di Dalamnya  

loading...

Sepertinya, di minggu pagi ini merupakan saat yang tepat untuk menulis tentang idiom. Saat ini, saya memilih berbagai macam idiom yang mempunyai atau menggunakan kata head di dalamnya. Secara umum, idiom ini digunakan secara rutin pada saat berbicara dan menulis di bahasa Inggris.

Ok, silakan simak ke duabelas idiom berikut ini. Semoga bermanfaat.

1. Always keep my head

Artinya saya tidak akan kehilangan control terhadap emosi. Contoh kalimat: I can always keep my head except I met an annoying person like you. (Saya selalu dapat mengontrol emosi kecuali saya bertemu dengan orang yang mengesalkan sepertimu.)

2. Never entered my head

Artinya saya tidak akan pernah memikirkan hal itu. Contoh kalimat: He said that I stole his money. He needed to know that stealing never entered my head. (Dia bilang bahwa saya mencuri uangnya. Dia perlu tahu bahwa mencuri tidak pernah terlintas di pikiranku.)

3. Brought matters to a head

Artinya saya yakin bahwa sesuatu harus diputuskan. Contoh kalimat: When his father told her the problem, she brought matters to a head last night. (Ketika ayahnya menceritakan masalah tersebut, dia berkeyakinan bahwa sesuatu harus diputuskan.)

4. My head is in the clouds

Artinya saya bukan orang yang berpikir secara praktis dan taktis. Contoh kalimat: I think I can’t be a successful entrepreneur, because my head is in the clouds. (Saya merasa saya tidak bisa menjadi pengusaha yang sukses, karena saya bukanlah orang yang berpikir praktis.)

Advertisement

5. Can’t make head or tail of this

Artinya tidak mengerti secara keseluruhan. Contoh kalimat: I couldn’t make head or tail of this because you didn’t explain me well. (Saya tidak mengerti hal ini secara menyeluruh karena kamu tidak menjelaskannya dengan baik.)

6. In way over my head

Artinya terlibat terlalu jauh sehingga tidak bisa lagi dikontrol. Contoh kalimat: When my son was young he used to drink alcohol and he was in way over my head. (Ketika anak laki-laki saya masih muda, dia terbiasa minum alcohol dan dia tidak bisa lagi saya kendalikan.)

7. Could do it standing on my head

Artinya dapat melakukan sesuatu dengan sangat mudah. Contoh kalimat: I could do this math question standing on my head. (Saya bisa menyelesaikan soal matematika ini dengan sangat mudah.)

8. Off the head

Artinya dia sedang tidak sadar misalnya karena mabuk akibat minuman. Contoh kalimat: Don’t talk to him. He’s off his head. (Jangan berbicara padanya. Dia sedang mabuk.)

9. Like to keep the head down

Artinya dia tidak ingin menarik perhatian atau bisa dibilang sebagai rendah hati. Contoh kalimat: He likes to keep his head down rather than show his wealth off. (Dia suka menundukkan kepalanya (rendah hati) dibandingkan memamerkan kekayaanya.)

10. Still scratching the head over the results

Maksudnya masih menerka-nerka atau berusaha mengerti akan sesuatu. Contoh kalimat: When my friend has already understood what our teacher means, I still scratching my head over the results. (Ketika teman saya sudah mengerti apa yang dimaksud oleh guru kami, saya masih menerka-nerka.)

11. That joke just went over my head

Maksudnya tidak mengerti candaan apa yang sedang dilontarkan. Contoh kalimat: I have no reason to laugh, because your joke just went over my head. (Saya tidak mempunyai alasan untuk tertawa, karena candaanmu masih belum saya mengerti.)

Bagaimana? Sudah bertambah bukan pengetahuan Anda? 🙂

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *