8 Strategi Luar Biasa Untuk Meningkatkan Penguasaan Bahasa Inggris Secara Pesat

loading...

Mempunyai peningkatan kemampuan secara pesat tentu saja merupakan keinginan banyak pembelajar bahasa Inggris. Kendati demikian, sebagian besar dari kita masih menggunakan cara-cara konvensional serta enggan membaca tips-tips keren dari berbagai sumber untuk memperdalam serta memperluas teknik.

Nah, selagi Anda berkunjung di website saya ini, Anda bisa memperbanyak strategi mempercepat penguasaan bahasa Inggris yang pastinya berkualitas dan terbukti!

Ingin tahu apa saja strategi tersebut? Ini dia 8 strategi dahsyatnya.

1. Speak More

Mengumpulkan keberanian serta kepercayaan diri untuk berbicara bahasa Inggris, apalagi di depan orang banyak, memang bukan sesuatu yang mudah. Oleh karena itu, tidak perlu Anda kumpulkan keberanian tersebut alias langsung saja berbicara!

Gunakan spontanitas Anda dan tidak perlu menunggu lama lagi. Cobalah untuk berbicara selama dua menit di kelas pertama Anda. Kemudian tingkatkan menjadi lima menit di kelas berikutnya, dan lakukan lebih lama lagi, misalnya 10 menit di kelas-kelas selanjutnya.

Semakin Anda membiasakan diri untuk berbicara bahasa Inggris, maka semakin Anda bisa! Jangan terlalu banyak berpikir, semakin berpikir, semakin Anda takut. Coba secara spontan.

2. Stop Mentranslate Setiap Kata

Mulailah menangkap ide dari setiap kalimat yang Anda dengar. Jika berfokus pada mengartikan kata satu demi satu, maka Anda akan kehabisan waktu.

Oke, bagaimana Anda mampu menangkap ide? Biasakan diri untuk mendengar seorang native speaker berbicara bahasa Inggris dan perbanyak pembendaharaan kosakata Anda.

Melalui pembiasaan dan pengenalan kosakata yang lebih masif, maka sangat dimungkinkan Anda berada di taraf komunikasi yang baik. Tidak sekedar mengartikan kata, namun sudah menangkap ide.

3. Train Your Ears

Seperti yang sudah saya tulis di poin ketiga, biasakan telinga Anda. Dengarkan lagu, film, dan percakapan bahasa Inggris sebanyak dan seefektif mungkin. Efektif disini maksudnya adalah apa yang Anda dengar itu tidak hanya sekedar lewat di telinga, namun idenya telah Anda dapatkan.

4. Don’t Be Afraid to Make Mistakes

Kita mungkin sering berada di situasi berikut:

  • Berpikir bahwa di sebuah kelas atau klub bahasa Inggris, orang lain akan mentertawakan atau paling tidak mencibir kemampuan speaking kita yang abal-abal.
  • Kita mempunyai kemampuan grammar yang baik namun masih berjuang sangat-sangat keras untuk berani bercakap-cakap menggunakan bahasa Inggris.
  • Takut dan tidak percaya diri apabila harus berkomunikasi dengan orang yang kemampuannya lebih baik dari kita.
Advertisement

Hentikan ketakutan itu. Buat diri Anda lebih rileks dan berhenti menebak-nebak mengenai apa yang akan terjadi. Fokus ke action.

Percayalah, setiap orang membuat kesalahan. Tidak ada pembelajar yang sempurna. Kalau Anda tetap takut, Anda memang terhindar dari kesalahan. Tetapi itu berarti Anda mati. Anda tidak mendapatkan apa-apa dan jangan bermimpi menjadi penutur bahasa yang lihai!

5. Keep Trying

Bagaimana seorang Cristiano Ronaldo atau Lionel Messi mampu menemukan kemampuan “magis” dalam mengolah bola? Jawabannya practice a lot. Mereka melatih diri selama bertahun-tahun secara konsisten. Keduanya terus mencoba. Ketika mereka jatuh, mereka bangkit kembali dengan segera.

Bayangkan apabila pesepakbola tersebut mudah menyerah. Tentu saja hari ini, gelar seorang maestro sepak bola sudah jatuh ke tangan orang lain. Kemudian, apa yang terjadi jika mereka berhenti latihan? Pastinya baik Ronaldo maupun Messi akan kehilangan kebugarannya, ketajamannya membobol gawang lawan, dan mereka disebut sebagai pesepakbola tumpul!

Begitu juga dengan kita, siswa bahasa Inggris. Untuk menjadi seorang expert, diperlukan kerja keras dan latihan. Kalau sudah berada di kemampuan yang cukup tinggi, jangan pernah berhenti. Buat diri Anda semakin haus dan tetap belatih serta mencari ilmu-ilmu selanjutnya.

6. Gunakan Catatan Kecil Anda

Tulis hal-hal yang Anda dapatkan dan Anda pikir itu penting. Mungkin Anda punya smartphone, tablet, atau phablet, tetapi ketiganya menurut saya masih kurang kuat pengaruhnya. Cobalah membiasakan diri Anda banyak menulis dengan benar-benar mengandalkan pulpen serta buku kecil dan lihat dampaknya!

7. Set Your Goals

Untuk apa Anda belajar bahasa Inggris? Mau lancar berbicara? Dituntut oleh atasan bahwa Anda harus bisa berbahasa Inggris? Ingin keliling Eropa? Ingin bergabung ke Universitas di luar negeri?

Anda belajar bahasa Inggris tentunya punya goals atau target. Ingat terus goals itu. Jadikan sebagai motivasi di kala sedih dan pengingat untuk terus lebih baik lagi di kala gembira. Dengan adanya goals, program pembelajaran kita menjadi lebih terarah dan tidak hanya belajar secara membabi buta.

Set your goals!

8. Try something new

Sudah bertahun-tahun belajar bahasa Inggris dengan sistem yang sama, dengan ruang lingkup yang itu-itu saja, dan bahkan dengan guru yang sama? Anda perlu ini:

  • Ambil kelas bahasa Inggris online
  • Menonton channel-channel pembelajaran bahasa Inggris di Youtube
  • Mencoba mengambil kelas dari guru yang berbeda
  • Ikut program pertukaran pelajar ke luar negeri
  • Cari teman-teman baru yang bisa diajak bercakap-cakap baik itu dari dunia online maupun offline

Terapkan 8 strategi di atas, dan Anda akan mendapatkan pembuktian kualitas. 🙂

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *