Pengertian, Contoh, dan Daftar Stative Verb dan Artinya

loading...

Stative Verb merupakan kata kerja yang menyatakan keadaan atau kondisi. Dia berbeda dengan action verb yang berfokus pada tindakan dari subjek. Contoh dari stative verb misalnya adalah taste dalam kalimat this food tastes delicious.

Kalimat tersebut mengungkapkan rasa dari suatu makanan. Artinya, kata kerja taste berfungsi untuk menyatakan suatu keadaan mengenai makanan tersebut. Ia bukan kata kerja yang terkait dengan action seperti work, talk, write, read, call, dan sebagainya.

Apa contoh lain dari stative verb? Saya ambil look yang artinya tampak atau terlihat. Contoh kalimatnya adalah She looks beautiful. Kalimat tersebut juga menjelaskan suatu keadaan dimana kata kerja look digunakan untuk menjelaskan bagaimana keadaan dari si subjek.

Kemudian, selain berfungsi untuk menjelaskan suatu keadaan, maka stative verb ini juga biasanya tidak digunakan pada kalimat dengan tenses continuous. Saya ambil studi kasus pada kalimat pertama, this food tastes delicious (makanan ini terasa lezat) tentu saja tidak bisa apabila kita mengubahnya menjadi this food tasting delicious (makanan ini sedang terasa lezat).

Di kalimat kedua juga begitu, kata she looks beautiful (dia terlihat cantik) apabila diubah menjadi present continuous maka akan menjadi she is looking beautiful (dia sedang tampak cantik), tentu tidak sinkron bukan artinya?

Advertisement

Daftar Stative Verb

Ingin tahu apa saja daftar stative verb dalam bahasa Inggris? Tabel di bawah ini bisa memberikan jawaban kepada Anda.

[table id=50 /]

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *