Ini Dia 4 Ciri Beasiswa Palsu!

Dewasa ini, informasi mengenai beasiswa semakin banyak dimana internet yang merupakan media terluas serta sangat mudah dijangkau, telah digunakan secara besar-besaran untuk menyebarkan informasi beasiswa.

Akses internet yang semakin mudah dan belum adanya filter konten, membuat beragam informasi beasiswa tersebar dengan cepat, termasuk informasi beasiswa palsu. Pertanyaannya, jika beasiswa tersebut palsu, bagaimana kita mampu mengetahuinya?

Setidaknya ada 4 ciri umum yang bisa Anda kenali, dan menjadi penguat dugaan bahwa beasiswa itu adalah palsu atau scam.

Pelamar diminta membayar. Hampir sama dengan tindakan penipuan undian berhadiah. Pelamar diminta untuk membayar sejumlah uang, kemudian si penipu menjanjikan berbagai beasiswa dengan fasilitas lengkap. Tentu saja, ketika pelamar membayar uang, maka beasiswa yang dijanjikan kosong alias hanya penipuan belaka.

Perlu ditekankan, bahwa beasiswa adalah pemberian sejumlah fasilitas misalnya uang pendidikan kepada si peserta. Sehingga amat tidak mungkin apabila sebuah institusi ingin memberikan uang, tetapi malah meminta uang masuk terlebih dahulu.

Advertisement

Alamat yang tidak jelas. Sebelum Anda mendaftar suatu beasiswa, terlebih dahulu ikuti alamat beasiswa tersebut. Cek alamat website, email, nomor telepon, dan periksa juga keberadaan alamat offline dari si pemberi beasiswa. Salah satu dugaan kuat bahwa beasiswa tersebut adalah palsu, yaitu ketika alamat website yang diberikan tidaklah valid, misalnya masih menggunakan subdomain gratis .blogspot.com, .wordpress.com, dan sebagainya. Coba Anda pikirkan menggunakan logika, alangkah tidak mungkin beasiswa yang bernilai nominal besar tetapi masih diurus dengan website gratisan.

Mengecek alamat offline bisa dilakukan menggunakan mesin pencari Google. Jika memang alamat dengan nama tempatnya benar, cek lagi apakah tempat tersebut memang akan memberikan beasiswa atau tidak. Gali terus informasinya melalui internet hingga Anda benar-benar yakin.

Kurang mempunyai reputasi. Institusi yang kurang memiliki reputasi baik di dunia online maupun offline alangkah baiknya kita hindari. Ini semata-mata untuk menjaga diri Anda dari potensi penipuan. Yakinlah bahwa di luar sana masih banyak beasiswa dari Universitas terkemuka yang siap menemukan Anda.

Memberikan jaminan lolos. Terkadang beasiswa memang mempunyai kompetisi yang kecil sehingga memberikan Anda peluang lolos yang besar. Kendati demikian, tidak ada sejarahnya ketika sebuah lembaga yang memberikan beasiswa, kemudian menjamin Anda bisa mendapatkan beasiswa tersebut dengan mudah. Ketika Anda diiming-imingi kelulusan dalam meraih beasiswa, jangan pernah percaya sekalipun.

Itulah empat info yang saya peroleh dari www.beasiswapascasarjana.com. Semoga bermanfaat. 🙂

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *