Perbedaan Antara Study dan Learn Secara Singkat

Study dan learn merupakan satu dari sekian banyak jenis kata kerja bahasa Inggris yang mempunyai makna serupa. Meskipun serupa, namun secara mendalam kedua kata kerja ini tetap mempunyai perbedaan, bahkan perbedaannya bisa dikatakan cukup besar.

Study adalah mempelajari, misalnya mempelajari sejarah, menghafal rumus matematika, menghafal angka, dan mempelajari biologi.

Sementara itu, learn bukan sekedar mempelajari, learn adalah aktivitas untuk mendapatkan kemampuan.

Misalkan, ada dua orang bernama Joni dan Jono. Keduanya ingin belajar mengemudi. Joni menghabiskan waktu untuk mempelajari sistem mengemudi yang baik. Ia membeli buku kursus mengemudi, kemudian menghafalkan aturan-aturan mengemudi. Dari buku, ia juga menghafalkan dimana letak rem, gas, bagaimana menyalakan lampu, dimana letak klakson mobil, dan sebagainya. Dalam konteks ini, Joni study!

Advertisement

Sedangkan Jono tanpa basa basi langsung meminjam mobil ayahnya. Ia bersama ayahnya pergi ke lapangan, Jono berperan sebagai supir. Secara langsung Jono mengemudikan mobilnya, dan dengan praktek ia mengetahui bagaimana menghidupkan klakson, menjalankan gas, mengoper gigi, dan membelokkan mobil ke kanan dan ke kiri. 1 bulan kemudian, Jono bisa mengemudi dengan lancar di jalan raya. Dalam hal ini, Jono learn!

Kenapa Joni study? Karena dia hanya mempelajari tanpa mendapatkan kemampuan mengemudi. Ia hanya belajar melalui buku, dan hanya secara teori. Sementara Jono langsung praktek dan ia mendapatkan kemampuan mengemudi.

Jadi, sudah tahu kan perbedaan antara study dan learn? 😀

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *