C-O-N-G-R-A-T-U-L-A-T-I-O-N, Game Untuk Melatih Kerjasama dan Kecepatan

Saya sudah mencoba memberikan Anda referensi Games untuk meningkatkan kosakata, kali ini, game yang saya berikan juga mampu meningkatkan kualitas kosakata yang dimiliki oleh siswa. Game tersebut bernama C-O-N-G-R-A-T-U-L-A-T-I-O-N. Bagaimana caranya? Ikuti panduannya melalui artikel berikut ini.

  1. Bagi siswa ke dalam kelompok yang masing-masing beranggotakan empat orang (Terserah Anda).
  2. Bawa siswa keluar kelas dan pisahkan masing-masing kelompok.
  3. Sediakan papan tulis kecil jauh di depan siswa.
  4. Setiap anggota kelompok sesuai gilirannya akan berlari ke depan untuk menuliskan lima kata yang diawali dengan huruf di kata C-O-N-G-R-A-T-U-L-A-T-I-O-N.
  5. Siswa pertama dari setiap kelompok berlari ke papan tulis menuliskan kata yang diawali dari huruf C. Kemudian ia kembali berlari ke kelompoknya, memberikan spidol, dan siswa kedua berlari ke papan tulis untuk menuliskan kata yang diawali oleh huruf O. Lakukan secara berkelanjutan hingga mencapai huruf N di akhir kata.
Advertisement
  1. Kelompok yang tercepat menuliskan kata-kata di papan tulis adalah yang menang.
  2. Guru harus memastikan tidak ada kata yang sama atau ditulis dua kali oleh siswa. Misalnya ada huruf O. Siswa dari kelompok pertama menulis kata Organization. Kemudian ada siswa dari kelompok kedua yang mencoba menulis Organization. Namun, siswa kelompok pertama menulis terlebih dahulu kata tersebut, maka siswa dari kelompok kedua tidak boleh lagi menulisnya dan harus mengganti dengan kata yang lain.
  3. So, siswa dari kelompok kedua tersebut harus mengganti kosakata bukan? Teman satu kelompoknya harus membantu siswa tersebut. Salah seorang teman harus lari ke papan tulis kemudian membisikkan kosakata baru. Inilah yang dinamakan kerjasama tim.

Selamat mencoba dan Semoga berhasil. 😀

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *