Tingkatkan Kemampuan Siswa dalam Membuat Kalimat dengan Game Ini!

loading...

Setelah sebelumnya, saya memberikan sebuah referensi permainan yang menekankan pada kreatifitas serta peningkatan kosakata siswa. Kali ini permainan yang saya cantumkan digunakan secara khusus untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membuat kalimat serta tentunya melibatkan grammar.

Bagaimana tekniknya? Coba ikuti tahap-tahap pelaksanaannya berikut ini:

  1. Sediakan tiga buah kotak karton atau anda bisa mengganti kotak karton tersebut dengan topi, gelas, dan beragam benda lain yang bisa digunakan untuk menaruh lipatan kertas.
  2. Berikan masing-masing kotak sebuah nama. Gunakan nama: Pronoun pada kotak pertama. Gunakan nama: tenses pada kotak kedua dan gunakan nama: Kalimat negatif dan positif pada kotak yang ketiga.
  3. Setiap kotak, isi dengan gulungan kertas. Kotak pertama, pronoun berisi gulungan kertas dengan masing-masing bertuliskan I, We, You, They, She, He, It. Kotak kedua, tenses berisi gulungan kertas dengan masing-masing bertuliskan simple present tense, past tense, future tense, dan tenses lainnya. Sedangkan, pada kotak ketiga, buat dua gulungan kertas dengan masing-masing berisi tulisan kalimat negatif dan kalimat positif.
Advertisement
  1. Siapkan satu buah spidol kemudian oper ke salah seorang siswa. Hitung mulai dari satu hingga lima dan selagi Anda menghitung, siswa terus mengoper spidol tersebut kepada teman di sebelahnya. Pada hitungan kelima, spidol diberhentikan.
    Siswa yang memegang spidol di hitungan terakhir harus maju ke depan kemudian mengambil salah satu gulungan kertas pada setiap kotak.
  2. Misalkan pada kotak pertama, ia mendapatkan gulungan bertuliskan They, pada kotak kedua ia mendapatkan gulungan simple present tense, dan pada gulungan ketiga ia mendapatkan tulisan kalimat positif. Maka siswa tersebut harus membuat kalimat di papan tulis berdasarkan gulungan-gulungan yang ia ambil. Jika diurutkan, maka kalimatnya bisa menjadi: They speak English (Menggunakan pronoun they, menggunakan simple present tense, serta berkalimat positif.)

Oke, sekian permainan singkatnya, selamat mencoba. 😀

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *