Games Untuk Meningkatkan Kecepatan Berpikir dan Kosakata Siswa

Belajar bahasa Inggris melalui games memang begitu menarik. Games memberikan siswa sebuah semangat untuk terus belajar hingga detik terakhir. Menyediakan sebuah permainan juga tidak harus repot, misalnya kita harus menyediakan berbagai macam alat seperti plastik, karton, kertas berwarna, dan sebagainya.

Saat Anda sebagai guru masih bingung games sederhana apa yang harus digunakan, saya mengambil ide dari eslcafe.com dan membagi dua games berikut ini. Semoga memberikan keluasan wawasan bagi Anda.

Around The Circle

Permainan yang satu ini dapat dijalankan dengan begitu sederhana, fleksibel untuk semua umur, dan tentu saja tanpa alat apapun. Di bawah ini, saya praktikkan untuk siswa dengan level SMP.

  1. Pertama, atur kursi membentuk lingkaran dimana Anda sebagai guru juga ikut berada di lingkaran tersebut.
  2. Katakan “I like tomato and apple” sambil menggambarkan sebuah Apel menggunakan tangan Anda.
  3. Siswa di samping Anda kemudian melanjutkan dengan kalimat “I like apple” dan menambahkan satu buah baru misalnya banana, maka ia mengatakan “I like apple and banana” sambil menggambarkan sebuah Pisang menggunakan tangannya.
Advertisement
  1. Siswa ketiga kemudian berkata “I like banana” dan menambahkan buah baru lagi, misalnya grape. Maka siswa ketiga tersebut mengucapkan “I like banana and grape” sambil menggambarkan sebuah anggur menggunakan tangannya.
  2. Peraturan singkatnya adalah setiap siswa mengucapkan buah nomor dua yang telah diucapkan siswa sebelumnya dan menambahkan dengan buah baru sesuai dengan keinginannya. Ia juga menggunakan gesture tubuh untuk menggambarkan buah terbaru yang ia ucapkan.
  3. Kalimat tersebut terus berlanjut sampai siswa kehabisan kosakata buah. Siswa yang kehabisan kosakata akan dihukum misalnya dengan bernyanyi.

Games tersebut mengajarkan siswa untuk terus berkonsentrasi untuk mengingat, memperbaharui kosakata, dan meningkatkan kecepatan serta koordinasi berpikir.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *