Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris dengan Membaca

loading...

Kemampuan berbahasa inggris, sering dikedepankan hanya pada berbicara dan menulis semata. Padahal, membaca adalah besar manfaatnya bagi peningkatan kemampuan. Memperkaya diri melalui bacaan, bisa membuat kita menuai banyak manfaat antara lain yaitu:

 

Memperkaya Kosakata

 

Jelas ini merupakan poin utama. Dari sekian banyak kosakata, kecil kemungkinan kita mengetahui semua artinya. Pastilah ada beberapa kosakata yang tidak kita ketahui sama sekali. So, kita akan menebak arti atau langsung buka kamus. Itulah mengapa pembendaharaan kosakata bisa semakin banyak.

 

Mendapatkan Pemahaman Tentang Struktur Bahasa

 

Dari membaca, kita paham bagaimana sebuah kalimat dibentuk, dimana objek diletakkan, apa saja kata kerja be yang tepat, bagaimana tanda koma dan tanda apostrof digunakan, dan masih banyak lagi.

 

Pengetahuan-pengetahuan tentang struktur kebahasaan tersebut bisa kita pelajari dan pahami melalui membaca. Ketika setiap hari minimal ada satu artikel bahasa Inggris yang kita amati, maka otak akan semakin familiar terhadap cara kerja atau sistem bahasa Inggris itu sendiri.

Advertisement

Tulisan Kita Menjadi Lebih Bagus

 

Bayangkan bahwa Anda sudah mempunyai kosakata dalam varian yang besar, kemudian pemahaman mengenai struktur bahasa sedikit demi sedikit telah didapat. Tentu saja kegiatan menulis akan semakin mudah dan cepat.

 

Contohnya adalah kalimat “you can easily find the wonderful thing in your own life.” Ketika tidak membiasakan diri untuk membaca, mungkin kita tidak familiar bahwa kata easily bisa diletakkan di tengah frase kata kerja.

 

Saya juga banyak mendapatkan struktur kalimat baru dan indah dari kegiatan membaca. Seperti yang saya tulis tadi, bahwa memperkaya diri dengan bacaan bisa membuat kita mengetahui struktur kalimat serta bagaimana menciptakan kalimat yang baik. Tanpa membaca, maka kalimat-kalimat tulisan bahasa inggris kita bisa sangat kaku dan kurang menarik.

 

Meningkatkan Kualitas Speaking

 

Melalui pengetahuan tentang variasi kosakata, ilmu, dan struktur kebahasaan yang kita dapatkan, maka pasti kualitas kita dalam berbicara akan lebih baik. Buktikan saja dengan studi kasus mudah yaitu: Anda tidak pernah membaca tentang Geografi, kemudian diharuskan untuk menjelaskan makna Geografi secara lisan, tentu sulit bukan?

 

Begitu pula dengan berbahasa, banyak membaca akan memudahkan untuk berbicara dan juga meningkatkan kualitas pembicaraan yang keluar dari mulut kita.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *