3 Game Bahasa Inggris Menarik yang Harus Dicoba

Cara mudah belajar bahasa Inggris – Game bahasa Inggris adalah komponen penting dalam pembelajaran bahasa Inggris itu sendiri. Menggunakan game atau permainan di pembelajaran bahasa Inggris, siswa akan mendapatkan ketertarikan tersendiri dalam belajar. Lebih jauh, game memang dianggap begitu signifikan pengaruhnya untuk meningkatkan minat serta motivasi siswa untuk belajar bahasa Inggris.
 
Tidak mengherankan apabila siswa cenderung enggan untuk belajar bahasa Inggris secara langsung. Serta, merasa begitu semangat apabila guru menggunakan game sebagai media pembelajaran. Untuk referensi mengenai game sendiri, seorang guru bisa mendapatkan rujukan melalui banyak situs pembelajaran bahasa Inggris baik luar maupun dalam negeri. Kami juga ingin berbagi kepada Anda mengenai game bahasa Inggris menarik yang mampu melatih setiap skill atau kemampuan dalam berbahasa Inggris. Silakan temukan pada daftar berikut ini.

Proceed your Sentence

 
Cara memainkan game ini sangat mudah dan secara khusus permainan ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan mendengarkan seorang siswa. Ini merupakan game dimana siswa meneruskan kata atau kalimat yang dibisikkan secara terus-menerus. Sangat layak untuk dicoba dalam level pendidikan apapun. Sebagai seorang guru, Anda hanya dharuskan untuk menyesuaikan dengan kemampuan siswa pada setiap tingkatan pendidikannya. Ok, akan kami deskripsikan langkah-langkahnya berikut ini.
 
  1. Bagi siswa menjadi beberapa kelompok dan setiap kelompok beranggotakan 5 orang.
  2. Siapkan kata-kata yang akan diberikan kepada siswa dalam ingatan Anda.
  3. Tentukan nomor urutan siswa. Artinya, terdapat siswa pertama, kedua, ketiga, keempat, dan kelima.
  4. Bisikkan kalimat atau frase kata kepada siswa pertama. Namun lakukan terlebih dahulu pada satu kelompok agar Anda mudah mengawasinya.  
  5. Suruh siswa pertama untuk membisikkan kata yang Anda bisikkan tadi ke siswa kedua, kemudian siswa kedua melanjutkan ke siswa ketiga, siswa ketiga ke siswa keempat, dan siswa keempat ke siswa kelima.
  6. Instruksikan siswa kelima untuk menyebutkan kata yang telah dibisikkan tadi dan catat kata tersebut.
  7. Lakukan prosedur tersebut secara terus-menerus pada setiap kelompok. Lalu, siswa kelima yang mempunyai kata-kata paling mirip dengan kata awal yang Anda berikan, maka kelompoknya menjadi pemenang.
 
Advertisement
 

A Creative Story

 
Game yang satu ini sepertinya biasa Anda lihat dimana guru akan membacakan sebuah cerita, kemudian siswa meneruskannya dengan imajinasi mereka. Siswa yang tidak mampu melanjutkan cerita tersebut, maka ia akan mendapatkan hukumannya. Dibuat secara khusus untuk melatih nalar seorang siswa dan kemampuan berbicara menggunakan bahasa Inggris. Bagaimana prosedurnya? Silakan Anda simak langkah-langkah berikut ini.
 
  1. Siapkan satu buah spidol sebagai alat penentu giliran siswa.
  2. Ceritakan sebuah kisah yang populer misalnya Cinderella atau pinokio namun hanya bagian awalnya saja serta putus cerita Anda pada bagian-bagian yang diinginkan.
  3. Serahkan satu buah spidol kepada seorang siswa dan berikan ia instruksi agar terus mengoper spidol tersebut ke temannya sembari Anda menghitung.
  4. Pada hitungan yang kelima maka siswa diinstruksikan untuk berhenti mengoper spidol.
  5. Siswa terakhir yang mendapatkan spidol tersebut harus melanjutkan cerita sesuai dengan imajinasinya. Cerita yang ia lanjutkan tentu saja tidak terlalu banyak, yaitu hanya satu kalimat panjang saja.
  6. Ingat! Anda harus membebaskan siswa untuk melanjutkan cerita semau mereka dan jangan paksa untuk tetap pada alur cerita.
  7. Setelah siswa menyelesaikan lanjutan kisah tersebut, maka teruskan menghitung dan siswa yang mendapatkan spidol pada hitungan kelima, instruksikan untuk melanjutkan cerita.
  8. Siswa yang tidak mampu melanjutkan cerita, maka ia wajib dihukum untuk bernyanyi atau melakukan hal positif lainnya.

Word Mapping

Word mapping merupakan sebuah permainan dimana Anda menyebutkan sebuah kata, kemudian siswa menyebutkan kata-kata yang berhubungan. Misalnya Anda menyebutkan kata house, maka siswa mencari kata turunan yang berhubungan yaitu chair, table, dining room, bath room, dan floor. Word mapping digunakan untuk meningkatkan nalar seorang siswa dan meningkatkan pembendaharaan kosakata yang mereka miliki. Silakan simak langkah-langkahnya melalui poin berikut ini.
 
  1. Siapkan kata-kata yang mampu memberikan kata turunan yang cukup banyak seperti computer, park, house, street, dan masih banyak lagi.
  2. Bagi siswa ke dalam kelompok kecil dimana setiap kelompok beranggotakan 3 orang.
  3. Instruksikan siswa untuk menyiapkan satu buah kertas, pena, dan tanpa menggunakan kamus.
  4. Sebuatkan kata yang telah Anda siapkan.
  5. Berikan waktu selama lima menit kepada setiap kelompok untuk menuliskan kata turunan yang ada sebanyak mungkin.
  6. Kelompok yang mendapatkan kata terbanyak, maka merekalah yang menang dalam game bahasa Inggris ini.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *