Cara Menulis Cerita Pendek yang Baik dalam Bahasa Inggris

Cara Menulis Cerita Pendek yang Baik dalam Bahasa Inggris

Cerpen (short story) adalah sebuah cerita yang pada umumnya memiliki jalan / alur cerita yang lebih singkat dan sederhana dibandingkan dengan novel. Short story biasanya hanya berfokus pada sebuah permasalahan dan disertai dengan solusinya. Penulisan sebuah short story pun tidak terlalu sulit jika teman – teman telah mengetahui beberapa hal yang perlu diperhatikan. Berikut ini adalah cara menulis cerita pendek yang baik dalam bahasa Inggris.

Beberapa Tips Cara Menulis Short Stories

Menulis sebuah cerita pendek (short stories) sama halnya dengan menulis cerita fiktif lainnya. Yang terpenting adalah kita tahu bagaimana menulis sebuah certa pendek yang baik karena dengan dapat menulis cerita pendek yang baik, kita dapat mengembangkan cerita tersebut menjadi sebuah novel atau cerita fiktif lain. Untuk dapat mempertajam keterampilan dalam menulis cerita pendek (short stories), teman – teman dapat mencoba untuk menulis sebuah cerpen dalam jangka waktu 2 minggu. Dengan rajin menulis, kalian akan terbiasa dengan bahasa tulisan dan dapat meningkatkan skill dalam menulis cerpen. Selain itu, kalian juga perlu mengetahui beberapa tips berikut ini dalam menulis sebuah cerpen (short stories).

1) Find out what Short Story is

Short story adalah sebuah cerita yang dikembangkan secara penuh namun lebih singkat dibandingkan dengan cerita novel dan lebih panjang dari sebuah cerita fabel. Sebuah cerita singkat (cerpen) memiliki masalah yang sederhana dan tidak sekompleks masalah di dalam cerita novel sehingga cerita ini dapat dibaca dalam beberapa menit saja. Short story fokus kepada masalah yang lebih besar atau yang lebih kecil saja dan fokus untuk membangun perasaan yang kuat dari para pembaca. Short story, sama hakna seperti novel, memiliki beberapa karakter dalam alur cerita (plot).

2) Understand the aim of a Short Story

Sebuah cerita pendek (short story) menceritakan tentang satu aspek dari kehidupan sebuah karakter. Aspek kehidupan tersebut dapat berupa sebuah peristiwa, gambaran sebuah perasaan, atau sebuab aksi yang sederhana dalam kehidupan sebuah karakter. Short story juga dapat mempengaruhi atau bahkan memberikan inspirasi kepada para pembaca. Cerita pendek dapat menjadi salah satu alternatif bagi teman – teman yang kurang suka membaca cerita panjang seperti novel. Short story, selain itu, memiliki karakter yang membagikan pemikiran, motivasi, perasaan, emosi dan juga ide – ide mereka.

3) Don’t get artsy

Dalam menulis sebuah cerita pendek, usahakan agar jangan terlalu menuliskan terlalu banyak kata – kata perumpamaan. Menambahkan beberapa kata kiasan dapat memperindah tulisanmu. Namun sebaliknya, jika kamu menuliskan terlalu banyak kata kiasan, perumpamaan, atau analogi, cerita mu akan sulit dipahami oleh para pembaca karena belum tentu semua pembaca paham akan kata kiasan atau perumpamaan yang kamu tulis.

4) Share only what’s critical to the moment

Hal yang perlu diingat saat menulis cerpen adalah jangan terlalu fokus menuliskan cerita latar belakang dari suatu peristiwa. Hal yang diinginkan oleh para pembaca adalah mereka mendapatkan pemahaman dari sebuah kejadian dalam cerpen dengan porsi secukupnya dan ketika para pembaca memang membutuhkan informasi tersebut agar dapat memahami peristiwa dalam cerita dengan baik.

5) Get to know the elements of a Short Story

Pada umumnya, cerita pendek memiliki unsur – unsur yang hampir sama dengan cerita pada umumnya. Berikut ini adalah unsur – unsur dari short story (cerita pendek).

  • Theme (Tema)

Theme (tema) adalah ide utama / ide keseluruhan dari sebuah cerita pendek.

  • Plot (Alur Cerita)

Plot (alur cerita) adalah serangkaian peristiwa dan aksi dari karakter yang berhubungan dengan konflik utama dalam sebuah cerita.

  • Setting (Latar)

Latar dari sebuah cerita pendek dapat terbagi menjadi 3 bagian: latar tempat (place) dan latar waktu (time). latar tempat (place) dapat berupa deskripsi tempat, contohnya seperti deskripsi sebuah daratan, pemandangan, musim, atau cuaca untuk menyajikan gambaran latar tempat yang kuat. Sedangkan latar waktu (time) dapat berupa gambaran suasana pada pagi hari yang ditandai dengan ayam berkokok atau matahari terbit, suasana malam hari yang gelap gulita atau bulan yang bersinar di tengah gelapnya malam, dan sebagainya.

  • Character (Karakter)

Character (karakter) adalah seseorang, atau terkadang bahkan sebuah hewan, yang ambil bagian sebagai tokoh utama dalam cerita pendek atau bagian lainnya.

  • Conflict (Konflik / Masalah)

Conflict (konflik / masalah) adalah perjuangan antara dua orang atau karakter lain dalam cerita pendek. Karakter / tokoh utama (protagonist) pada umumnya berpihak pada salah satu sisi dari konflik yang dihadapi. Pada sisi lain, karakter utama berjuang melawan karakter penting lainnya dalam cerita pendek (antagonist), berjuang menghadapi kekuatan alam semesta, menghadapi masyarakat, atau bahkan menghadapi sesuatu didalam dirinya sendiri (menghadapi perasaannya, emosinya, atau penyakit yang dideritanya).

6) Get right into the heart of the conflict

Dalam short story, janganlah habiskan waktumu untuk membuat latar tempat atau pun untuk menjelaskan tentang pemikiran sang tokoh utama. Yang sebaiknya dilakukan adalah dengan menarik hati para pembaca dengan menampilkan setiap adegan konflik dalam cerita.

7) Build to the climax efficiently

Dalam menulis sebuah cerita pendek (short story), kamu harus membangun alur secara efisien. Setiap paragraf, setiap kalimat, dan setiap kata perlu dipertimbangkan agar dapat membawa para pembaca menuju klimaks cerita. Jika ada bagian dari cerita yang tidak mengarah ke klimaks, sebaiknya bagian tersebut tidak usah dimasukkan ke dalam cerita.

8) Write a clear conclusion

Sebuah cerita yang baik pasti memiliki bagian akhir / kesimpulan yang jelas. Oleh karena itu, pastikan bahwa akhir dari cerita yang kamu tulis memiliki kejelasan sehingga mudah untuk dipahami para pembaca.

Demikianlah cara menulis cerita pendek yang baik dalam bahasa Inggris. Semoga beberapa cara di atas dapat dipahami dengan baik dan dapat bermanfaat bagi teman – teman saat menulis sebuah short story.