Perbedaan Penggunaan Present Perfect Continuous dan Present Perfect

Posted on

Perbedaan Penggunaan Present Perfect Continuous dan Present Perfect – Present Perfect Continuous dan Present Perfect, kedua jenis tenses yang masuk dalam kategori waktu Present (sekarang) itu memang terlihat mirip, namun terdapat beberapa perbedaan antara keduanya. Berikut adalah perbedaan penggunaan Present Perfect Continuous dan Present Perfect.

A. Present Perfect Continuous Tense

1) Present Perfect Continuous adalah jenis tenses yang berfungsi untuk menyatakan kegiatan, kejadian atau peristiwa yang telah terjadi tidak jauh dari masa kini dan masih berlanjut hingga masa kini (sekarang). Perhatikan contoh berikut ini.

Jenny’s clothes are covered in paint. She has been painting the wall.
Pakaian Jenny berlumuran cat. Dia telah dan masih mengecat dinding.

Keterangan:

Kata “has been painting” merupakan Present Perfect Continuous Tense yang menunjukkan bahwa aksi mengecat telah dimulai dan masih berlanjut.

Dalam Present Perfect Continuous Tense, poin terpenting adalah kita tertarik kepada sebuah aksi atau peristiwa yang terjadi dalam kalimat tersebut. Dengan kata lain, aksi atau peristiwa di dalam kalimat lebih penting dari pada waktu terjadinya suatu aksi atau peristiwa tersebut.

Kapan waktu terjadinya suatu peristiwa dan sudah selesai atau belumnya sebuah kejadian tidaklah penting. Yang terpenting adalah peristiwa yang sedang terjadi dalam kalimat tersebut. Di dalam contoh di atas, kata “she has been painting” menunjukkan bahwa dia telah dan masih mengecat. Itu berarti dia belum selesai mengecat dindingnya.

2) Present Perfect Continuous Tense berfungsi juga untuk memberi tahu seberapa lama sebuah peristiwa telah terjadi atau sebuah aksi telah dilakukan. Perhatikan beberapa contoh di bawah ini!

• Jimmy has been writing letters all day.
(Jimmy telah dan masih menulis surat – surat sepanjang hari)
– Ket: Jimmy telah menulis surat beberapa waktu yang lalu dan masih berlanjut hingga sekarang.

• How long have you been reading that book?
(Berapa lama kamu telah membaca buku tersebut?)
– Ket: menandakan bahwa orang yang ditanya masih membaca buku tersebut.

• Tina has been playing tennis since 2 o’clock.
(Tina sudah bermain tenis sejak jam 2 tepat)
– Ket: menandakan bahwa Tina bermain tenis dari jam 2 tepat hingga sekarang)

[sc:ads]

B. Present Perfect Tense

1) Present Perfect Tense adalah jenis tenses yang digunakan untuk menyatakan bahwa suatu aksi, peristiwa atau kejadian telah dilakukan dan baru selesai. Perhatikan contoh dibawah ini!

The wall was yellow. Now, it is pink. Jenny has painted the wall.
(Dinding tersebut sebelumnya berwarna kuning. Sekarang warna dinding tersebut adalah pink. Jenny telah mengecat dinding tersebut)

Keterangan:
Kata “has painted” merupakan Present Perfect Tense yang menunjukkan bahwa aksi mengecat dinding telah selesai/ baru selesai dilakukan.

Dalam Present Perfect Tense, hal yang terpenting adalah bahwa suatu aksi atau peristiwa yang dilakukan sudah selesai. Kita tidak tertarik pada kejadian atau hasil kejadian tersebut. Dengan kata lain, waktu selesainya suatu peristiwa atau aksi yang dilakukan dalam kalimat lebih penting dan menjadi poin fokus utama.

Dalam contoh di atas, Jenny berarti sudah selesai mengecat dindingnya. Kita lebih fokus kepada kata “has painted” yang berarti sudah selesai mengecat dan tidak terlalu fokus kepada bagus atau tidaknya hasil pengecatan tersebut atau bagaimana cara Jenny mengecat dinding tersebut.

2) Present Perfect Tense juga digunakan untuk mengatakan seberapa banyak yang telah dilakukan (how much we have done), seberapa banyak hal yang telah kita lakukan (how many things we have done), atau seberapa sering kita melakukan sesuatu (how many times we have done something). Perhatikan beberapa contoh di bawah ini!

• Jimmy has written ten letters today.
(Jimmy telah menulis sepuluh surat hari ini)
– Ket: Jimmy telah selesai menulis sepuluh surat hari ini.

• How many pages of that book have you read?
(Seberapa banyak halaman dari buku tersebut yang telah kamu baca?)
– Ket: Penanya bertanya berapa banyak halaman dari sebuah buku yang telah selesai dibaca oleh orang yang ditanya.

• Tina has played tennis three times this week.
(Tina telah bermain tenis tiga kali minggu ini)
– Ket: Tina sudah selesai bermain tenis dan dalam minggu ini dia bermain tenis sebanyak tiga kali.

Agar lebih memahami perbedaan antara Present Perfect Continuous Tense dan Present Perfect Tense, bandingkanlah beberapa contoh dalam tabel di bawah ini!

Demikianlah perbedaan penggunaan antara Present Perfect Continuous dan Present Perfect. Semoga penjelasan tersebut bermanfaat bagi teman – teman. Terima kasih.