Contoh Pidato Singkat Bahasa Inggris tentang Nasionalisme dan Artinya

Posted on

Contoh Pidato Singkat Bahasa Inggris tentang Nasionalisme dan Artinya – Berikut ini adalah salah satu contoh pidato singkaat tentang pentingnya semangat nasionalisme dalam diri kita dalam bahasa Inggris dan artinya.

Assalamualaikum wr wb
Good Morning,

The honorable, Mr Zainudin Buchori, M. Pd, as the principal of SMAN 1 Kota Maju
The honorable, Madam Khoiriah, M. Pd, as the vice principal SMAN1 Kota Maju
The honorable teachers and staffs of SMAN 1 Kota Maju
And my friends that I loved

First of all, let us convey our gratitude to Allah SWT because of his grace and blessing, we can gather in this room without any obstacle at all. Furthermore, let us convey pray and greetings to our great prophet, Muhammad SAW, I hope we will be met with him by god in his heaven, amen.

Ladies and Gentlemen,
On this nice occasion, I will deliver a short speech about the importance of nationalism spirit in us; hopefully this speech could be useful for all of us all, amen.

Ladies and Gentlemen,
The spirit of nationalism is morale or self-sacrifice for the sake of our beloved homeland, the spirit that was raging within our heroes to fight for Indonesia’s independence from the hands of the invaders. By this spirit, they were willing to fight by sacrificing their body, soul, and treasure for one purpose that was the independence of Indonesia.

If we flash back to our history of the past, our predecessors fought furiously to realize this dream. There were a lot fights at that time. For example, Bandung Lautan Api event, battle on 11th march in Surabaya, the rebellion in Blitar, and many more. They were not afraid at all to fight the invaders, even though they knew that they would die. But the fear was enclosed by a high spirit of nationalism in them. They want the invaders to get out of this homeland, even though thousands of people dead, but it was worth, because the dream came true. Let us imagine if at that time there was no spirit of nationalism in them, certainly now we are still in the grip of the invaders.

Ladies and Gentlemen,
Now we are back at the current time, do we have the spirit of nationalism inside our heart? Are we willing to sacrifice to defend this nation? Although we have enjoyed this independence, we still must have the spirit of nationalism, just like possessed inside our heroes before. However, that’s not by taking up guns for war. There are a lot of things that we can do to show our nationalism spirit such as buying products made in Indonesia, supporting our athletes who are struggling, keeping the good name of the nation, and much more.

If the whole societies have the spirit of nationalism in their soul, then our nation will grow to become a great nation and aligned with other nations. In addition, we will go forward and not be left behind by other nations.

Therefore, we must have the spirit of nationalism in us, so that this nation remains intact.

Ladies and Gentlemen,
I think it is enough. Hopefully what I have said can be useful for us and this nation. At the end of this speech I quoted the words of a famous philosopher who said, do not ask what the country given to you, but ask what you’ve given to your country. Thank you for your attention.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Artinya :

Assalamualaium wr wb

Selamat Pagi,

Kepada yang terhormat, Bapak Zainudin Buchori, M. Pd, selaku kepala SMAN 1 Kota Maju
Kepada yang terhormat, Ibu Khoiriah, M. Pd, selaku wakil kepala sekolah SMAN1 Kota Maju
Kepada yang terhormat, Bapak/Ibu dewan guru beserta staff,
dan teman – teman yang saya cintai

Pertama – tama marilah kita sampaikan rasa syukur kita kepada Allah SWT karena atas rahmat nya kita bisa berkumpul di dalam ruangan ini tanpa halangan sedikitpun. Selanjutnya marilah kita sampaikan shalawat serta salam kepada nabi kita Muhammad SAW, semoga kita bisa dipertemukan oleh nya di surga kelak, aminn

Hadirin yang saya hormati,
Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan menyampaikan sebuah pidato singkat tentang pentingnya semangat nasionalisme dalam diri kita, semoga pidato kali ini bisa bermanfaat bagi kita semua, aminn

Hadirin yang berbahagia,
Semangat nasionalisme adalah semangat juang atau rela berkorban demi tanah air tercinta. Semangat inilah yang bergelora di dalam diri para pahlawan kita untuk berjuang dalam merebut kemerdekaan Indonesia dari tangan penjajah. Mereka rela berjuang mengorbankan jiwa raga dan harta mereka untuk satu tujuan yaitu Indonesia merdeka.

Jika kita kembali melihat sejarah masa lalu, para pendahulu kita berjuang mati – matian untuk mewujudkan cita-cita itu. Contohnya adalah peristiwa bandung lautan api, pertempuran 11 maret, pemberontakan di Blitar, dan masih banyak lagi. Mereka tidak takut sedikit pun untuk melawan para penjajah, meskipun mereka mengetahui bahwa mereka akan mati. Tetapi ketakutan itu tertutup oleh semangat nasionalisme yang tinggi di dalam diri mereka. Mereka ingin para penjajah segera pergi dari tanah air ini. Beribu – ribu jiwa yang mati, tetapi semua itu tidak sia – sia karena mimpi itu telah terwujud. Coba kita bayangkan jika waktu itu tidak ada semangat nasionalisme di dalam diri mereka, pasti saat ini kita masih berada dalam cengkraman penjajah.

Hadirin yang saya hormati,
Sekarang kita kembali pada masa saat ini, apakah kita memiliki semangat nasionalisme di dalam diri kita ? Apakah kita rela berkorban demi mempertahankan bangsa ini ? Meskipun kita telah menikmati bebasnya kemerdekaan, kita masih harus memiliki semangat nasionalisme seperti yang dimiliki oleh para pahlawan kita sebelumnya. Namun, semangat itu tidak lagi dengan berperang mengangkat senjata. Banyak sekali hal – hal yang bisa kita lakukan untuk menunjukan semangat nasionalisme kita. Contohnya adalah membeli produk dalam negeri sendiri, mendukung para atlet kita yang sedang berjuang, menjaga nama baik bangsa, dan masih banyak lagi.

Jika seluruh masyarakat kita memiliki semangat nasionalisme di dalam dirinya, maka bangsa kita akan tumbuh menjadi bangsa yang besar dan sejajar dengan bangsa-bangsa lainnya. Selain itu, bangsa kita akan maju dan tidak akan tertinggal oleh bangsa lain.

Oleh karena itu, kita harus memiliki semangat nasionalisme di dalam diri kita, agar bangsa ini tetap terjaga keutuhannya.

Hadirin yang berbahagia,
Saya rasa apa yang saya sampaikan cukup sampai di sini. Semoga apa yang telah saya sampaikan bisa bermanfaat bagi kita dan bangsa ini. Di akhir pidato ini saya mengutip perkataan dari seorang filsuf yang terkenal yang mengatakan, jangan tanya apa yang Negara berikan kepadamu, tetapi tanyakan apa yang telah kau berikan kepada Negara. Terimakasih atas perhatiannya.

Wassalamualaikum wr wb.