Pidato Bahasa Inggris Tentang Sumpah Pemuda dan Artinya

Posted on

Pidato Bahasa Inggris Tentang Sumpah Pemuda dan Artinya – Sumpah pemuda adalah sebuah moment yang begitu membanggakan dan memegang peranan penting bagi bersatunya bangsa Indonesia untuk menuju kemerdekaan. Berkaitan dengan pentingnya sumpah pemuda, berikut ini saya memberikan Anda sebuah pidato bahasa Inggris penting mengenai sumpah pemuda. 🙂

Assalamualaikum wr. wb

Best wishes for all of us.

The Honorable Mr. Bambang Suprapto as the president of youth organization

The Honorable Mrs. Endah Cahyani as Vice president

And Indonesian youths that I proud of..

Let us pray with gratitude to Allah SWT so that on October 28th; we still can commemorate the 87 years old Youth Pledge Day. May god is pleased to keep giving peace, prosperity, love, and blessings which are abundant for our country. Let us also pray so that Indonesian Youth continues to evolve in establishing the future of our nation with work hard, creativity and spirit of togetherness. On this occasion I would like to deliver a speech in commemoration of youths vow day to remind us back to the spirit of unity.

Ladies and Gentlemen,

Youth pledge is a moment where the entire youth in Indonesia became a unity. They pledged an oath on 28 October 1928 in Jakarta. The meeting was attended by representatives of youth from all over Indonesia with the one determination that is national unity among the youth. The meeting resulted an oath consisted:

We, the sons and daughters of Indonesia, acknowledge one motherland, Indonesia.

We, the sons and daughters of Indonesia, acknowledge one nation, the nation of Indonesia.

We, the sons and daughters of Indonesia, respect the language of unity, Indonesian

Ladies and Gentlemen,

Commemorating the Youth Day should remind us as youth to continue, maintain, and sustain the spirit of unity to defend the independence of Indonesia. The spirit which had been made should be applied in everyday life so that this nation can walk in its history path in accordance with the values of the Youth Pledge, Pancasila and the 1945 Constitution.

Ladies and Gentlemen,

Currently youth has lost the spirit of unite because of affected by this modern life. Youth are more individualistic and indifferent to environment so that caused so much schism among youth. Moreover, the youth’s attitude now tends to be passive and do not want to know about the development of our country. One of the examples is the lack of their participation in local elections. The leaders who submitted himself as a leader came mostly from the old people. Whereas if youth participate actively involved in politics in this country, it would create a lot of innovation to make our nation develop.

Ladies and Gentlemen,

Where are the youth today? They now have been complacent of modern age. We prefer activities that do not have benefits such as having fun and wasting money. Even many criminals that arise are done by the youth. Drugs also play a huge role in destroying the spirit of the youth. In fact, they are the successors of the nation that will run this country in the future.

Ladies and Gentlemen,

In youth oath day, let us re-establish a sense of unity. Youth oath should be an inspiration to build the nation’s collective consciousness in order to improve the quality and competitiveness by maintaining the existence of youth in the global world. Youth in the global life would still exist when they show an independence capacity in carrying out its duties and responsibilities.

So that was speech I have to say, Happy Youth Pledge Day and may we always remain united in maintaining this independence. Thank you for your attention.

Long live the Indonesian Youth!

Wasalamualaikum wr. wb

Artinya:

Assalamualaikum wr. wb

Salam Sejahtera bagi Kita Semua.

Yang terhormat President Himpunan Pemuda Indonesia Bapak Bambang Suprapto

Yang Terhormat Ibu Wakil President Ibu Endang Cahyani

Dan semua pemuda Indonesia yang saya banggakan

Marilah kita panjatkan rasa syukur kepada Allah SWT sehingga pada tanggal 28 Oktober ini kita masih bisa memperingati Hari Sumpah Pemuda, yang telah berusia 87 tahun. Semogaa tuhan berkenan untuk senantiasa menganugerahkan kedamaian, kesejahteraan, kasih sayang dan berkah melimpah di negeri kita ini. Hendaklah pula kita berdoa agar Pemuda Indonesia terus berkembang dalam membangun masa depan bangsa dengan karya, kreativitas serta semangat kebersamaan. Pada kesempatan kali ini saya akan menayampaikan sebuah pidato dalam rangka memperingati sumpah pemuda untuk mengingatkan kita kembali pada semangat persatuan.

Hadirin yang saya hormati,

Sumpah pemuda adalah moment dimana bersatunya seluruh pemuda di Indonesia. Mereka mengikrar kan sebuah sumpah pada tanggal 28 oktober 1928 di Jakarta. Pertemuan tersebut dihadiri oleh wakil-wakil pemuda dari seluruh Indonesia dengan satu tekad persatuan dan kesatuan bangsa dikalangan pemuda. Pertemuan itu menghasilkan sebuah sumpah yang isinya:

Kami putra putri Indonesia mengaku bertumpah darah yang satu,tanah air Indonesia

Kami putra putri Indonesia mengaku berbangsa satu,bangsa Indonesia

Kami putra dan putri Indonesia menjujung tinggi bahasa persatuan bahasa Indonesia

Hadirin yang saya hormati,

Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 87 tahun ini seharusnya mengingatkan kita sebagai pemuda harus terus menjaga dan mempertahankan tekad untuk bersatu untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Tekad yang telah terbentuk tersebut harus kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari sehingga bangsa ini bisa menapaki jalan sejarahnya sesuai dengan nilai-nilai Sumpah Pemuda, Pancasila, dan UUD 1945.

Hadirin yang saya hormati,

Namun pemuda saat ini telah kehilangan semangat persatuannya. Kita telah terpengaruh dengan kehidupan yang serba modern ini. Pemuda saat ini lebih individualis dan acuh tak acuh terhadap lingkungannya sehingga banyak terjadi perpecahan yang timbul dikalangan pemuda. Terlebih lagi sikap pemuda saat ini cendrung pasif dan tidak mau tahu dengan perkembangan Negara kita. salah satu contohnya adalah mereka kurang berpartisipasi dalam hal pemilihan kepala daerah. Para calon pemimpin yang mengajukan dirinya sebagai pemimpin kebanyakan berasal dari kalangan tua. padahal jika para pemuda ikut aktif dalam politik di negeri ini, pasti akan banyak inovasi-inovasi yang tercipta untuk memajukan bangsa Ini.

Hadirin yang saya hormati,

Kemanakah para pemuda saat ini? mereka sekarang telah dibudakan oleh zaman. kita lebih menyukai kegiatan-kegiatan yang tidak memiliki manfaatnya seperti bersenang-senang dan menghamburkan uang. bahkan banyak kejahatan-kejahatan yang timbul saat ini dilakukan oleh para pemuda. Narkoba juga sangat berperan besar dalam menghancurkan semangat para pemuda. Padahal mereka adalah para penerus bangsa yang akan menjalankan Negara ini kedepannya.

Hadirin yang saya hormati,

Di hari sumpah pemuda ini marilah kita kembali membangun rasa persatuan itu. seharusnya sumpah pemuda menjadi inspirasi untuk membangun kesadaran kolektif bangsa guna meningkatkan kualitas dan daya saing pemuda dengan tetap menjaga eksistensi pemuda dalam dunia global. Pemuda dalam kehidupan global akan tetap menjadi eksis apabila menunjukkan sebuah kapasitas kemandirian dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dan kreatif dalam berbagai kegiatannya.

Demikianlah pidato ini saya sampaikan, Selamat memperingati Hari Sumpah Pemuda dan semoga kita selalu tetap bersatu dalam menjaga kemerdekaan ini. Terimakasih atas perhatiannya,

Jayalah Pemuda Indonesia!

wasalamualaikum wr. wb