5 Taktik Membenahi Kesalahan Ucapan dalam Pidato atau Presentasi Bahasa Inggris  

Posted on

Ketika berbahasa, kita tentunya pernah atau bahkan sering dihadapkan pada situasi dimana kita harus berbicara di depan publik. Entah itu melakukan presentasi atau berpidato. Aktivitas tersebut membutuhkan keberanian serta kepercayaan diri yang cukup tinggi untuk dilakukan.

Kemudian, bisa jadi kita melakukan banyak kesalahan, baik itu pengucapan kata ataupun kesalahan penyampaian ide. Nah, di dalam bahasa Inggris, setidaknya ada 5 cara yang bisa digunakan untuk membenahi kesalahan-kesalahan tersebut.

1. Salah Menyampaikan Ide atau Mengucapkan Kata

Ketika Kita salah dalam mengungkapkan suatu fakta atau pendapat, tentu saja harus memperbaikinya dan kemudian berusaha mencari kebenaran dengan pengertian-pengertian lain. Di dalam bahasa Indonesia, kita biasa bilang “Maaf saya tidak bermaksud begitu” atau “Maksud saya begini..”.

Sementara itu, dalam bahasa Inggris cukup bilang: “Sorry, what I meant is this….” (Maaf, yang saya maksud adalah…)

2. Pembicaraan yang Terlalu Cepat

Kadang kita berbicara terlalu cepat, dan tanpa sadar para audience sudah terbengong-bengong. Entah mereka mengerti atau tidak. Tentunya, Kita harus mengulang ide yang telah disampaikan untuk menjadi lebih sederhana.

Menggunakan bahasa Inggris, kita bisa bilang: “So, let’s just recap on that.” (Jadi, mari kita ikhtisaran/ringkas hal itu.)

3. Lupa Mengucapkan Sesuatu

Kadang kita lupa bahwa ada sesuatu yang harus disampaikan. Caranya mudah, ketika berpresentasi atau menyampaikan pidato menggunakan bahasa Inggris dan mengalami hal itu, maka cukup katakan: “Sorry, I should just mention one thing.” (Maaf, saya seharusnya menyebutkan satu hal.”)

4. Mengatakan Sesuatu yang Terlalu Rumit

Untuk menyederhakan kalimat-kalimat atau ide yang telah diucapkan, maka Kita bisa menggunakan kalimat: “So, basically what I am saying is…” (Jadi, pada dasarnya yang sedang saya katakan adalah..)

5. Terlalu Banyak Waktu yang Telah Dihabiskan

Kita sudah mengucapkan banyak sekali kata-kata dan tiba-tiba tersadar bahwa kita telah menghabiskan banyak waktu. So, kalau begitu taktik yang baik adalah segera menyimpulkan atau menjelaskan titik poin dari yang ingin disampaikan.

Dalam bahasa Inggris, cukup ucapkan: “So, just to give you the main points here” atau “The main points are..”.

 

Itulah 5 kesalahan yang mungkin sering dialami ketika berbicara di depan khalayak ramai dan bagaimana Kita memperbaikinya.