Pengertian dan Contoh dari Adverb of Affirmation, Degree, dan Probability

Posted on

Adverb atau kata ketarangan di dalam bahasa Inggris itu ada beragam jenisnya. Seperti yang saya sebutkan pada judul di atas, dimana terdapat tiga jenis adverb yaitu affirmation, degree, dan probability. Bagi Anda yang ingin mendapatkan penjelasan lebih lanjut mengenai ketiga adverb tersebut, silakan lihat uraian singkat yang ada di bawah ini. Semoga bermanfaat.

Adverb of Affirmation

Kata keterangan ini juga disebut sebagai kata keterangan penegas yang digunakan dalam rangka memberikan ketegasan terhadap suatu jawaban, atau memberikan penakanan sehingga si penanya bisa jauh lebih yakin dengan apa yang diucapkan.

Berbagai contoh dari adverb of affirmation adalah, absolutely, surely, certainly, clearly, definitely, obviously, dan of course.

Contoh kalimat:

  • Of course I can speak English well because I had lived in England for about two years.
  • She is absolutely capable to handle this job.

Adverb of degree

Ini merupakan kata keterangan yang secara langsung digunakan untuk menerangkan taraf atau tingkatan. Kata keterangan ini juga bisa digunakan untuk mengungkapkan seberapa jauh tingkatan atau derajat dari sebuah peristiwa.

Berbagai contoh dari adverb of degree antara lain adalah: very, much, too, quite, hardly, fully, rather, deeply.

Contoh kalimat:

  • I am extremely happy because of what you have given to me.
  • She really loves you. Why don’t you realize it?

Adverb of Probability

Adverb of probability adalah sebuah jenis kata keterangan yang digunakan untuk menyatakan seuatu kemungkinan atau kebolehan. Yang termasuk di dalam adverb of probability adalah sebagai berikut:

Perhaps, maybe, possibly.

Contoh kalimat:

  • Maybe you need to teach us with a more complete material.