Studi Kasus Untuk Mengetahui Apakah Di Dalam Kalimat Terdapat Gerund Atau Present Participle Part 1

Posted on

Di dalam soal mengenai penggunaan gerund dan present participle part 1 serta part 2, mungkin masih banyak yang belum beruntung menjawabnya. Jika Anda menemukan kesulitan-kesulitan dan mengetahui apakah jawabannya merupakan gerund atau present participle, maka ada beberapa studi kasus yang dapat membantu Anda dalam uraian per kalimat di bawah ini.

Ingat bahwa gerund adalah kata benda, sedangkan present participle merupakan kata kerja. Gerund sebagai kata benda artinya bisa diletakkan sebagai complement, objek, dan subjek kalimat.

1. Writing a novel is my job. (Menulis novel adalah pekerjaan saya.)

 

Writing a novel adalah gerund atau present participle? Jawabannya adalah gerund. Karena itu merupakan subjek dari sebuah kalimat. Sama dengan kalimat Writer is my job, hanya saja kata writer yang berperan sbagai subjek kita ubah dalam bentuk gerund menjadi writing a novel is my job. Formulanya juga sama yaitu S + Verb + Object.

2. I like swimming in the river. (Saya suka berenang di sungai.)

 

Swimming in the river adalah gerund atau present participle? Gerund. Alasannya karena frase tersebut merupakan objek. Kalimat tersebut sama dengan I like that car, hanya saja kata that car yang berperan sebagai objek kita ubah menjadi gerund yaitu swimming in the river. Kedudukan swimming in the river dan that car tetaplah sama, yaitu sebagai objek dengan pola kalimat Subject + verb + Object.

3. I don’t drink after eating. (Saya tidak minum setelah makan.)

 

Eating merupakan gerund atau present participle? Gerund. Alasannya karena ini merupakan objek dari preposisi after. Kalau objek berarti kata benda bukan? Kalau kata benda berarti….?? Gerund dong. 🙂

4. That smiling girl is so beautiful. (Gadis yang tersenyum itu sangatlah cantik.)

 

Smiling girl adalah gerund atau present participle? Present participle. Smiling girl sebenarnya merupakan kependekan dari sebuah klausa yaitu the girl who is smiling (gadis yang tersenum). The girl merupakan subjek atau pelaku sehingga smiling berarti kata kerja bukan? So kalau itu merupakan kata kerja berarti present participle bukan gerund.

 

5. This skiing place is so bad. (Tempat bermain ski ini begitu buruk.)

 

Skiing place merupakan gerund atau present participle? Gerund. Alasannya karena skiing place merupakan tempat untuk bermain ski atau place for skiing. Sehingga skiing perannya sebagai gerund karena diletakkan sebagai objek preposisi seperti pada studi kasus nomor 3.

Semoga membantu. 🙂