Ketahui Bagaimana Menyatakan Ide yang Berlawanan (Kontras) Serta Sebab & Akibat dalam Kalimat Melalui Artikel Ini

Posted on

Di dalam menulis kalimat, seringkali kita bertemu situasi yang mengharuskan kita untuk menyatakan ide secara berlawanan atau membuat kalimat sebab akibat. Salah satu cara menyatakan hal yang berlawanan satu sama lain adalah menggunakan kata meskipun dan walaupun. Contohnya adalah saya bisa menang walaupun cidera kaki atau meskipun hujan turun, saya bisa keluar untuk menonton pertandingan sepak bola.

Kemudian, bagaimana menyatakan ide yang berlawanan (kontras) serta sebab & akibat dalam bahasa Inggris? ada penjelasan singkat di artikel ini, dan semoga memberikan manfaat kepada Anda.

Menyatakan Ide yang Berlawanan

Pertama, Anda bisa menggunakan but serta yet yang berarti namun/tetapi. Juga, perlu Anda ketahui bahwa yet bisa berarti namun atau tetapi.

  1. It was late at night, but she kept watching her favorite movies.
  2. I am waiting, yet I don’t know whether she will come or not.

Kedua, Anda juga dapat menggunakan although, even though, serta though yang berarti walaupun/meskipun.

  1. Even though she always smiles at me, I never heed her.
  2. Although Doni came late yesterday morning, my teacher did not punish him.

Ketiga, however, nevertheless, dan nonetheless yang artinya bagaimanapun juga, akan tetapi, walaupun begitu, dan namun dapat pula Anda libatkan dalam menyatakan ide berlawanan.

  1. My grandfather always tries to read a newspaper every morning; However, he cannot see well.
  2. She will go to Europe alone; Nevertheless, she never go abroad.

Menyatakan sebab akibat

Untuk mengungkapkan sebab akibat di dalam kalimat, silakan gunakan so, therefore, consequently, dan as a result.

  1. I cannot concentrate well, so I move to the more quiet room. (Saya tidak dapat berkonsentrasi dengan baik, sehingga saya pindah ke ruangan yang lebih tenang.)
  2. He has already has a bag and therefore, I will buy him a pair of shoes. (Dia telah mempunyai sebuah tas, dan oleh karena itu saya akan membelikannya sepasang sepatu.)
  3. I took my brother’s pencil, as a result, he was angry with me. (Saya mengambil pensil kakak saya, alhasil, dia marah kepada saya.)