Penggunaan So Do I dan Neither Do I dalam Bahasa Inggris

Posted on

So do I serta Neither do I adalah frase yang begitu sering digunakan. Keduanya bermakna persetujuan secara positif (So do I) serta negatif (Neither do I). Sebelum saya melangkah jauh ke penjelasan dalam bahasa Inggris, ada penjelasan bahasa Indonesia yang akan saya berikan kepada Anda terlebih dahulu.

Kalimat berikut akan mendemonstrasikan penggunaan so do I dalam bahasa Indonesia. Perhatikan bahwa ini merupakan dua kalimat positif.

  • A: Saya akan pergi ke rumah sakit.
  • B: Ya. Saya juga. (So do I)
  • A: Saya ingin apel.
  • B: Ya. Begitu juga saya. (So do I)

Arti kalimat “ya. Saya juga” sama dengan so do I. Sedangkan untuk neither do I, akan saya jelaskan menggunakan bahasa Indonesia melalui contoh singkat berikut.

  • A: Saya tidak pergi ke Villa.
  • B: Ya, saya juga tidak. (Neither do I)

 

  • A: Saya tidak membeli kopi.
  • B: Ya, saya juga tidak. (Neither do I)

Lihat bahwa neither do I digunakan untuk memberikan respon persetujuan terhadap kalimat negatif. Sedangkan, kita tahu sebelumnya bahwa so do I digunakan untuk memberikan respon persetujuan terhadap kalimat positif.

Aturan Penting!

 

Beberapa aturan yang melingkupi penggunaan So do I dan Neither do I:

 

  1. So do I digunakan untuk persetujuan terhadap kalimat positif. Sedangkan Neither do I digunakan untuk menyetujui kalimat negatif.
  2. Kedua bentuk respon tersebut digunakan sesuai dengan konteks tenses. Misal ada kalimat I was there, maka responnya adalah So was I, bukan So am I. Mengapa? Karena menggunakan past tense.
  3. Keduanya dapat digunakan untuk subjek apapun, sehingga tidak terbatas hanya pada subjek ‘I’. Contoh, I can speak English – So can he. She believe me – So does she. I don’t hang on you – Neither do they.
  4. Rumus pasti penggunaanya adalah: So + Auxiliary verbs + Subject dan Neither + Auxiliary Verbs + Subject. Anda belum tahu apa itu Auxiliary verbs? Buka link ini, disitu terdapat penjelasan tentang Auxiliary verbs.
  5. Sesuaikan Auxiliary verbs dengan subjek yang ada. Misalnya ada kalimat, I don’t know everything. Maka responnya adalah Neither she does, bukan neither she do. kenapa? Karena kita tahu bahwa She, He, dan It menggunakan kata kerja akhiran es/s.

So Do I

Kalimat di bawah ini menggunakan auxiliary verbs be (is, am, are, was, were) sebagai kata kerja. Maka gunakan pula to be untuk meresponnya.

  1. She is a student – So am I
  2. They are a police. – So am I
  3. He is a good student. – So am I
  4. She was there. – So was I

Kalimat berikut menggunakan kata kerja sehingga gunakan do, did, does untuk memberikan respon. Sesuaikan pula dengan konteks tenses yang ada.

  1. They change their decision. – So do I
  2. She tells you the truth. – So do I
  3. He spoke to you. – So did I
  4. She learned English well. So did I

Neither Do I

Berikut, ada beberapa contoh penggunaan neither do I. Gunakan dengan tata cara yang sama yaitu pertimbangkan kata kerja, serta tenses yang digunakan. Gunakan secara selaras.

  1. She is not hungry. – Neither am I
  2. I am not sleepy. – Neither am I
  3. He doesn’t know her name. – Neither do I
  4. She will not visit your grandma’s house. – Neither will I
  5. They did not know what happened. – Neither did I
  6. He was not cleaning the house. – Neither was I

Comments are closed.