Contoh Interview Bahasa Inggris dan Tips Menjawab dengan Baik

Posted on
Cara mudah belajar bahasa Inggris – Interview bahasa Inggris dalam bidang pekerjaan memang memberikan tekanan tersendiri bagi yang melaksanakan. Sebagai seorang pelamar, Anda dituntut untuk harus percaya diri dan menjawab beragam pertanyaan secara jelas dan sempurna. Teknik menjawabnya tentu saja tidaklah mudah, dibutuhkan kemampuan yang mumpuni agar semua hal dapat dituntaskan dengan baik.
 
Selain biasa digunakan oleh pelamar ketika ingin mendapatkan pekerjaan dari perusahaan asing, interview ini juga sangat penting dipelajari oleh siswa dan mahasiswa. Mengetahui seluk-beluk mengenai interview, akan memudahkan mereka di masa depan nanti dan membuat mereka tidak lagi canggung apabila harus berhadapan dengan teks interview. Di bawah ini, ada contoh interview bahasa Inggris yang sangat lengkap dan diberikan tips bagaimana menjawab dengan baik. Ok, silakan Anda simak dengan baik seorang pelamar yang ingin bergabung di institute pengajaran Bahasa Inggris besar ini.
 

Tell me about yourself!

 
Ketika Anda diberikan pertanyaan ini, maka jawablah dengan secara umum. Interviewer tidak ingin Anda menceritakan keseluruhan jalan hidup. Namun, jelaskan siapa nama Anda, Anda lulusan bidang apa, posisi Anda dimana, dan apa keunggulan Anda dibandingkan yang lain.
 
Contoh jawaban : Hello sir, my name is Raditya Prambudi, I am a fresh graduate at English department of Indonesian University. Even though a fresh graduate, I have experiences as private teacher for 3 years, lecture assistant for about 2 years, and a leader of the biggest English club in my University. I am also an Internet Marketing expert so it is quite useful for your product selling.
 

What about this job interests you?

 
Interviewer ingin mendengarkan jawaban Anda mengenai kenapa Anda tertarik terhadap pekerjaan ini. Jawab dengan kalimat yang singkat dan jelas. Sekedar tips, disarankan bagi Anda untuk memberikan keyakinan bahwa Anda tertarik karena mempunyai pengalaman yang mumpuni dan kemampuan tambahan yang tidak kalah bagus. Sejatinya, interviewer ingin menguji seberapa pantas Anda untuk bergabung dengan mereka.
 
Contoh jawaban : Your company is one of my top choices and I come here because my experiences and interests are quite useful for this educational company. I can teach the students and I can also handle the task of marketing by internet. As I told before that Internet marketing is one of my expertise.

What are your career expectations and would you tell me what do you see yourself five years from now?

 
Jelaskan apa yang ingin capai dalam sebuah karir dan apa yang akan dilakukan selama 5 tahun kedepan untuk kesuksesan Anda.
 
Contoh jawaban : Within 5 years, I am going to generate your company as the top 5 educational companies in Indonesia. I will improve my teaching capabilities by following the course and take so many additional seminars. Also, I would like to take online school in order to improve my marketing strategy in order to help this company branding indludes the wider market.
 

Why did you leave your job as a private teacher?

 
Seorang interviewer ingin mengetahui mengapa Anda meninggalkan pekerjaan terakhir dan memilih bergabung bersama mereka. Dalam hal ini, jelaskan bahwa Anda terlalu hebat untuk terus berada di perusahaan sebelumnya dan kemudian menganggap bahwa perusahaan yang baru mempunyai prospek yang sangat cerah. Yakinkan interviewer bahwa perusahaan merekalah yang terbaik.
 
Contoh jawaban : I dream big and your company is the solution for me. When I was a leader in educational institute of private teacher, I think that place was not my own. I have to be bigger and smarter. So, I left my position as a leader and decided to join your company. Here, I can reach the higher personal branding, the wider market, and the great experiences of my work.