Aturan Penggunaan Can dalam Bahasa Inggris

Posted on
Aturan Penggunaan Can dalam Bahasa Inggris
Cara mudah belajar bahasa Inggris – Can merupakan salah satu bentuk modals yang kerap digunakan dalam percakapan sehari-hari. Fungsi utama Can yang sering kita ketahui adalah berbicara mengenai sebuah kemampuan. Misalnya, saya bisa membaca, dia bisa menulis, kami dapat mengendarai sepeda, kami dapat berjalan sangat jauh, dan masih banyak ungkapan mengenai kemampuan.
 
Tetapi, pada situasinya di dalam percakapan dan penulisan bahasa Inggris, Can bisa mempunyai beragam fungsi. Ingin tahu fungsi Can seluruhnya? Mari kita simak artikel berikut ini.

 

Mengungkapkan kemungkinan

 
Kita menggunakan Can untuk menyatakan sebuah kemungkinan ata ketidakmungkinan seseorang dalam melakukan sesuatu. Sebagai contoh, kalimat-kalimat berikut akan menjelaskannya kepada Anda.
 
Can you bring that heavy bag?
I can’t go to the cinema tonight.
You can leave me and pick your child up now.
You can eat in here if you want.
 
Kita lihat kalimat pertama dimana seseorang mengatakan bahwa “Bisakah kamu membawa tas yang berat itu?”. Seseorang yang berbicara tersebut mengatakan sebuah kemungkinan terhadap kemampuan orang lain dalam membawa tas yang berat tersebut.
 

Mengungkapkan kemampuan

 
I can speak English well.
I cannot drive.
I can’t find him.
 
“Saya bisa berbahasa Inggris dengan baik” itulah kalimat pertama yang diucapkan oleh pembicara. Dia mengungkapkan bahwa Ia memiliki kemampuan untuk berbicara bahasa Inggris dengan baik.

Memberikan atau meminta izin

 
Can I smoke here?
Can I ask to you?
You can leave this room now.
You cannot come in.
 
Di kalimat pertama, seseorang mengatakan bahwa “Bisakah saya merokok disini?”. Secara langsung, orang tersebut meminta izin untuk merokok di sebuah ruangan. Kemudian, di kalimat yang ketiga berbunyi “Kamu dapat meninggalkan ruangan ini sekarang”. Di kalimat ketiga tersebut terlihat ada seseorang yang memberi izin kepada orang lain yang ingin meninggalkan ruangan tersebut saat ini.
 

Menawarkan sesuatu, meminta, dan memberikan instruksi

 
What can I do you?
Can you do that for me?
When you finish your homework, you can go outside and meet your friends.
 
Kalimat pertama terlihat bahwa ada seseorang menawarkan bantuan dengan berkata “apa yang bisa saya lakukan untuk Anda?”. Di kalimat kedua terlihat bahwa ada seseorang yang meminta bantuan, dan dikalimat ketiga ada seseorang yang memberikan sebuah instruksi.
 

Berhubungan dengan indra dan situasi saat ini

 
Can you smell something burning?
I can’t hear that noise.
I can taste this food. It’s good.  
I can see those people walk to us.
 
“Apakah kamu mencium bau terbakar?” Kira kira itulah arti dari kalimat pertama. Empat kalimat di atas menAndakan bahwa ada seseuatu yang terjadi saat ini dan mereka sedang menggunakan Can di dalam kalimatnya. Jadi, Can dapat digunakan pada masa sekarang dan ketika terjadi sebuah peristiwa.
 
Catatan : Dalam kalimat negatif kita bisa menggunakan cannot atau can’t. kemudian, di dalam kalimat pertanyaan, kita menggunakan can namun letaknya di depan.
 
Itulah beberapa penggunaan Can di dalam bahasa Inggris verbal dan tulisan. Selamat mencoba.