Situs terbaik untuk belajar bahasa Inggris online!

Definisi dan Jenis Narrative Text Bahasa Inggris Lengkap beserta Contoh

Definisi dan Jenis Narrative Text Bahasa Inggris Lengkap beserta Contoh – Teks naratif (narrative text) merupakan salah satu jenis teks yang dipelajari oleh siswa, baik di jenjang sekolah menengah pertama (SMP) maupun di sekolah menengah atas (SMA). Narrative Text merupakan jenis teks yang berupa cerita. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah definisi dan jenis Narrative Text bahasa Inggris lengkap beserta contohnya.

A. Definisi Narrative Text

Narrative Text is a story or a description of a series of events. Narrative Text adalah sebuah cerita atau sebuah deskripsi dari serangkaian kejadian/ peristiwa. Narrative Text pada umumnya memiliki masalah (complication) dan juga penyelesaian (resolution) untuk masalah tersebut. Dalam Narrative Text, masalah tidak hanya terjadi satu kali, namun bisa muncul lebih dari satu kali yang diikuti dengan penyelesaian (resolution).

B. Tujuan/ Fungsi Narrative Text

The function of Narrative Text is to entertain/ amuse the readers. Fungsi atau tujuan dari Narrative Text adalah untuk menghibur para pembaca dengan cerita yang disajikan dalam teks.

C. Generic Structure (Struktur Teks) of Narrative Text

Struktur dari teks naratif dalam bahasa Inggris adalah sebagai berikut.

• Orientation > Pembukaan/ Pengenalan tokoh, karakter, tempat, atau waktu
• Complication > Masalah yang muncul dalam teks
• Resolution > Penyelesaian untuk masalah yang muncul dalam teks

D. Tata Bahasa (Lexicogrammatical) Narrative Text

Tata bahasa (lexicogrammatical) yang umumnya terdapat dalam narrative text adalah sebagai berikut.

1) Penggunaan kata hubung waktu (time connectives) untuk menghubungkan kejadian – kejadian yang saling berkaitan dalam teks naratif.

Contoh: at the following day, long time ago, after that, dan sebagainya.

2) Penggunaan kata kerja aksi (action verb)

Contoh: go, eat, play, kick, read, dan sebagainya.

3) Penggunaan kata kerja yang menyatakan perasaan, poemikiran, dan perkataan (verbs to show feelings, thoughts, and speech)

Contoh: feel, think, wonder, imagine, talk, say, dan sebagainya.

4) Penggunaan Past Tense dan Past Continuous Tense

Contoh:

• Past Tense
I walked to school alone at that day.
(Saya berjalan ke sekolah sendirian pada hari itu)

• Past Continuous Tense
I was walking to school alone in the afternoon when someone stole the woman’s bag.
(Saya sedang berjalan ke sekolah sendirian pada siang hari ketika seseorang mencuri tas milik wanita itu)

5) Penggunaan sudut pandang orang pertama (I) atau ketiga (she, he)

6) Terdapat kalimat langsung dalam teks yang ditandai dengan tanda petik (“) di awal dan di akhir kalimat.

E. Jenis – Jenis Narrative Text

Dilihat dari sudut pandangnya, pada umumnya teks naratif terdiri dari dua jenis, yaitu teks naratif dengan sudut pandang orang pertama (first person: I), dan teks naratif dengan sudut pendang orang ketiga (third person: he, she)

F. Contoh Narrative Text

We arrived much late at night. As we were approaching the house, we heard dogs barking in the darkness. Katy and James felt scared as the wind was blowing from the mountain forest. The night air was extremely cold and damp in that late horrible winter. We were only few metres from the huge house when we heard shooting from behind. Three stout officers in Nazi uniform appeared and one of them asked us to produce our ID cards. Katy and James were frozen to scares. Calmly, James showed his ID card and the three tough men in their military uniform saluted at us. They let us go. James waved his hand and the three men disappeared in the darkness followed by the dogs barking. We were safe to pass through the most dangerous check point at the border. Both Katy and James will never forget that horrible and threatening night.

Arti:
Kami tiba larut malam. Ketika kami mendekati rumah, kami mendengar anjing menggonggong dalam kegelapan. Katy dan James merasa takut ketika angin bertiup dari hutan gunung. Udara malam sangat dingin dan basah di musim dingin yang mengerikan itu. Kami hanya beberapa meter dari rumah besar ketika kami mendengar suara tembakan dari belakang. Tiga perwira gagah dalam seragam Nazi muncul dan salah satu dari mereka meminta kami untuk menunjukkan kartu identitas kami. Katy dan James beku ketakutan. Dengan tenang, James menunjukkan kartu identitasnya dan tiga pria tangguh dalam seragam militer mereka memberi hormat pada kami. Mereka membiarkan kami pergi. James melambaikan tangannya dan ketiga pria itu menghilang dalam kegelapan diikuti oleh anjing-anjingnya yang menggonggong. Kami aman melewati titik pemeriksaan yang paling berbahaya di perbatasan. Baik Katy dan James tidak akan pernah melupakan malam yang sangat mengerikan dan mengancam itu.

G. Perbedaan Narrative Text dan Recount Text

Narrative text pada umumnya dapat berupa cerita fiksi (tidak nyata) atau cerita masa lalu. Meskipun sebuah teks naratif bercerita tentang pengalaman masa lalu, teks tersebut tetap disebut teks naratif (narrative text) karena memiliki masalah dan penyelesaian. Sedangkan recount text bercerita tentang pengalaman nyata yang terjadi di masa lalu, namun hal yang membedakan adalah teks tersebut hanya menceritakan serangkaian cerita dan tidak ada masalah yang muncul.

Demikianlah definisi dan jenis Narrative Text bahasa Inggris lengkap beserta contohnya. Semoga penjelasan di atas dapat dipahami dengan baik dan bermanfaat bagi teman – teman semua. Terima kasih.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *