Situs terbaik untuk belajar bahasa Inggris online!

Tips & Cara Mengajar Bahasa Inggris yang Cocok Untuk Anak-Anak

Tips & Cara Mengajar Bahasa Inggris yang Cocok Untuk Anak-Anak – Bahasa Inggris merupakan bahasa asing yang wajib dipelajari di sekolah. Namun, mengajar sebuah bahasa, seperti bahasa Inggris, kepada anak – anak tidaklah sama dengan mengajar Bahasa Inggris terhadap orang dewasa. Mengajarkan bahasa Inggris kepada anak – anak membutuhkan metode khusus agar anak senang dan pelajaran mudah ditangkap dengan baik. Berikut adalah tips dan cara mengajar Bahasa Inggris yang cocok untuk anak – anak.

1. Buatlah Rutinitas

Rutinitas merupakan kunci utama agar anak – anak mahir berbahasa Inggris karena belajar bahasa dapat berhasil dengan adanya kebiasaan. Anda dapat memulai rutinitas berbicara Bahasa Inggris dengan kata – kata sederhana, contohnya mengucapkan salam (good morning, good afternoon, good evening, good bye), memuji anak-anak seperti mengucapkan good, nice, very good, great, melarang anak – anak melakukan sesuatu dengan mengucapkan kata no, don’t, atau Anda dapat menggunakan kalimat sederhana untuk kegiatan sehari – hari seperti “Your dress is good”, “The film is very nice”, “Let’s go!” dan sebagainya. Jika Anda dapat membuat rutinitas seperti ini setiap hari, anak – anak pasti akan sering mendengar kata tersebut sehingga mereka mudah menangkap dan mempelajari Bahasa Inggris.

2. Gunakanlah Situasi Sehari – Hari kepada Anak

Jika Anda ingin mengajarkan Bahasa Inggris kepada anak – anak, baik di sekolah maupun di rumah, sebaiknya Anda menggunakan situasi sehari – hari yang dialami oleh anak – anak setiap harinya, misalnya saat belajar mengenai nama – nama pakaian. Anda dapat membuat kalimat sederhana seperti “This is Dad’s shirt”, “Do you have T-shirt?”, “What do you wear at school?”, dan sebagainya. Atau ketika Anda ingin mengajarkan tentang benda – benda disekitar, diskusikan tentang benda – benda yang hampir setiap anak – anak punya, contohnya dolls, car toys, bag, pencil, dan sebagainya. Dengan menggunakan konteks sehari – hari, anak akan dengan mudah mempelajari Bahasa Inggris karena mereka akan dengan mudah mengingat apa yang setiap hari mereka alami.

3. Mainkan Permainan dengan Anak

Pada umumnya, anak – anak akan mudah menangkap pelajaran jika mereka dalam keadaan senang. Untuk membuat anak – anak merasa senang saat belajar, Anda dapat menggunakan permainan. Terdapat banyak jenis permainan sederhana yang dapat Anda gunakan untuk mengajarkan Bahasa Inggris kepada anak – anak, contohnya board games, word games, action games, dan lain sebagainya. Board Games merupakan permainan yang menggunakan papan, seperti ular tangga, scrabble, dan sebagainya. Anda dapat memainkan permainan Scrabble yang sederhana untuk menambah kosakata mereka. Word Games merupakan permainan kata – kata, misalnya permainan Hangman dimana anak – anak harus menebak kata apa yang Anda maksud. Anda juga dapat menggunakan Game Action, contohnya Simon Says yang dapat digunakan untuk mengajarkan kosakata tentang benda – benda di sekitar, misalnya nama bagian tubuh, pakaian, dan sebagainya.

4. Tidak Perlu Mengajarkan Grammar

Grammar memang penting dalam mempelajari Bahasa Inggris, namun Anda tidak perlu unuk mengajarkannya pada anak – anak. Selain membuat anak – anak bingung, Grammar juga akan membuat mereka bosan untuk mempelajari Bahasa Inggris karena struktur Grammar yang sulit dimengerti oleh anak – anak. Namun, jika Anda ingin anak – anak mengenal Grammar, Anda dapat dua kalimat dalam konteks waktu yang berbeda bersama anak – anak dan ajaklah mereka untuk melihat perbedaan antara kedua kalimat tersebut agar Anda dapat memberi penjelasan singkat tentang Grammar kepada mereka.

5. Gunakan Cerita Berbahasa Inggris

Cerita adalah salah satu media yang sering digunakan untuk mengajarkan Bahasa Inggris kepada anak – anak. Selain karena ilustrasi gambar yang menarik, cerita juga membuat anak – anak mudah mengerti jalan cerita dengan adanya gambar meskipun tulisan hanya dalam Bahasa Inggris. Anda dapat membaca satu bagian cerita, lalu menanyakan ke anak – anak apa yang terjadi dalam bagian cerita tersebut. Anak – anak akan menjawab dengan melihat gambar. Lalu Anda dapat mengajarkan kosakata yang ada dalam bagian tersebut kepada anak – anak. Dengan mendengarkan cerita, anak akan terbiasa dengan irama dan pengucapan kata – kata dalam Bahasa Inggris.

6. Gunakan Lagu Berbahasa Inggris

Selain cerita, media yang mudah digunakan dan disukai anak dalam belajar Bahasa Inggris adalah lagu. Anda dapat menggunakan lagu untuk membantu anak – anak mempelajari kosakata baru dalam Bahasa Inggris serta pengucapan yang benar. Pilihlah lagu berbahasa Inggris dengan lirik yang mudah dan irama yang semangat agar anak – anak tergerak untuk menyanyikan lagu bersama – sama. Jika anak sudah terbiasa akan irama lagu tersebut, baru Anda boleh menuliskan liriknya untuk dipelajari kosakata Bahasa Inggrisnya.

7. Topik Bahasa Inggris untuk Anak – Anak

Mempelajari kosakata merupakan hal utama dalam mempelajari Bahasa Inggris. Oleh karena itu, topik pembelajaran Bahasa Inggris untuk anak – anak dapat dipilih berdasarkan kemampuan anak. Berikut adalah beberapa contoh topik Bahasa Inggris yang dapat Anda pilih untuk dijarkan kepada anak – anak:

• Colours (contohnya blue, pink, white, black, red, dll)
• Numbers (contohnya 1 – 10; 1 – 20; 10 – 100)
• Fruits (contohnya orange, apple, banana, grape, watermelon, dll)
• Vegetables (contohnya carrot, tomato, spinach, cabbage, dll)
• Animals (contohnya cat, dog, bird, tiger, elephant, bear, dll; atau dibagi per kelompok menjadi hewan jinak dan hewan liar)
• Parts of Body (contohnya head, hair, eyes, hand, foot, stomach, dll)
• Adjectives (contohnya short, tall, small, big, happy, beautiful, dll)
• Weather (contohnya sunny day, rain, snow, winter, summer, dll)

Demikianlah tips dan cara mengajar bahasa Inggris yang cocok untuk anak – anak. Semoga tips dan cara tersebut dapat bermanfaat untuk teman – teman dan dapat meningkatkan kemampuan belajar bahasa Inggris anak – anak. Terima kasih.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *