Cara Penulisan Daftar Pustaka dari Internet Untuk Skripsi Bahasa Inggris Anda

loading...

Cara Penulisan Daftar Pustaka dari Internet Untuk Skripsi Bahasa Inggris Anda – Daftar pustaka adalah salah satu komponen pokok dalam Skripsi. Ini adalah bagian penting yang berisi berbagai macam sumber pustaka sebagai penunjang skripsi kita. Dari pustaka, pustaka ini, kita mendapatkan referensi sehingga pada akhirnya, skripsi menjadi satu kesatuan karya yang utuh.

Dewasa ini, ada sebuah media yang selalu dimanfaatkan sebagai sumber referensi, media tersebut adalah internet. Fakta tersebut tidak mengherankan, karena internet merupakan media dengan informasi yang paling mudah didapat dan paling banyak ragamnya.

Kita bisa mendapatkan ribuan jenis informasi secara gratis, tentu hanya bermodalkan beberapa ribu rupiah untuk membayar kuota internet. 😀

Rajinnya para peneliti untuk mengorek-ngorek informasi yang ada di media tersebut, memunculkan suatu pertanyaan baru, bagaimana kita menulis daftar pustaka dari internet?

Tentunya kita harus tahu kaidah penulisan dapus yang baik untuk skripsi kita, jangan sampai apa yang kita tulis tidaklah lengkap informasinya, misalkan tidak ada nama website atau link url-nya.

Setelah saya mencoba membuka-buka referensi dari berbagai situs, saya menemukan bahwa setiap referensi mempunyai pakem penulisan yang berbeda-beda. Tetapi mereka mempunyai satu pola dimana dalam menulis dapus dari internet, baiknya dicantumkan: Nama Penulis, Waktu Penerbitan Artikel, Judul Artikel, URL/Link Artikel, serta Kapan Artikel Tersebut Diakses.

Di bawah ini, saya memberikan cara bagaimana menulis daftar pustaka untuk skripsi bahasa Inggris dengan daya penulisan dari APA (American Psuchological Association) dan gaya penulisan dari Chicago.

APA (American Psychological Association)

Pertama, kita akan membahas bagaimana kaidah dari American Psychological Association. Ketika Anda mendapatkan nama penulis artikel, maka tulislah menggunakan format (nama penulis dibalik):

Author, A.A.. (Year, Month Date of Publication). Article title. Retrieved from URL

Contoh:

Frost, Jennifer. (2015, August 3). Countable and uncountable noun. Retreived from http://www.englishgrammar.org/countable-uncountable-nouns/

Namun, apabila Anda tidak menemukan siapa penulis artikel yang ada di website tersebut, cukup tuliskan dengan format:

Article title. (Year, Month Date of Publication). Retrieved from URL

Contoh:

Countable and uncountable noun. (2015, August 3). Retreived from http://www.englishgrammar.org/countable-uncountable-nouns/

Advertisement

Chicago Style

Setelah membahas mengenai bagaimana cara menulis daftar pustaka sesuai dengan APA, mari kita beralih ke Chicago style.

Sama seperti APA, Chicago style membahas gaya penulisan yang terdiri bersama pengarang dan tanpa pengarang. Hanya saja letak-letaknya yang sedikit berbeda. Mari kita ikuti penjelasan berikut ini:

Format penulisan apabila Anda mendapatkan siapa nama penulis artikel website, adalah sebagai berikut:

Last Name, First Name. “Page Title.” Website Title. Web Address (retrieved Date Accessed).

Contoh:

Frost, Jennifer. “Countable and uncountable noun.” Englishgrammar.org. http://www.englishgrammar.org/countable-uncountable-nouns/ (accessed August 12, 2015).

Format penulisan yang kedua, adalah jika terdapat dua atau lebih penulis, maka format yang digunakan adalah penulis pertama, namanya dibalik, kemudian penulis yang kedua dan penulis-penulis lainnya, namanya ditulis sebagaimana biasa (tidak dibalik). Beri konjungsi ‘and’ sebelum nama penulis terakhir dan pisahkan nama dengan tanda koma.

Last Name, First Name, and Second name. “Page Title.” Website Title. Web Address (retrieved Date Accessed).

Contoh:

Frost, Jennifer, and Nelly KarimyanSok. “Countable and uncountable noun.” Englishgrammar.org. http://www.englishgrammar.org/countable-uncountable-nouns/ (accessed August 12, 2015).

Tetapi, saat Anda tidak menemukan siapa penulis artikel yang ada Anda sadur, maka mulailah dengan nama perusahaan website tersebut bernaung. Nama perusahaan bisa dimaknai dengan nama website namun tidak menulisnya menggunakan [dot]coom, net, atau org.

Misalkan ada website dengan nama englishgrammar.org, maka tulislah nama perusahannya dengan nama English Grammar. Ini bisa Anda lakukan jika benar-benar tidak menemukan nama company yang menaungi situs tersebut.

Company Name. “Page Title.” Website Title. Web Address (retrieved Date Accessed).

Contoh:

English Grammar. “Countable and uncountable noun.” Englishgrammar.org. http://www.englishgrammar.org/countable-uncountable-nouns/ (accessed August 12, 2015).

Itulah panduan menulis daftar pustaka untuk Skripsi bahasa Inggris Anda. Semoga bermanfaat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *