Tips Ampuh Menjawab Soal-Soal Grammar

loading...

Tips Ampuh Menjawab Soal-Soal Grammar – Soal-soal grammar test biasanya menggunakan bentuk model sentence completion, melengkapi kalimat yang kosong dan written expression, mencari bagian yang salah. Soal-soal ini bertujuan untuk menguji sejauh mana kemampaun Anda dalam hal tata bahasa atau structure bahasa Inggris.

Grammar test memang tidak sesulit test speaking dan listening, tetapi untuk menghadapinya harus berhati-hati karena kita harus memilih jawaban yang tepat di antara pilihan yang membingungkan dan dalam waktu yang terbatas, sehingga tak jarang kita sering sekali salah dalam menjawab. Nah, artikel kali ini akan menyajikan tips-tips ampuh yang bisa Anda gunakan ketika menghadapi soal-soal grammar.

Tips Menjawab Soal-soal Grammar

1. Tips yang pertama adalah berlatih sesering mungkin. Biasanya model pertanyaan yang ditanyakan di dalam grammar test selalu sama, yang membedakan mungkin hanyalah kalimat soal atau pertanyaannya saja. Berlatihlah dengan mengerjakan tipe-tipe soal grammar dan apabila Anda tidak mengerti terhadap salah satu tipe soal, maka pelajari kembali tipe tersebut.

Dengan begitu, Anda akan mengenali dan memahami tipe-tipe soal tadi, sehingga ketika Anda menghadapinya, semua bisa diselesaikan dengan lancar.

2. Selanjutnya adalah pelajari dan pahami kembali dasar-dasar grammar. Hal ini dikarenakan pola-pola soal grammar biasanya menanyakan grammar dasar dan sedikit advance grammar. Oleh karena itu ingat-ingat kembali rumus atau pola pada grammar dasar dan bila perlu temukan cara terbaik atau shortcut Anda dalam mengingat rumus-rumus grammar tersebut.

Pada umumnya, bentuk-bentuk soal grammar adalah pertanyaan-pertanyaan sebagi berikut:

a. Penggunaan verb yang diikuti oleh gerund atau to infinitive

Contoh:
Consider, Finish, deny, etc. + Ving
Want, decide, need, etc. + to

b. Conditional sentence/if clause

If clause, main clause
Main clause, if clause

c. Penggunaan bentuk-bentuk tenses

Perhatikanlah keterangan waktu kalimat soal, apabila keterangan waktu tersebut always, ussualy, berarti present; yesterday, last night berarti past; now, for the time being berarti continuous, dan lain-lain.

d. Parallelism

Yaitu grammar dasar yang menunjukan pola yang sama.
Noun and Noun
Verb and Verb, etc.

Contoh: I like reading, swimming, fishing, and jogging.

e. Penggunaan modal dan modal perfect,

Contoh:
Modal + V1
Modal + have + V3

 f. Penggunaan adjective clause, who, whom, whose, which, dan that.

who: menerangkan subjek
Whom: menerangkan objek
Whose: menerangkan kepunyaan
which/that: menerangkan subjek benda atau binatang

g. Concord atau verb agreement

Contoh:
Everyone, anybody, etc. + Singular Verb.

Dan tentunya masih banyak lagi tipe-tipe soal grammar dasar lainnya. Intinya adalah temukan pola atau rumus singkat bagi Anda sendiri.

Advertisement

3. Untuk mengerjakan written expression yang harus Anda lakukan adalah identifikasi saja unsur-unsur kalimatnya, seperti mana bagian subjek, objek, atau pelengkap. Cara lain adalah dengan tidak perlu membaca keseluruhan soal tetapi hanya memfokuskan kepada kata-kata yang digaris bawahi dan carilah bagian mana yang tidak tepat.

Contoh:

 Aceh, which is located in the edge of Sumatra Island, suffered Tsunami at 2006  and

                        A                                                                                B                        C

more than thousand of people dead.
D                              E
Dengan hanya memperhatikan bagian kata yang digaris bawahi kita sudah bisa menemukan jawaban yang tepat, yaitu C karena kita tahu bahwa preposition at bukanlah digunakan untuk tahun, tetapi in.

4. Apabila soal yang Anda hadapi tidak bisa ditemukan jawabannya hanya dengan mengidentifikasi unsur-unsur kalimatnya, cobalah membaca kalimat itu secara keseluruhan dan temukan kejanggalan ketika Anda mengucapkannya. Biasanya kita bisa menemukan kesalahan dengan menggunakan skimata karena kita pernah menbaca kalimat yang sama sebelumnya.

5. Tips yang terakhir adalah kerjakan terlebih dahulu soal grammar yang berbentuk sentence completion, setelah itu soal written expression. Hal ini dikarenakan tipe soal written expression sedikit lebih sulit dari sentence completion, sehingga Anda bisa menghemat waktu untuk mengerjakan soal yang lebih rumit.

Demikianlah tips-tips ampuh yang bisa Anda gunakan sebelum dan sesudah menghadapi soal-soal grammar. Ingat, tips yang paling ampuh di antara tips-tips tersebut adalah terus berlatih mengerjakan latihan soal agar Anda bisa menyelesaikannya dengan mudah. Seperti kata pepatah, bisa karena biasa.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *